Ingat, Memilih Lampu Mobil Di Musim Hujan Tidak Boleh Sembarangan!

04/12/2018 Abdul Pengemudian mobil

Semakin berkembangnya jaman semuanya serba modern. Begitupun pada lampu utama mobil yang sudah dibuat sedemikian rupa untuk mengikuti perkembangan. Namun tahukah sobat, bahwa tidak semua lampu cocok digunakan untuk musim penghujan. Ada yang kurang memberikan visibilitas bagi pengemudi sehingga kurang jelas saat melihat jalan. Oleh sebab itu memilih lampu mobil di musim hujan sangatlah diperlukan.

Pastinya semua sudah tahu, saat musim penghujan rawan akan kecelakaan dan para pengendara diharapkan lebih waspada. Namun disamping hal tersebut, beberapa bagian mobil seperti lampu juga mendukung masalah keselamatan berkendara. Dengan memilih lampu mobil di musim hujan yang tepat, berkendara menjadi lebih aman dan meminimalisir terjadinya masalah di jalan.

Gambar ini menunjukkan lampu utama pada mobil warna hitam

Gunakan lampu sesuai rekomendasi pihak pabrikan dan sesuai dengan spesifikasi kendaraan

Fungsi lampu utama saat hujan adalah memberi penerangan pada jalan untuk pengendara. Selain itu lampu utama juga digunakan sebagai penanda bagi pengendara lain dari arah berlawanan. Lantas apakah lampu dengan teknologi jaman sekarang seperti HID dan LED bisa memberikan 2 manfaat yang telah disebutkan tersebut?

Di jaman sekarang banyak pemilik yang mengganti lampu utama mobil dengan jenis LED. Umumnya mobil menggunakan bohlam kuning yang memang telah didesain sedemikian rupa untuk memberikan yang terbaik buat pengendara. Apalagi lampu LED yang memiliki voltase rendah mempunyai harga yang lebih terjangkau. Sehingga banyak pengendara yang lebih menggunakannya dibandingkan lampu konvensional.

>>> Jangan Lupa Untuk Membaca Informasi Review Mobil Terbaik Hanya Ada Di Sini

Yang perlu diperhatikan oleh pengendara adalah dalam memilih lampu mobil di musim hujan. Lampu jenis LED tidak semuanya bisa memberikan pencahayaan yang baik. Bahkan  ada pula cahaya putih yang dihasilkan malah menyilaukan pengendara lain dan tidak dapat menembus kabut ataupun air hujan. Tidak hanya itu saja, ada lampu LED yang malah membuat silau pengendara lain saat berhadapan.

Gambar ini menunjukkan sebuah mobil yang sedang berjalan menembus kabut dengan lampu depan menyala

Saat kabut tebal nyalakan foglamp dan juga lampu utama

>>> Membeli mobil baru, cek daftar harga mobil terupdate dan terlengkap di Mobilmo.com

Jadi pada saat kondisi gelap, penggunaan lampu LED memang lebih bagus dibandingkan dengan bohlam biasa. Namun berbeda lagi saat hujan turun atau terdapat kabut di jalan, penggunaan lampu jenis bohlam lebih maksimal dalam menembus kabut tebal ataupun hujan deras. Oleh sebab itu dalam memilih lampu mobil di musim hujan harus benar-benar diperhatikan. Untuk intensitas cahaya yang direkomendasikan jika menggunakan lampu LED adalah di bawah 5.000 Kelvin. Pancaran yang dimiliki terlihat lebih kuning dan mampu menembus kabut ataupun hujan deras.

Dari pihak pabrikan sendiri dalam membuat lampu LED umumnya dengan intensitas cahaya berkisar antara 3.800 sampai 4.300 Kelvin. Jadi masih berada di bawah 5.000 Kelvin sehingga cukup aman dan hasil dari warnanya kuning. Sedangkan jika mempunyai warna putih maka intensitas cahayanya berada di atas 6.000 Kelvin, sedangkan untuk yang di atas 8.000 Kelvin akan memancarkan cahaya dengan warna merah muda.

Jadi penggunaan lampu LED yang mempunyai warna putih akan bagus jika digunakan dalam gelap. Akan tetapi saat turun hujan deras sifatnya menjadi memantul sehingga kabut atau rintikan hujan tidak tertembus. Perlu diketahui, bahwa ternyata ada cara untuk membuat lampu LED aman digunakan baik untuk gelap maupun hujan deras.

>>> Baca juga, Lampu Depan Mobil Dan Pengaruhnya Terhadap Penampilan

Gambar ini menunjukkan sebuah mobil dengan lampu menyala dengan keadaan hujan turun

Cahaya putih pada lampu mobil umumnyatidak dapat menembus kabut ataupun air hujan saat turun dengan deras

Adapun cara yang bisa dilakukan adalah dengan memberikan stiker pada mika lampu. Untuk sticker ini memilih yang warna transparan kuning ketika sedang menghadapi musim penghujan. Dengan melakukannya maka cahaya lampu sudah bisa menembus kabut maupun hujan. Pada umumnya cara ini digunakan pada mobil balap sehingga cahaya yang dihasilkan oleh lampu menjadi kuning.

Demikianlah informasi mengenai beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memilih lampu mobil di musim hujan. Utamakan keselamatan dan kenyamanan selama berkendara, semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Mungkin anda ingin baca