Pentingnya Fitur Pengaman Pintu Mobil Untuk Keselamatan

28/06/2018 Abdul Pengemudian mobil

Berkendara bersama keluarga merupakan hal yang menyenangkan, apalagi bersama sang buah hati tercinta. Yang mana seringkali anak-anak akan membuat rasa jenuh di dalam Mobil hilang karena tingkah polahnya yang menggemaskan. Namun perlu diperhatikan, bahwa keselamatan merupakan hal yang utama. Bahkan dari pihak produsen sendiri juga telah menyematkan fitur pengaman pintu Mobil sebagai pendukungnya.

Seperti yang telah diketahui, bahwa kadang seorang anak mempunyai daya pikir yang sedang berkembang dan rasa ingin tahu yang tinggi. Dengan begitu kadangkala mereka tidak sabar untuk memainkan tuas pintu Mobil. Untuk menghindari terbuka sendiri, maka disematkan fitur pengaman pintu Mobil.

Bahkan tak jarang pula yang selalu menempel pada kaca pintu Mobil untuk melihat keluar jendela. Jika tidak hati-hati dan pintu Mobil tidak dikunci bisa beresiko terbuka sendiri karena tuas pintu tertekan. Tentunya hal ini sangat membahayakan dan setiap orang tua tidak menginginkannya.

gambar ini menunjukkan gagang pintu pada pintu Mobil dengan warna krom

Fitur pengaman pintu Mobil sangat bermanfaat apalagi bagi yang sering membawa anak kecil dalam perjalanan

Pada umumnya fitur pengaman pintu Mobil ini berada pada bagian pintu baris kedua. Dari pihak pemilik Mobil juga merasa terbantu serta mendapatkan keamanan lebih bagi anaknya.

"Dengan fitur ini, kita jadi tak khawatir memposisikan anak di bagian belakang. Karena pintu takkan bisa dibuka dari dalam jika fitur ini diaktifkan. Orang tua pun bisa konsentrasi mengemudi tanpa khawatir dengan perilaku anak yang mungkin kadang tiba-tiba suka membuka pintu belakang saat mobil masih jalan," ujar Kung sang yang merupakan salah satu pemilik Honda Brio.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya

Walaupun jika dilihat, tidak semua kendaraan mempunyai fitur keselamatan yang satu ini. Akan tetapi sebagian kendaraan telah mempunyainya seperti Mobil segmen low MPV,, City Car dan juga Hatchback. Untuk langkah pengaktifannya juga tidak ribet dan terbilang mudah.

"Ada logo anak kecil dan tuas tanda panah, tinggal menggeser sakelarnya ke posisi logo anak kecil, pintu takkan lagi bisa dibuka dari dalam," lanjut Kung.

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan sedang menarik gagang pintu mobil yang berwarna krom

Fitur pengaman pintu Mobil atau Child Lock merupakan fitur keamanan modern

>>> Baca juga, Tips Memilih Kursi Mobil untuk Anak Ketika Melakukan perjalanan jauh yang ditawarkan oleh cintamobil.com

Untuk posisinya biasanya diletakkan pada posisi tersembunyi seperti Honda Brio, yakni bagian samping agak ke bawah. Dalam pengoperasiaannya biasanya harus dilakukan dengan membuka pintu. Apabila saat pintu dalam kondisi tertutup, maka tidak akan bisa dioperasikan.

Bahkan Mobil sekarang juga lebih canggih, untuk menghindari anak yang usil dan kerap membuka handle pintu dan juga jendela bisa dilakukan pencegahan dengan  menonaktifkan power window pada semua pintu kecuali pintu pengemudi.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi seputar tips pengemudian Mobil

Untuk pemasangan di baris kedua bukan tanpa alasan, karena anak-anak biasanya lebih senang mengisi baris kedu ketika sedang melakukan perjalanan bersama keluarga. Jadi di pintu inilah merupakan lokasi yang terbilang sangat tepat. Apalagi bagi keluarga yang membawa anak di bawah umur 10 tahun, pastinya akan lebih repot karena belum bisa diberitahu dan tidak boleh luput dari pengawasan.

Pada umumnya pada umur 10 tahun kerap mengeluarkan jendela dan juga menari tuas pintu yang mungkin dikira sebuah mainan. Dengan begitu pengaman pintu Mobil adalah salah satu fitur yang sangat membantu pada sebuah Mobil keluarga.

Gambar ini menunjukkan sebuah jari sedang menunjukkan fitur child lock yang berada di pintu bagian dalam

Saat mengaktifkan fitur pengaman Mobil biasanya dalam keadaan pintu Mobil terbuka

>>> Mungkin tertarik, Berikut Fitur Mobil untuk Anak-anak yang Perlu Dimiliki

Dalam mengatasi masalah yang pertama, yakni mengeluarkan kepala melalui jendela biasa dilakukan dengan mengaktifkan pengunci jendela. Biasanya bisa dilakukan dengan menekan tombol pengunci jendela yang berada pada dekat pengemudi. Namun bagi yang belum ada sebaiknya lebih memperhatikan gerak-gerik sang buah hati untuk lebih amannya.

Untuk mengatasi masalah yang kedua sudah dijelaskan di atas yakni menggunakan fitur pengaman pintu Mobil. apabila belum paham dan tidak mengetahui tata letaknya bisa membaca buku manual kendaraan yang biasanya diberikan ketika membeli Mobil.

>>> Beli mobil? Cari saja di situs jual beli mobil dengan harga bagus di cintamobil.com

Mungkin anda ingin baca