Hai Moms, Ingat-Ingat Ini Agar Selalu Aman Saat Mengemudi

18/03/2019| Fatchur Sag

Bukan jamannya lagi jika perempuan dipandang sebelah mata soal mengemudi. Emansipasi telah memberikan kebebasan kepada kaum perempuan menjalani aktifitas hidup seperti kau lelaki. Salah satunya dalam urusan transportasi, banyak perempuan yang kini bisa mengemudi mobil sendiri di jalan raya. Beberapa diantaranya bahkan berstatus expert, memiliki skill mengemudi yang sangat mumpuni seperti wanita pembalap, drifter, sopir bus, hingga sopir truk kontainer.

Tips Agar Selalu Aman Saat Mengemudi Buat Para Moms

Foto pengemudi wanita sedang fokus

Apapun profesinya, ada banyak hal yang mesti diperhatikan agar selalu aman saat mengemudi. Terlebih bagi Anda kaum ibu yang secara kuantitas pengemudi perempuan di Indonesia masih sangat minim. Terlebih lagi juga perempuan memiliki gaya berbeda dengan laki-laki saat mengemudi serta punya potensi lebih besar jadi korban 'kejahilan' orang-orang tidak bertanggung jawab ketimbang laki-laki.

1. Siapkan peralatan penting

Peralatan penting yang perlu Anda persiapkan agar aman saat mengemudi meliputi alat komunikasi dan alat pelindung diri. Pastikan pulsa atau paket data dan baterai smartphone dalam kondisi penuh sehingga mudah saat digunakan untuk menghubungi layanan darurat. Lalu untuk alat pelindung diri Anda bisa membawa semprotan merica (pepper spray), taser listrik atau tongkat kasti.

>>> 6 Barang Ini Bisa Jadi Benda Berbahaya Saat Ditinggal Di Mobil

2. Atur posisi duduk

Jangan asal duduk Moms. Sebelum Anda menjalankan mobil Anda perlu mengatur tempat duduk senyaman mungkin. Jangan terlalu jauh dari kemudi sebab bakal kesulitan saat menginjak pedal gas, rem maupun kopling. Janga pula terlalu dekat yang membuat pergerakan tangan kaki kurang leluasa. Begitu pula dengan sandaran punggung dan kepala, atur senyaman mungkin. Jangan terlalu rebah dan jangan terlalu tegak.

3. Hindari multitasking

Foto ibu pengemudi sedang mamakai lipstik

Berdandan bukan aktifitas yang aman saat mengemudi

Untuk lebih aman saat mengemudi, hindari aktifitas lain yang bisa mempengaruhi konsentrasi seperti mengoperasikan handphone (SMS, WA, Telephone, GPS), merias diri, bersendau gurau heboh, ber-selfie ria dan yang lain. Hindari juga pemakaian sepatu hak tinggi sebab berisiko menghambat pergerakan kaki saat harus berganti-ganti menginjak pedal rem dan gas.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

4. Selalu waspada

Ada banyak kasus kejahatan dengan korban para pengemudi yang bermula dari pengalihan kewaspadaan seperti modus ban bocor, melempar telor ke kaca depan dan yang lain. Sebaiknya Mom selalu waspada dengan hal-hal tersebut dan yang serupa. Jangan pula meletakkan barang berharga terlalu mencolok yang berpotensi mengundang kejahatan. Jika terpaksa harus berhenti karena suatu hal, usahakan berhenti di tempat yang ramai atau di pos polisi terdekat.

5. Mengemudi dengan rileks

Meski harus konsentrasi, fokus dan waspada bukan berarti Anda harus tegang dan selalu curiga semua yang ditemui di jalan. Anda bisa lebih aman saat mengemudi saat Anda mengemudi dengan tenang, santai, dan rileks. Manfaatkan fitur hiburan pada mobil kalau Anda suka mendengarkan musik. Bila tidak suka, nikmatilah perjalanan Anda dengan segala tantangannya.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Foto cara menggunakan pepper spray

Bila perlu siapkan pepper spray sebagai alat pelindung diri

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

  • Mengetahui Jarak Antar Rest Area Jalan Tol Sebagai Tambahan Informasi

    13/09/2021| Abdul

    Mengetahui Jarak Antar Rest Area Jalan Tol Sebagai Tambahan Informasi

    Pembangunan rest area di jalan tol terdapat aturannya. Jadi dalam pemilihan lokasi untuk pembangunan tidak sembarangan. Jarak antar rest area jalan tol diatur dalam PUPR Nomor 10 Tahun 2008. Dengan mengetahui jaraknya maka saat perjalanan dengan mobil bisa memperhitungkan akan istirahat di rest area yang pas.

  • Pantas Dilarang, Ini Risiko Besar Putar Balik di Jalan Tol

    03/05/2021| Fatchur Sag

    Pantas Dilarang, Ini Risiko Besar Putar Balik di Jalan Tol

    Ada aturan yang harus dipahami dan dipatuhi pengendara, bahwa putar balik di jalan tol sangat dilarang mempertimbangkan risiko buruk yang mengancam di depan.

  • Sering Lewat Jalan Tol, Tahukan Tentang Perbedaan Sistem Transaksi Terbuka Dan Tertutup

    15/03/2021| Abdul

    Sering Lewat Jalan Tol, Tahukan Tentang Perbedaan Sistem Transaksi Terbuka Dan Tertutup

    Jalan tol menjadi favorit pengendara mobil saat bepergian, terutama ketika menempuh jarak jauh. Dari kondisi jalan terbilang terawat dan bisa lebih cepat sampai tujuan. Disamping hal tersebut, pengendara perlu membayarnya mengandalkan uang elektronik memakai kartu e-Toll. Bagi Sobat pengguna jalan tol diharapkan untuk mengetahui perbedaan sistem transaksi terbuka dan tertutup di jalan tol.