Mengenali Jam Macet Di Jakarta Saat Ramadhan Dapat Menghindari Efek Hormonal

24/05/2018| Abdul

Untuk masalah pergeseran kemacetan juga telah diungkapkan oleh Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Budiyanto selaku Kepala Subdit Pembinaan dan Penegakan Hukum Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya. "Titik-titik kemacetan akan bergeser setiap pekannya," ucap Budiyanto kepada kompas melalui pesan singkat.

Pihaknya juga menjelaskan bahwa pada pekan pertama bulan ramadhan kemacetan terjadi lebih awal atau di sore hari. hal tersebut dikarenakan masyarakat yang sedang melakukan ibadah puasa ingin berbuka bersama dengan keluarga dan juga melakukan shalat tarawih. Apabila dapat mengetahui jam macet di jakarta saat ramadhan, maka bisa menghindarinya.

"Biasanya terjadi mulai pukul 17.00 WIB, tetapi menjadi pukul 16.00 WIB selama puasa di awal pekan. Sedangkan untuk pagi hari, orang berangkat kerja lebih pagi dari biasa," kata Budiyanto.

Gambar ini menunjukkan jalan di salah satu wilayah jakarta saat keadaan tidak ramai

Carilah waktu yang tepat saat bepergian agar tidak terjebak macet

Sedangkan pada pekan kedua dan juga ketiga kemacetan juga telah berganti ke pusat perbelanjaan dan juga tempat makan atau restoran. Hal ini dikarenakan mempersiapkan segala sesuatunya untuk lebaran seperti baju baru dan hal lainnya.

Selain itu pada minggu kedua dan ketiga biasanya dimanfaatkan dengan buka bersama di tempat makan bersama keluarga atau teman.

Sedangkan pada pekan terakhir bulan ramadhan, kemacetan biasanya berpindah menuju stasiun, bandara dan juga terminal. Hal ini terjadi dikarenakan masyarakat ingin melakukan perjalanan mudik lebaran.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi tentang harga Mobil terbaru

"Kami akan melakukan penekanan antisipasi di objek-objek tersebut dan rute perjalanan," ujar Budiyanto.

Ketika telah mengenali jam macet di Jakarta saat ramadhan, menjadikan perjalanan lebih nyaman karena bisa mengambil jalur yang tepat.

Perlu diketahui, bahwa masalah macet dan juga stres merupakan masalah pada pengendara yang kerap sekali menghinggapi. Tapi ternyata, efek yang timbul dapat berdampak pada orang lain atau lingkungan terdekat, tidak hanya pada diri sendiri saja.

Adapun hal yang lebih parah akibat masalah di atas adalah dapat mempengaruhi kesehatan tubuh dalam jangka pendek ataupun panjang.

>>> Klik di sini untuk mengetahui Cara membuat SIM Online yang diinformasikan oleh cintamobil.com

Seperti yang dikatakan oleh Roslina Verauli yang merupakan seorang psikolog. " Stres, frustrasi, dan juga selalu timbul rasa tertekan adalah efek dari kemacetan. Bagaimana tidak, seharusnya hanya 20 menit sampai tujuan, tetapi ini bisa sampai 1 jam lebih, bahkan 2 jam. Situasi ini juga pastinya tidak dialami satu kali atau dua kali, tapi hampir setiap hari. Sedangkan tubuh kita tidak dirancang untuk bisa menahan stres dalam jangka waktu yang lama," ujarnya.

Gambar ini menunjukkan salah satu jalan di wilayah jakarta sedang terjadi macet

Kemacetan di Jakarta merupakan hal biasa yang sering terjadi

Vera juga menambahkan bahwa tiap individu mempunyai respon yang berbeda. Ada yang hanya mengeluh saja dan ada juga yang berteriak. Selain itu kadang terdapat orang yang sampai menanggapinya dengan serius  dan emosional. Respon lainnya terdapat pada tubuh seperti terasa lelah, kadang juga ada yang pegal-pegal dan juga ada yang sampai pingsan.

"Selain efek tersebut, ada juga efek hormonal, yakni badan akan mengalami sakit-sakitan. Namun yang pasti, respons setiap individu berbeda-beda karena memang secara profil klinis, ketahanan tubuh manusia tidak sama," ujar Vera.

Ketika seorang pengemudi mulai dihiggapi rasa stress dan juga frustasi, maka kondisi tubuh menjadi lelah. Akibatnya dapat mempengaruhi kondisi sekitar dan berakibat negatif jika tidak bisa mengontrolnya.

"Perlu diingat bahwa mereka (individu yang stres karena macet) terikat pada sebuah sistem, dan sistem paling kecil dari individu tersebut yaitu keluarga. Jadi jika salah satunya bermasalah, relasi intim akan terganggu," tutur Vera.

Gambar ini menunjukkan seorang wanita dalam mobil mencoba keluar lewat jendela sedang marah

Terlalu lelah berkendara akan lebih mudah tersulut emosi

>>> Mungkin tertarik, Ingat Ini Agar Perjalanan Mudik Lancar Tidak Terjebak Macet Dan Tetap Nyaman

Efek lain yang dapat terjadi adalah memaki pengendara lain, saling berteriak dan bisa juga sampai berkelahi. Oleh sebab itu mengetahui jam macet di Jakarta saat ramadhan bisa menjadi solusi untuk menghindari kemacetan dan tidak timbul hal buruk yang terjadi.

"Itu normal, kita semua jadi agresif di jalan, karena agresif sendiri muncul dari kondisi stres yang berlebihan," ucap Vera.

Demikianlah informasi mengenai jam macet di Jakarta saat ramadhan. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Berniat Membeli atau Menjual Mobil, Kunjungi situs jual beli terpercaya cintamobil.com !

Berita sama topik

  • Hampir Masuk Ramadhan, Liburan Atau Tetap Di Rumah?

    23/04/2020| Abdul

    Hampir Masuk Ramadhan, Liburan Atau Tetap Di Rumah?

    Bulan Ramadhan hampir tiba, ditambah lagi sekarang sedang liburan. Tapi ingat, untuk liburan kali ini karena mencegah penyebaran virus corona. Jadi masyarakat perlu benar-benar memperhatikannya. Kalau ada pertanyaan ingin liburan atau berada di rumah, sebaiknya tetap berada di rumah mengikuti arahan pemerintah.

  • Persiapan Penuh Polres Cirebon Kota Sambut Mudik Lebaran 2020

    13/03/2020| Fatchur Sag

    Persiapan Penuh Polres Cirebon Kota Sambut Mudik Lebaran 2020

    Beragam skenario pengaturan lalu lintas, perlengkapan, dan peralatan dipersiapkan jajaran Polres Cirebon Kota dalam rangka menyambut musim mudik Lebaran 2020.

  • Hindari Aji Mumpung Saat Mudik Lebaran Biar Bisa Balik Ke Kota

    03/06/2019| Fatchur Sag

    Hindari Aji Mumpung Saat Mudik Lebaran Biar Bisa Balik Ke Kota

    Mudik lebaran sering jadi kesempatan sebagian pemudik untuk melampiaskan kebahagiaan secara berlebihan. Ini kurang baik dan sebaiknya anda hindari, sebab aji mumpung bisa berdampak buruk pada kenyamanan dan keselamatan. Kok bisa?

International