Mengetahui Bahaya Charger HP Di Dalam Mobil Dan Beberapa Langkah Amannya

12/06/2018 Abdul Pengemudian mobil

Semakin berjalannya waktu peningkatan teknologi semakin meningkat, berbagai barang canggih juga banyak diciptakan. Salah satu kecanggihan yang masuk dalam kendaraan rada empat adalah terdapatnya charger HP di dalam Mobil. Adanya fitur tersebut dikarenakan seseorang tidak dapat lepas dari yang namanya ponsel atau gadget. Bahkan sebagian orang menganggapnya sebagai kebutuhan yang tidak bisa ditinggalkan.

Dengan adanya charger HP di dalam Mobil pastinya dapat membuat pengedara lebih tenang saat bepergian. Jika kehabisan daya pada smartphone miliknya langsung dapat dilakukan pengecesan. Bahkan di jaman sekarang fungsi Handphone dalam perjalanan cukup penting, seperti misalnya sebagai penunjuk arah melalui GPS ataupun memesan makanan lewat Go-Food. Dengan berbagai aplikasi pendukung di dalam ponsel membuat perjalanan lebih nyaman dan terasa sudah mengenal daerah yang dilewati meskipun baru pertama kali.

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan memegang Ponsel yang sedang di charger pada mobil

Pastikan kondisi ponsel dan Charger dalam kondisi yang bagus saat di dalam Mobil

Apabila tidak ada charger di dalam Mobil namun menginginkannya, maka bisa dilakukan penambahan aksesori aftermarket. Namun perlu diketahui, bahwasanya charger hp bisa menjadi bermanfaat dan juga bahaya.

Adapun alasan mengapa charger HP di dalam Mobil berbahaya adalah karena power output yang awalnya berasal dari lighter bisa menyebabkan  usia baterai pada ponsel menjadi pendek.  Penyebabnya karena putaran mesin naik turun sehingga tegangan listrik yang dihasilkan menjadi tidak stabil.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi seputar harga mobil terbaru mobilmo.com

Selain itu alasan lain mengapa charger HP di dalam Mobil berbahaya adalah daya listrik yang disalurkan mati hidup sehingga dapat berpengaruh pada tegangan output alternator. Jika begitu bisa berakibat baterai mengembung dan bisa meledak. Jika terjadi ledakan pastinya akan membahayakan pengendara .

Nah untuk menghindari bahaya charger HP di dalam Mobil, berikut beberapa tips yang dapat dilakukan.

Gambar ini menunjukkan 2 buah tangan yang satu memegang hp dan yang satu memegang charger akan diisi daya

Adanya fitur pengisi daya di dalam Mobil memberikan kenyamanan tambahan bagi pengendara

>>> Baca juga, Meminimalisir Kecelakaan, Perhatikan Fitur Bantuan Mobil ketika Hujan yang ditawarkan oleh cintamobil.com

- Memilih baterai yang mempunyai kualitas terjamin dan sesuai dengan standar dari ponsel. Memang harganya lebih mahal, namun lebih aman saat digunakan.

- Alangkah baiknya hindari meletakkan ponsel di dekat barang yang mudah sekali terbakar seperti misalnya plastik, kertas, busa dan benda lainnya.

- Cabut ponsel dari charger jika HP tiba-tiba panas atau sudah penuh, karena saat ponsel panas tanpa ada penyebab bisa menimbulkan bahaya.

- Meletakkan ponsel di tempat yang terhindar dari sinar matahari langsung ataupun sumber panas lain yang ada pada Mobil Anda.

- Jangan menerima telepon dari siapa saja saat keadaan diisi dayanya. Alangkah baiknya melepasnya terlebih dahulu baru diangkat untuk langkah keamanannya.

Gambar ini menunjukkan 2 buah ponsel dan yang satu sedang di charger di dalam mobil

Saat sedang diisi daya di dalam Mobil ponsel jangan digunakan

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi seputar tips pengemudian Mobil

jadi untuk langkah keamanan saat charger HP di dalam Mobil adalah tetap waspada dan memperhatikan dengan baik langkah aman di atas. berikut ini juga terdapat informasi mengenai penyebab kerusakan yang terjadi pada charger HP.

  • Baterai yang digunakan sudah tidak asli
  • Port yang sudah berkarat atau kotor
  • Pin atau plat yang miring atau patah
  • Salah memasang baterai
  • Kabel yang terkelupas atau rusak

>>> Mungkin tertarik, Waspada, Jangan Bermain Ponsel Saat Mengemudi Resiko Bahaya

Setelah melihat beberapa hal di atas mengenai bahaya charger HP di dalam Mobil dan untuk langkah aman yang bisa dilakukan. Tentunya pengendara harus lebih meningkatkan kewaspadaan dalam pengecasan dan juga meletakkannya. Jangan sampai karena salah meletakkan ponsel dapat terjadi hal yang tidak diinginkan.

Kabar baiknya, pada Mobil keluaran terbaru yang telah disematkan fitur untuk melakukan pengecasan ponsel mempunyai keamanan yang lebih. yang mana pihak produsen telah mempertimbangkan segala sesuatunya sehingga dapat memberikan kenyamanan serta keamanan saat berada di dalam Mobil.

Demikianlah informasi mengenai Tips aman melakukan Charger HP di dalam Mobil. semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

Mungkin anda ingin baca

  • 5 Poin Penting Buat Pengemudi Mobil Transmisi Otomatis
    Pengemudian mobil Fatchur Sag

    5 Poin Penting Buat Pengemudi Mobil Transmisi Otomatis

    16/10/2018

    Beda karakter transmisi otomatis dengan manual, beda juga cara mengoperasikan. Secara garis besar mengemudi mobil transmisi otomatis memang lebih mudah karena tangan tak perlu melakukan perpindahan gigi. Meski demikian ada hal penting dan mendasar yang wajib diketahui pengemudi agar pengemudian menjadi enak dan tak berpotensi kecelakaan.

  • Smart Intersection dari Honda Siap Kurangi Kecelakaan di Persimpangan
    Pengemudian mobil Padli Nurdin

    Smart Intersection dari Honda Siap Kurangi Kecelakaan di Persimpangan

    14/10/2018

    Banyaknya kecelakaan yang terjadi di persimpangan membuat Honda mulai mengembangkan teknologi keselamatan baru, yaitu Smart Intersection untuk menghindari kejadian buruk selama melintas di persimpangan.

  • Ingat, Di 6 Kondisi Ini Anda Harus Memperlambat Kendaraan!
    Pengemudian mobil Fatchur Sag

    Ingat, Di 6 Kondisi Ini Anda Harus Memperlambat Kendaraan!

    12/10/2018

    Jalanan lebar dengan lalu lintas lengang memang menyenangkan buat memacu kendaraan, tapi itu bukan keputusan yang bagus. Selain berpotensi melanggar batas kecepatan, memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi menghadapkan diri pada risiko yang sangat fatal manakala terjadi kecelakaan. Yang terbaik buat pengemudi adalah melaju dengan kecepatan yang dianjurkan dan memperlambat kendaraan pada kondisi-kondisi tertentu.