Mengetahui Gejala Power Window Macet Itu Perlu, Ini Tandanya!

05/04/2019 Abdul Perawatan mobil

Power Window menjadi salah satu fitur pada mobil yang bisa dibilang wajib untuk kendaraan modern. Perannya dapat memberikan kenyamanan serta kemudahan ketika ingin menurunkan atau menutup kaca mobil. Jadi cukup dengan menekan tombol saja hal tersebut sudah bisa dilakukan. Namun bukan berarti fitur ini tidak bisa bermasalah, oleh sebab itu sebelum terjadi sebaiknya mengetahui gejala Power Window macet.

Untuk cara kerjanya sendiri adalah saat tombol ditekan maka motor elektrik yang terhubung dengan regulator akan berputar. Dengan begitu kaca dapat bergerak naik atau turun karena regulator terhubung dengan kaca mobil. Untuk memastikan kondisinya baik, maka mengetahui gejala Power Window macet terbilang penting.

Gambar ini menunjukkan fitur power window yang terdapat pada pintu mobil

Power Window memudahkan pengendara dalam membuka dan menutup kaca jendela mobil

Jadi umumnya untuk tombol dari fitur pembuka kaca ini telah dilengkapi dengan auto down dan auto up.  Hasilnya fitur ini dapat menaikkan dan menurunkan kaca hanya dengan menekan tombol sekali. Dengan begitu tidak perlu lama menekan tombol Power Window. Bahkan pada beberapa tipe mobil, fitur ini telah dilengkapi dengan jump protection yang dapat memberikan perlindungan pada penggunanya dan juga anak-anak. Fungsinya adalah untuk menghindari kemungkinan terjepit oleh kaca mobil saat Power Window sedang bekerja.

>>> Baca Juga, Solusi Pada Power Window Toyota Avanza Yang Macet

Cara kerja dari jump protection adalah saat terdapat benda atau anggota tubuh menghalangi kaca menutup maka secara otomatis akan turun kembali.

Melihat hal tersebut tentunya jika Power Window macet akan mengganggu perjalanan. Ditambah lagi saat macet berada di tengah-tengah dan tidak bisa ditutup, maka udara dari luar akan masuk bebas ke dalam kabin mobil. Untuk menghindari hal tersebut, tentunya mengetahui gejala Power Window macet sangatlah diperlukan. Agar tidak sampai kerusakan terjadi pada power window. Lantas apa saja gejala-gejalanya, mari kita simak ulasannya yang dilansir dari Astraworld.

Gambar ini menunjukkan motor power windows

Motor listrik yang menggerakkan jendela supaya bisa naik turun dengan sekali tekan

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips perawatan lainnya

1. Ketika menekan tombol Power Window pergerakan kaca jendela tidak pasti, jadi kadang naik kadang tidak mau. Biasanya masalah ini terjadi karena switch atau saklar Power Window mengalami kerusakan. Apabila hal tersebut terjadi pada bagian kaca pintu belakang untuk penumpang, maka pengoperasian perlu dilakukan dengan mengandalkan Central Power Window yang terdapat pada bagian pintu pengemudi begitu juga saat terjadi masalah sebaliknya.

2. Muncul bunyi kasar yang tidak wajar saat Power Window dioperasikan. Jadi saat kaca naik atau turun muncul bunyi yang tidak wajar. Jika bunyi tersebut berasal dari bagian dalam pintu mobil, maka bisa jadi terdapat masalah pada bagian regulator yang lokasinya berada di dalam pintu mobil. Untuk mengatasinya bisa segera dilakukan pengecekan di bengkel resmi atau bengkel langganan supaya tidak terjadi kerusakan yang lebih parah. Masalah yang umum terjadi pada bagian ini adalah terlepas, kendor atau bisa juga geriginya mengalami kerusakan.

3. Gejala Power Window macet yang terakhir adalah kaca seret atau tidak lancar saat dioperasikan. Bahkan saat terjadi masalah ini akan muncul baret pada salah satu sisi kaca mobil. Umumnya hal tersebut terjadi karena jalur kaca naik turun dalam kondisi yang kering, miring atau bisa juga keluar jalur. Akan tetapi apabila baret yang terjadi pada kaca bagian luar maka bisa jadi posisi kaca jendela mobil dalam keadaan miring.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Gambar ini menunjukkan bola warna kuning terjepit jendela mobil

Dengan adanya jump protection menghindari tangan terjepit

Adapun langkah untuk mengatasi masalah ini adalah dengan melakukan penyetelan ulang pada kaca jendela. Lakukanlah di bengkel resmi supaya posisinya kembali pada tempatnya dengan benar. Selain itu jangan lupa untuk melumasi jalur kaca supaya pergerakan menjadi lancar dan tidak ada hambatan.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai masalah gejala Power Window macet yang perlu diperhatikan. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Mungkin anda ingin baca