Waspada, Ketahui Titik Bahaya Di Jalan bagi kendaraan Untuk Keselamatan Berkendara

01/07/2018| Abdul

Mungkin tidak semua pengendara merasakan akibat yang didapat saat mengalami sebuah kecelakaan. Bagi yang pernah merasakannya pasti tidak ingin kejadian tersebut terulang, sedangkan yang belum pernah sebaiknya mengetahui titik bahaya di jalan bagi kendaraan.

Nah kali ini mobilmo.com akan memberikan informasi tentang beberapa titik bahaya di jalan bagi kendaraan yang perlu diperhatikan. Mari kita simak.

1. Di persimpangan jalan dengan lampu lalu lintas

Di perkotaan sering kita temui lampu lalu lintas yang ditempatkan di persimpangan. Tujuannya adalah supaya memberikan rasa aman dan nyaman dalam berkendara karena bisa melewati persimpangan secara bergantian agar tidak terjadi tabrakan atau saling serobot. Akan tetapi penyakit dari pengendara yang kerap sekali tidak memperhatikan keselamatan dengan menerobos lampu merah baik bagi pengendara Mobil ataupun motor.

Gambar ini menunjukkan lampu lalu lintas dan dan terlihat lampu merah menyala

Jangan menerjang lampu merah saat di persimpangan beresiko terjadi tabrakan dari arah lain

Perlu diketahui bahwa saat menemui lalu lintas diharapkan untuk mematuhinya. Karena apabila saat lampu merah dan memaksa nyelonong bisa beresiko terjadi kecelakaan menjadi lebih besar. Jadi saat melihat lampu lalu lintas sebaiknya mempersiapkan segala sesuatunya dengan menurunkan kecepatan. Apalagi saat sudah menunjukkan warna kuning, sebaiknya segera melakukan pengereman dan bersiap berhenti. Namun sebelumnya sebaiknya juga memperhatikan sisi kiri dan kanan, karena tidak semua pengendara bisa mematuhi peraturan yang telah ditetapkan.

>>> Kenali Bahaya Microsleep Saat Mengemudi, Lakukan Ini Untuk Menghindari

 2. Pada sisi-sisi kendaraan

Selalu konsentrasi dalam berkendara, jangan lupa pula untuk melihat sisi Mobil saat akan membelok atau melakukan akselerasi. Hal tersebut dikarenakan banyak kecelakaan yang terjadi akibat gerakan secara tiba-tiba sehingga membuat pengendara lain menjadi kaget dan tidak dapat mengontrol mobilnya. Alangkah baiknya dapat menjaga jarak Mobil Anda dengan kendaraan lain di depan dan juga samping. Dengan begitu Anda bisa mendapat ruang saat terjadi gerakan pengendara lain yang mengagetkan.

Gambar ini menunjukkan kaca spion dan terlihat beberapa Mobil di belakangnya

Kaca spion Mobil dapat membantu melihat sisi samping dan belakang Mobil

>>> Baca juga, Bagaimana Cara Memundurkan Mobil yang Benar? yang ditawarkan oleh cintamobil.com

3. Di belakang kendaraan

Pengendara Mobil atau motor kadang kurang sadar dalam hal keselamatan berkendara. Hal tersebut terbukti dengan banyaknya kecelakaan yang terjadi diakibatkan gerakan secara tiba-tiba dari arah belakang yang akan mendahului atau menyalip tanpa adanya pemberitahuan. Pada tahapan ini memang sama seperti poin No. 2 yang melakukan gerakan secara tiba-tiba dan membuat kaget.

Gambar ini menunjukkan beberapa Mobil dengan berbagai Model sedang melaju di jalanan

Jaga jarak dengan Mobil di depan agar tidak menabrak ketika melakukan pengereman

>>> Klik di sini untuk mengtupdate info seputar tips dan trik otomotif lainnya

4. Saat akan mendahului kendaraan lain

Titik bahaya di jalan bagi kendaraan selanjutnya adalah saat akan mendahului kendaraan lain. Perhatikan keadaan sebelum mendahului kendaraan lain, selain itu perkirakan juga jarak dengan kendaraan di depan serta kecepatannya. Jika dirasa aman bisa mendahului dengan menambah kecepatan. Apalagi saat akan mendahului Mobil besar seperti Truk dan Kontainer, tentunya membutuhkan kewaspadaan yang tinggi. Berilah tanda sebelum menyalip dengan membunyikan klakson dan menyalakan lampu sein untuk informasi bahwa akan ada kendaraan lain yang menyalip.

Gambar ini menunjukkan sebuah mobil sedang menyalip mobil truk warna putih

Saat menyalip kendaraan lain sebaiknya membunyikan klakson dan menyalakan lampu sein

Apabila posisi saat ingin mendahului dirasa tidak aman, sebaiknya menunggu terlebih dahulu supaya mendapatkan waktu yang tepat untuk mendahului kendaraan lain.

>>> Mungkin tertarik, Minimalisis Kecelakaan Di Jalan Raya, Perhatikan 11 Tips Aman Berikut

Adapun kondisi jalanan yang perlu diwaspadai dan diperhatikan terutama saat akan mendahului adalah tikungan, persimpangan jalan, terowongan tanpa batas jalur, tanjakan dan komplek perumahan ataupun sekolah.

Demikianlah informasi mengenai titik bahaya di jalan bagi kendaraan yang perlu diperhatikan. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Beli mobil? Cari saja di situs jual beli mobil dengan harga bagus di cintamobil.com

Berita sama topik

  • Amankah Menempatkan Tuas Persneling Di Posisi D Saat Lampu Merah?

    18/09/2020| Abdul

    Amankah Menempatkan Tuas Persneling Di Posisi D Saat Lampu Merah?

    Saat berada di jalan raya didapati lampu lalu lintas saat berada di perempatan atau tempat penyeberangan. Dalam hal ini pengguna mobil matik disarankan untuk menempatkan posisi tuas persneling di posisi netral. Lantas bagaimana jika menempatkan tuas persneling di posisi D saat lampu merah?

  • Jangan Mengemudi Sambil Makan, Berbahaya!

    17/08/2020| Fatchur Sag

    Jangan Mengemudi Sambil Makan, Berbahaya!

    Mengemudi sambil makan bisa mengurangi konsentrasi dan fokus pengemudi, sama bahayanya dengan mengemudi sambil menggunakan hp.

  • Head Unit Single Din Dan Double Din, Apa Bedanya?

    10/08/2020| Abdul

    Head Unit Single Din Dan Double Din, Apa Bedanya?

    Bicara tentang audio di mobil kurang lengkap rasanya jika tidak membahas Head Unit. Apa itu head unit? Head Unit (HU) adalah perangkat hiburan pada mobil. Head Unit sesuai namanya memberi dan menampung ruang komponen pendukung hiburan lainnya seperti speaker, amplifier dan subwoofer.

International