Ingin Touring Dengan Mobil, Perhatikan Beberapa Hal Ini Agar Aman & Nyaman

06/08/2019| Abdul

Perjalanan dengan mobil baik itu sendiri, bersama keluarga atau turing memang keselamatan menjadi hal utama. Selain itu, di jalanan tidak hanya satu komunitas saja, tapi masih ada pengendara lain yang juga sedang berbarengan. Kesadaran diperlukan supaya semuanya tetap aman dan tidak ada rasa terganggu. Jadi pengendara yang melakukan turing harus beberapa tips aman dan nyaman saat touring dengan mobil.

Berikut ini merupakan beberapa tips supaya aman dan nyaman ketika melakukan touring bersama satu komunitas dengan menggunakan mobil.

1. Memastikan Kondisi Mobil & Tubuh Dalam Keadaan Prima

Gambar ini menunjukkan 3 wanita sedang memeriksa mesin mobil

Persiapan sebelum touring sangatlah penting

Pada umumnya perjalanan touring akan menempuh jarak yang cukup jauh. Oleh sebab itu tubuh juga harus dalam keadaan fit sehingga bisa mengikuti sampai tujuan yang direncanakan. Begitu juga dengan kendaraan yang ditunggangi. Apabila kondisinya prima maka perjalanan sampai ke tujuan lebih nyaman dan tidak khawatir akan terjadi masalah di jalan.

Jadi sebelum berangkat touring lakukan pengecekan pada bagian lampu, oli, ban, rem, air radiator dan juga air wiper. Pastikan juga bahwa telah mempersiapkan ban cadangan dalam kondisi yang baik.

>>> Baca Juga, Inilah 5 Alasan Mengapa Harus Servis Mobil Secara Teratur

2. Merencanakan Rute

Gambar ini menunjukkan ilustrasi GPS pada mobil dan juga smartphone

GPS menjadi salah satu penunjuk arah yang cukup akurat

Apabila kondisi tubuh dan kendaraan sudah prima baik untuk milik sendiri dan semua anggota komunitas atau yang ikut touring. Tahapan selanjutnya adalah memilih rute perjalanan ke lokasi yang dituju. Semuanya bisa diajak berdiskusi rute mana yang terbaik seperti jalannya mulus, terdapat SPBU, bengkel dan juga restoran serta rest area. Tujuannya adalah saat ada yang membutuhkan pertolongan dapat diatasi dengan segera. Memanfaatkan fitur GPS yang dapat menunjukkan jalur ke lokasi tujuan.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

3. Menyiapkan Barang Bawaan

Gambar ini menunjukkan barang-barang yang terdapat di bagasi mobil

Bawa barang bawaan secukupnya dan jangan ganggu kenyamanan

Tips touring dengan mobil supaya aman dan nyaman selanjutnya adalah dengan mempersiapkan barang bawaan. Pastikan bahwa kebutuhan selama di jalan bisa terpenuhi. Sebaiknya menghindari terlalu banyak barang bawaan  karena malah dapat membebani kendaraan dan mengurangi kenyamanan selama perjalanan. Jadi di dalam kabin usahakan lapang, apalagi saat membawa penumpang.

Perlengkapan yang terbilang perlu adalah power bank, charger ponsel, kabel jumper, lampu senter dan juga kotak P3K. Makanan dan minuman ringan serta cemilan juga jangan lupa dibawa karena bisa mengganjal perut saat sedang terasa lapar di perjalanan dan belum waktunya pemberhentian.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

4. Mentaati & Tertib Lalu Lintas

Gambar ini menunjukkan beberapa mobil sedang berhenti di lampu rambu lalu lintas

Sendiri atau bersama komunitas tetap taati tata tertib lalu lintas

Umumnya saat melakukan turing akan diikuti oleh banyak kendaraan. Sehingga saat dalam perjalanan akan ada pengendara lain yang terganggu. Oleh sebab itu jangan menang sendiri saat berada di jalan dan berilah ruang untuk kendaraan lain jika ingin menyalip, karena mungkin saja kendaraan tersebut sedang dalam keadaan darurat. Taati juga rambu lalu lintas yang telah disediakan seperti lampu lalu lintas, batas kecepatan dan lainnya.

>>> Baca Juga, Ini 3 Pelanggaran Lalu Lintas Paling Banyak Dilakukan Pengguna Jalan Tol

5. Memastikan Komunikasi Sesama Anggota Lancar

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan memegang HT

HT bisa menjadi alat komunikasi sesama anggota komunitas

Pada saat touring dengan mobil komunikasi terhadap sesama anggota komunitas sangatlah penting. Jika hal tersebut bisa terjalin maka dalam pengaturan ketertiban di jalan dan juga serangkaian acara yang nantinya berlangsung akan berjalan dengan lancar. Biasanya para pengendara menggunakan alat komunikasi berupa handy talky atau yang sering disebut dengan HT. Namun jika tidak mempunyai bisa menggunakan ponsel yang dimiliki, asalkan semua anggota telah memberikan nomornya.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

  • Mengetahui Jarak Antar Rest Area Jalan Tol Sebagai Tambahan Informasi

    13/09/2021| Abdul

    Mengetahui Jarak Antar Rest Area Jalan Tol Sebagai Tambahan Informasi

    Pembangunan rest area di jalan tol terdapat aturannya. Jadi dalam pemilihan lokasi untuk pembangunan tidak sembarangan. Jarak antar rest area jalan tol diatur dalam PUPR Nomor 10 Tahun 2008. Dengan mengetahui jaraknya maka saat perjalanan dengan mobil bisa memperhitungkan akan istirahat di rest area yang pas.

  • Pantas Dilarang, Ini Risiko Besar Putar Balik di Jalan Tol

    03/05/2021| Fatchur Sag

    Pantas Dilarang, Ini Risiko Besar Putar Balik di Jalan Tol

    Ada aturan yang harus dipahami dan dipatuhi pengendara, bahwa putar balik di jalan tol sangat dilarang mempertimbangkan risiko buruk yang mengancam di depan.

  • Sering Lewat Jalan Tol, Tahukan Tentang Perbedaan Sistem Transaksi Terbuka Dan Tertutup

    15/03/2021| Abdul

    Sering Lewat Jalan Tol, Tahukan Tentang Perbedaan Sistem Transaksi Terbuka Dan Tertutup

    Jalan tol menjadi favorit pengendara mobil saat bepergian, terutama ketika menempuh jarak jauh. Dari kondisi jalan terbilang terawat dan bisa lebih cepat sampai tujuan. Disamping hal tersebut, pengendara perlu membayarnya mengandalkan uang elektronik memakai kartu e-Toll. Bagi Sobat pengguna jalan tol diharapkan untuk mengetahui perbedaan sistem transaksi terbuka dan tertutup di jalan tol.