Lampu Depan Mobil Dan Pengaruhnya Terhadap Penampilan

27/11/2018 Fatchur Sag Perawatan mobil

Tidak hanya memiliki fungsi sebagai lampu utama untuk keselamatan dalam berkendara, lampu depan bisa diibaratkan sebagai mata pada manusia di mana karakter mobil bisa terpancar dari bentuk “mata”nya. Seperti apa kondisinya bakal berpengaruh terhadap penampilan mobil.

Bagian eksterior mobil adalah bagian pertama yang terlihat dan dinilai duluan oleh para calon pembeli mobil. Karena setiap orang tentunya ingin mengendarai mobil yang tampak lebih keren dan punya gaya yang modern agar bisa jadi kebanggaan ketika di jalan atau ketika disimpan di garasi. Salah satu elemen eksterior yang berpengaruh terhadap keseluruhan penampilan luar mobil adalah lampu depan atau headlight-nya.

Foto lampu depan mobil Jeep, bentuk bundar

Kondisi lampu utama mobil berpengaruh besar terhadap penampilan

Tidak hanya memiliki fungsi sebagai lampu utama untuk keselamatan dalam berkendara, headlight bisa diibaratkan sebagai mata pada manusia di mana karakter mobil bisa terpancar dari bentuk “mata”nya.  Bagaimana sepasang lampu depan pada mobil bisa memberikan pengaruh yang besar bagi penampilannya?

Beda bentuk beda “wajah” mobilnya

Jika Anda perhatikan, mobil-mobil yang dipasarkan kepada konsumen saat ini memiliki bentuk lampu depan mobil yang berbeda. Seperti misalnya bentuk lampu depan dengan desain yang lebih menyipit akan memberikan kesan wajah mobil yang lebih eksklusif, biasanya memang dipasang pada mobil kelas premium atau mobil mewah. Kemudian lampu depan mobil dengan bentuk kotak yang lebih melebar biasanya memberikan kesan wajah yang lebih ramah pada mobil keluarga. Sedangkan untuk mobil sporty, lampu depan dengan bentuk bundar memberikan kesan yang lebih dinamis dan aktif, sesuai dengan target pasar mobil sporty.

>>> Fungsi Lampu Kabut Bagian Depan Dan Belakang Pada Mobil

Foto bagian depan BMW i8 Roadster

Lampu depan menyipit memberikan kesan mewah

Menunjukkan kelas dari sebuah mobil

Jenis lampu depan yang digunakan pada mobil juga bisa menjadi indikasi dari kelas mobil tersebut. Untuk mobil yang dipasarkan untuk masyarakat kalangan menengah atau mobil murah, jenis lampu yang digunakan adalah mobil halogen di mana warna lampu yang dihasilkan adalah kuning hangat dan tampilannya pun tidak didesain secara spesial dan lebih mewah.

Sedangkan untuk mobil-mobil yang lebih mahal dan memiliki mesin berteknologi tinggi jenis lampu yang digunakan biasanya adalah High Idensity Discharge (HID), Light Emitting Diodes (LED), atau laser. Di mana dari segi penampilan lampu-lampu ini memberikan kesan yang lebih mewah dan tajam. Di dalam lampunya dipasang berbagai macam layer reflektif yang tidak hanya membuat nyala lampu lebih terang tapi juga membuat lampu terlihat seperti kristal. Lampu dengan teknologi tinggi ini membutuhkan mesin dengan sistem yang berteknologi tinggi pula di mana biaya produksinya tidak murah. Jadi, mobil dengan lampu depan HID, LED, atau laser bisa jadi sebuah fashion statement oleh pemiliknya karena mobil yang dikendarai bukan mobil murahan.

>>> Review mobil terbaik hanya ada di sini

Foto Bugatti Chiron tampak dari depan

Dilihat dari penampilannya, jelas Bugatti Chiron bukan mobil murahan

Pentingnya restorasi lampu depan mobil

Seiring dengan berjalannya waktu, setelah terkena panas matahari, debu dan kotoran, hujan, dan penggunaan yang sudah tahunan, lampu depan mobil Anda akan terlihat kusam dan tidak bening lagi lensa. Selain mengganti lampu yang sudah redup atau bahkan padam, melakukan restorasi pada lensa lampu juga penting untuk membuatnya kembali bening. Lensa lampu depan yang kusam akan membuat penampilan eksterior mobil Anda terlihat tua dan kurang terawat. Hal ini tentunya bisa mengurangi nilai jual mobil jika Anda berencana menjualnya nanti. proses restorasi lensa lampu depan untuk menjadi bening bisa dilakukan sendiri dengan menggunakan berbagai macam perlengkapan yang bisa dibeli di toko, atau dibawa ke bengkel/salon mobil.

Mobil lama Anda tidak harus terlihat tua dan kuno dengan cara perawatan yang benar dan rutin. Salah satunya adalah melakukan restorasi pada lensa lampu depan mobil yang apabila dilakukan bisa membuat tampilan eksterior tampak seperti baru. Dibandingkan dengan membeli lensa baru, merestorasi lensa yang sudah ada pun harganya lebih murah. Selain untuk penampilan, restorasi lampu depan juga bagus untuk meningkatkan daya terang lampu sehingga keamanan berkendara pun lebih terjaga.

>>> Cara Merawat Mika Lampu Mobil Agar Tidak Mudah Kusam Dan Menguning

Sedang melakukan restorasi lampu depan mobil

Lakukan restorasi jika kualitas mulai menurun

>>>  Terus ikuti tips & trik seputar otomotif di Mobilmo.com

Mungkin anda ingin baca

  • Kelebihan dan Kekurangan Pasang Knalpot Racing Pada Mobil Penumpang
    Perawatan mobil Fatchur Sag

    Kelebihan dan Kekurangan Pasang Knalpot Racing Pada Mobil Penumpang

    02/01/2019

    Masih ada beberapa hal yang masih diperdebatkan soal penggunaan knalpot racing pada mobil, terutama mobil penumpang yang digunakan untuk kebutuhan sehari-hari, seperti mobil keluarga. Apakah bikin boros BBM, atau mungkin meningkatkan performa kendaraan. Simak ulasan berikut!

  • Abu Vulkanik Dan Dampaknya Terhadap Bodi Mobil
    Perawatan mobil Fatchur Sag

    Abu Vulkanik Dan Dampaknya Terhadap Bodi Mobil

    30/12/2018

    Gunung Anak Krakatau kembali aktif pasca bencana tsunami Selat Sunda beberapa hari lalu, menyebarkan abu vulkanik hingga sampai ke daerah pemukiman. Layak dicermati bagi pemilik mobil apa dampak buruk abu vulkanik ini dan bagaimana cara membersihkannya.

  • Benarkah Sunroof Bisa Meledak, Berikut Penjelasannya!
    Perawatan mobil Fatchur Sag

    Benarkah Sunroof Bisa Meledak, Berikut Penjelasannya!

    26/12/2018

    Mobil dengan desain - desain terkini banyak menggunakan fitur sunroof, di mana menghasilkan tampilan mobil yang jauh lebih berkelas dibandingkan dengan atap mobil biasanya. Hal ini dapat menjadi salah satu daya tarik bagi calon pembeli. Tetapi banyak pula yang mempertanyakan benarkah sunroof bisa meledak.