Mengetahui Kelebihan & Kekurangan Fitur Cruise Control Beserta Fungsinya

15/04/2019| Abdul

Pada teknologi sangat maju ini mempunyai nama yang beragam seperti fitur Cruise Control, Speed Control Autocruise dan masih banyak lagi. Yang terpenting dalam penggunaannya terbilang sama yakni untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan selama mengemudi mobil, terutama saat menempuh jarak yang cukup jauh dan butuh waktu lama.

Tentunya fitur ini memiliki kelebihan, kekurangan dan fungsi tersendiri untuk mendukung kenyamanan perjalanan. Berikut ini merupakan penjelasan dari fitur tersebut beserta fungsinya.

Gambar ini menunjukkan fitur Cruise Control pada kemudi mobil

Cruise Control mempermudah pengendara mengoperasikan kendaraan

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

Dengan adanya fitur dengan teknologi tersebut dapat membantu pengendara untuk menstabilkan kecepatan tanpa harus menekan pedal gas. Jadi ketika laju mobil sudah berada pada kisaran kecepatan yang memenuhi syarat maka fitur tersebut dapat diaktifkan, sehingga kaki dapat beristirahat untuk menekan pedal gas. Hasilnya dapat mengurangi rasa pegal yang diakibatkan oleh penekanan pedal gas yang terlalu sering.

Untuk mengaktifkan fitur Cruise Control terbilang cukup mudah. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah dengan memacu kendaraan pada kecepatan tertentu. Sebagai contoh adalah 60 km/jam, setelah itu mengaktifkannya dengan menekan tombol Cruise Control. Dengan langkah yang mudah bisa mendapatkan hasil maksimal dan tentunya sangat bermanfaat.

Gambar ini menunjukkan ilustrasi cara kerja fitur cruise control pada kendaraan

Penggunaan Cruise Control tidak boleh sembarangan

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Namuan perlu diketahui, bahwa penggunaan fitur ini tidak boleh sembarangan. Alangkah baiknya menggunakannya ketika sedang melaju di jalan bebas hambatan serta tidak mengalami kemacetan. Sobat juga bisa melakukannya saat jalanan lurus dan tidak ramai. Dengan penggunaan yang benar maka akan meningkatkan keamanan dan kenyamanan berkendara dengan mobil yang telah memiliki teknologi Cruise Control.

Bahkan dengan penggunaan fitur tersebut bisa memaksimalkan pengeluaran bahan bakar. Hal tersebut dikarenakan laju mobil yang stabil sehingga bahan bakar dikonsumi dengan baik oleh mesin, hasilnya bahan bakar jadi lebih hemat meskipun hanya sedikit.

Namun perlu diketahui, bahwa fitur yang sangat mumpuni tersebut juga mempunyai kekurangan. Yang mana fitur tersebut tidak bisa dipakai pada saat mobil melaju pada kecepatan di bawah 40 km/jam. Pada saat jalanan ramai juga tidak bisa digunakan, apalagi jalanan yang sering mengalami kemacetan.

>>> Baca Juga, Mengetahui Gejala Power Window Macet Itu Perlu, Ini Tandanya!

Bahkan saat melewati jalanan mempunyai tikungan yang banyak tidak disarankan untuk menggunakannya. Begitupun saat jalan menanjak atau menurun terlalu banyak, lebih baik tidak mengaktifkan fitur tersebut.

Adapun alasan dari beberapa larangan tersebut adalah karena model jalan yang menanjak, menurun dan menikung terlalu banyak sangat membutuhkan pengontrolan gas dan juga sistem pengereman. Jadi untuk lebih amannya tidak memakai fitur Cruise Control karena bisa beresiko membahayakan diri sendiri dan orang lain.

Gambar ini menunjukkan 2 buah kaki di dekat pedal pada mobil

Fitur Cruise Control mengurangi rasa capek kaki karena menekan pedal gas

Cruise Control banyak digunakan pada kendaraan dengan tipe menengah. Dengan adanya teknologi canggih tersebut membuat pengemudi lebih baik dalam berkendara. Pengoperasian pedal gas dan juga pengereman bisa lebih maksimal dan kaki bisa beristirahat sejenak saat berada di jalanan yang lurus atau tidak terlalu banyak tikungan. Apalagi bagi sobat yang sering berkendara melalui jalan TOL, tentu fitur ini akan sangat bermanfaat.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai kelebihan dan kekurangan fitur Cruise Control. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

  • Mengetahui Jarak Antar Rest Area Jalan Tol Sebagai Tambahan Informasi

    13/09/2021| Abdul

    Mengetahui Jarak Antar Rest Area Jalan Tol Sebagai Tambahan Informasi

    Pembangunan rest area di jalan tol terdapat aturannya. Jadi dalam pemilihan lokasi untuk pembangunan tidak sembarangan. Jarak antar rest area jalan tol diatur dalam PUPR Nomor 10 Tahun 2008. Dengan mengetahui jaraknya maka saat perjalanan dengan mobil bisa memperhitungkan akan istirahat di rest area yang pas.

  • Pantas Dilarang, Ini Risiko Besar Putar Balik di Jalan Tol

    03/05/2021| Fatchur Sag

    Pantas Dilarang, Ini Risiko Besar Putar Balik di Jalan Tol

    Ada aturan yang harus dipahami dan dipatuhi pengendara, bahwa putar balik di jalan tol sangat dilarang mempertimbangkan risiko buruk yang mengancam di depan.

  • Sering Lewat Jalan Tol, Tahukan Tentang Perbedaan Sistem Transaksi Terbuka Dan Tertutup

    15/03/2021| Abdul

    Sering Lewat Jalan Tol, Tahukan Tentang Perbedaan Sistem Transaksi Terbuka Dan Tertutup

    Jalan tol menjadi favorit pengendara mobil saat bepergian, terutama ketika menempuh jarak jauh. Dari kondisi jalan terbilang terawat dan bisa lebih cepat sampai tujuan. Disamping hal tersebut, pengendara perlu membayarnya mengandalkan uang elektronik memakai kartu e-Toll. Bagi Sobat pengguna jalan tol diharapkan untuk mengetahui perbedaan sistem transaksi terbuka dan tertutup di jalan tol.

International