Ingat Ini Agar Perjalanan Mudik Lancar Tidak Terjebak Macet Dan Tetap Nyaman

23/05/2018| Abdul

Selain itu, semakin dekat dengan hari raya Idul Fitri maka akan semakin banyak pula pemudik sehingga menyebabkan jalanan menjadi macet. Hal ini dikarenakan libur lebaran serentak dilakukan oleh perusahaan pada H -2 atau H -3. Oleh sebab itu bagi masyarakat yang memiliki waktu lebih agar tidak mudik pada hari tersebut, lebih cepat lebih baik.

Dari pihak Kementrian Perhubungan juga menyarankan supaya tidak melakukan perjalanan mudik pada hari kedua atau ketiga sebelum lebaran. Karena di hari tersebut lagi banyak pemudik baik menggunakan sepeda motor, Mobil ataupun angkutan umum.

Gambar ini menunjukakkan mobil warna putih dan beberapa mobil sedang mengantri di gerbang jalan tol

Melewati jalan tol akan lebih mempercepat perjalanan sampai tujuan

Hal tersebut sudah diminimalisir dengan memperbanyak ruas pintu jalan tol. Akan tetapi hal tersebut belum dapat membendung pemudik yang jumlahnya sangat banyak. Hal ini dikatakan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi ketika menghadiri dialog nasional yang bertempat di Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon.

"Jadi kalau ada kakaknya, om-nya, adiknya mau pulang ke Cirebon kasih tahu jangan minus 2 dan minus 3," kata Budi.

Pihaknya juga memberikan himbauan kepada para pemudik khususnya yang dari Jakarta, bahwasanya sangat disarankan untuk dapat memanfaatkan waktu cuti lebaran dengan baik. Pemudik bisa menuju kampung halaman pada H -7 sebelum lebaran. Dengan begitu perjalanan mudik lancar tidak terjebak macet.

"Ini kelihatannya sepele, tetapi kalau semuanya secara masif, 30 persen atau 40 persen warga mudik pada minus 7 dan minus 6 mudik itu akan lancar," kata dia.

Dari sisi lain pihak Budi juga memberikan himbauan agar memilih transportasi umum dibandingkan menggunakan sepeda motor. Menurutnya mudik dengan sepeda motor lebih banyak resiko, apalagi terdapat progam mudik gratis yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.

Berdasarkan data tahun 2017 kemarin, bahwa telah tercatat pemudik dengan menggunakan sepeda motor dengan total 4 juta. Namun jika dilihat secara total angka kecelakaan selama mudik, dari semua kendaraan 70% disumbang oleh sepeda motor.

>>> Klik di sini untuk mengupdate Berita Mobil terbaru

"Oleh karenanya, sayangi nyawa dan keselamatan anda keluarga. Nyawa tak ternilai harganya, dan akan lebih baik jika mudik menggunakan angkutan umum," kata dia.

Gambar ini menunjukkan beberapa mobil sedang menempuh perjalanan dengan berbagai merek

Jangan mudik pada H-2 atau H-3 sebelum lebaran karena rawan macet

Pemerintah mengusahakan progam mudik gratis dan juga menyediakan rest area untuk istirahat dan beberapa fasilitas lain hanya untuk membuat pemudik merasa aman dan nyaman. Selain itu agar perjalanan mudik lancar tidak terjebak macet serta sampai ke kampung halaman dengan selamat.

>>> Klik di sini untuk mengetahui Cara membuat SIM Online yang diinformasikan oleh cintamobil.com

Berbicara soal kemacetan, pihak Komisaris Besar Polisi Yusuf yang merupakan Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya  mengatakan, bahwa pada bulan ramadhan kemacetan di Ibu kota mengalami perubahan jam.

”Kami analisis pada Minggu pertama masih lancar. Minggu kedua tempat kuliner karena acara bukber dinas atau instansi. Minggu ketiga pusat-pusat perbelanjaan, dan minggu keempat jalur mudik,” kata Yusuf saat dikonfirmasi wartawan.

>>> Mungkin tertarik, Beberapa Tips Yang Bisa Dicoba Untuk Menghindari Kemacetan Saat Mudik Lebaran

Oleh sebab itu ratusan Polisi Lalu Lintas telah disiagakan pada titik rawan kemacetan untuk mengantisipasi kemacetan yang terjadi. Lokasi yang dipilih juga rawan terjadi kemacetan seperti lokasi perbelanjaan, lokasi tempat jualan untuk takjil atau makanan berbuka dan juga jalan protokol. Tujuannya adalah supaya masyarakat dapat menjalankan ibadah puasa dengan nyaman. Untuk pemudik agar perjalanan mudik lancar tidak terjebak macet.

”Total ada 300 personel yang dikerahkan untuk mengurai kemacetan,” ujarnya.

Dari pihak Polisi mengerahkan 300 personel yang bersiaga mulai dari jam 4 sore sampai jam 8 malam. Namun dari pihak Yusuf juga meminta agar dapat menjaga perilaku berkendara tetap baik.

Gambar ini menunjukkan sebuah mobil polisi dan seorang petugas sedang mengatur lalu lintas jalan

Adanya Polisi lalu lintas meminimalisir terjadinya kemacetan panjang

>>> Klik di sini untuk mengupdate info seputar mudik lebaran

Dari pihak Polisi juga akan melakukan kordinasi kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk mengamankan lalu lintas pada jam tersebut. Yang mana kerap terjadi kemacetan selama ramadhan. "Kami sudah siapkan tim pengurai kemacetan," ucap Ajun Komisaris Besar Polisi Budiyanto, selaku Kasubdit BinGakun Ditlantas Polda Metro jaya.

Dari pihak pemerintah dan juga polisi telah mempersiapkan segalanya untuk menjaga kenyamanan umat Islam saat berpuasa. Selain itu juga bertujuan agar perjalanan mudik lancar tidak terjebak macet dan selamat sampai kampung halaman.

>>> Berniat membeli Mobil bekas untuk kebutuhan lebaran, kunjungi situs jual beli terpercaya cintamobil.com dan dapatkan harga yang menarik !

Berita sama topik

  • Hampir Masuk Ramadhan, Liburan Atau Tetap Di Rumah?

    23/04/2020| Abdul

    Hampir Masuk Ramadhan, Liburan Atau Tetap Di Rumah?

    Bulan Ramadhan hampir tiba, ditambah lagi sekarang sedang liburan. Tapi ingat, untuk liburan kali ini karena mencegah penyebaran virus corona. Jadi masyarakat perlu benar-benar memperhatikannya. Kalau ada pertanyaan ingin liburan atau berada di rumah, sebaiknya tetap berada di rumah mengikuti arahan pemerintah.

  • Persiapan Penuh Polres Cirebon Kota Sambut Mudik Lebaran 2020

    13/03/2020| Fatchur Sag

    Persiapan Penuh Polres Cirebon Kota Sambut Mudik Lebaran 2020

    Beragam skenario pengaturan lalu lintas, perlengkapan, dan peralatan dipersiapkan jajaran Polres Cirebon Kota dalam rangka menyambut musim mudik Lebaran 2020.

  • Hindari Aji Mumpung Saat Mudik Lebaran Biar Bisa Balik Ke Kota

    03/06/2019| Fatchur Sag

    Hindari Aji Mumpung Saat Mudik Lebaran Biar Bisa Balik Ke Kota

    Mudik lebaran sering jadi kesempatan sebagian pemudik untuk melampiaskan kebahagiaan secara berlebihan. Ini kurang baik dan sebaiknya anda hindari, sebab aji mumpung bisa berdampak buruk pada kenyamanan dan keselamatan. Kok bisa?

International