Minimalisir Risiko, Perhatikan Sekeliling Saat Naik Angkutan Umum

14/03/2020| Fatchur Sag

Yang namanya hal buruk bisa terjadi dimana saja dan kapan saja. Tidak di rumah, di jalan, bahkan sampai di dalam kendaraan pun bisa terjadi. Misalnya ban meletus, kecopetan, hingga kecelakaan. Dan yang terkena dampak terkadang bukan hanya pengemudinya saja, tapi juga penumpang dan orang-orang yang ada di sekitar.

Nah, bagi Anda yang suka naik angkutan umum ada banyak hal-hal kecil yang bisa anda lakukan, namun bermanfaat besar. Yaitu memperhatikan keadaan sekeliling. Perhatikan hal-hal penting yang bisa berguna saat kondisi darurat seperti alat pemadam kebakaran, pemecah kaca, hingga pintu darurat.

>>> Lelah Mengemudi? Jangan Asal Berhenti Di Bahu Jalan, Ini Resikonya

Foto menunjukkan penumpang bersiap naik bus

Berhati-hati dan tetap waspada naik kendaraan umum

“Kalau naik kendaraan umum, penumpang bisa memperhatikan posisi pintu darurat, alat pemadam kebakaran, ataupun alat pemecah kaca. Hal ini untuk mengurangi rasa panik ketika terjadi kecelakaan terjadi,” tutur Sony Susmana, Instruktur Safety Driving dari Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) seperti dikutip dari Kompas, (12/3/2020).

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Tapi Mengantuk?

Iya, meskipun mengantuk sebaiknya Anda tidak langsung tidur. Sempatkan waktu sejenak untuk melakukan hal-hal kecil tersebut. Satu lagi, Anda perlu memperhatikan bagaimana pengemudi membawa kendaraan di jalan raya. Enak atau asal jalan, beretikan atau ugal-ugalan. Baru kemudian tidur jika ingin tidur setelah memastikan cara sopir membawa kendaraan cukup aman.

“Awal naik, tunggu lima sampai 10 menit dan perhatikan sopirnya. Perhatikan cara bawa kendaraannya, mengantuk atau tidak sopirnya. Jika dirasa aman, bisa lebih tenang dan beristirahat,” ujar Sony.

Tips di atas berlaku juga saat naik taksi atau taksi online karena bagaimanapun keselamatan Anda bergantung kepada si pengemudi.

>>> Kemenhub Siapkan Bus Listrik di Bali Jadi Angkutan Umum

Foto menunjukkan para penumpang Tertidur di dalam bus

Kalau tak benar-benar mengantuk sebaiknya tidak usah tidur saat naik angkutan umum

>>> Temukan tips dan trik serta pengetahuan teknik seputar mobil hanya di Mobilmo.com

Berita sama topik

  • Sering Lewat Jalan Tol, Tahukan Tentang Perbedaan Sistem Transaksi Terbuka Dan Tertutup

    15/03/2021| Abdul

    Sering Lewat Jalan Tol, Tahukan Tentang Perbedaan Sistem Transaksi Terbuka Dan Tertutup

    Jalan tol menjadi favorit pengendara mobil saat bepergian, terutama ketika menempuh jarak jauh. Dari kondisi jalan terbilang terawat dan bisa lebih cepat sampai tujuan. Disamping hal tersebut, pengendara perlu membayarnya mengandalkan uang elektronik memakai kartu e-Toll. Bagi Sobat pengguna jalan tol diharapkan untuk mengetahui perbedaan sistem transaksi terbuka dan tertutup di jalan tol.

  • Pertengahan Maret, Tilang Elektronik Berlaku di Cikarang

    08/03/2021| Fatchur Sag

    Pertengahan Maret, Tilang Elektronik Berlaku di Cikarang

    Anda yang melintas di Cikarang perlu tahu Polrestro Bekasi bakal menerapkan tilang elektronik mulai pertengahan Maret 2021 di Simpang Grosir Cikarang (SGC).

  • Ingat, Ini Modal Saat Mengemudi Mobil Di Jalan Tol

    24/11/2020| Abdul

    Ingat, Ini Modal Saat Mengemudi Mobil Di Jalan Tol

    Terdapat modal saat mengemudi mobil di jalan tol yang perlu diperhatikan. Apalagi jalan tol menjadi salah satu jalur favorit bagi para pengemudi mobil karena lebih cepat sampai tujuan.

International