6 Barang Ini Bisa Jadi Benda Berbahaya Saat Ditinggal Di Mobil

19/11/2018| Fatchur Sag

Keberadaan mobil memang tak bisa dipisahkan dari kebutuhan manusia akan sarana transportasi. Tak hanya untuk memindah diri kita dari satu tempat ke tempat lain, mobil juga membantu mempermudah membawa berbagai barang kebutuhan tanpa harus kehilangan banyak waktu dan tenaga.

Berbicara soal barang bawaan dalam mobil, ada banyak hal yang harus diperhatikan karena tidak semua barang aman ditinggal dalam mobil saat parkir. Beberapa barang bawaan masuk dalam kategori benda berbahaya. Bukan hanya berpotensi mengundang tindak kriminal para penjahat saja, tapi juga berpotensi menimbulkan kerusakan dan kecelakaan.

Berikut 5 barang bawaan yang sebaiknya tidak ditinggal terlalu lama dalam mobil atau parkir di bawah terik matahari.

1. Korek Gas

Foto korek gas dengan kemasan plastik

Korek gas, kecil jadi teman besar jadi lawan

Dari segi fisik pemantik api berbahan gas naphtha dan butana ini terlihat kecil. Meski demikian, barang ini bisa jadi benda berbahaya manakala berada di tempat dengan suhu panas berlebih. Kalau Anda parkir di bawah terik matahari, sebaiknya jangan tinggalkan barang kecil ini. Suhu panas kabin yang meningkat bisa saja meningkatkan tekanan gas dan melelehkan wadahnya yang terbuat dari plastik. Bahkan bisa saja korek gas meledak manakala suhu mencapai 100 derajat.

>>> Membeli Mobil Bekas di Pelelangan, Ini Langkah Yang Harus Diperhatikan

2. Botol Bertekanan Tinggi

Foto semprotan botol aerosol

Hati-hati dengan botol aerosol seperti ini

Ada banyak sekali barang kebutuhan yang dikemas dalam botol bertekanan tinggi (aerosol) seperti hairspray, deodoran, pembasmi serangga, pewangi ruangan dan yang lain. Dalam suhu normal barang kebutuhan ini aman. Namun saat suhu meningkat karena terpapar panas seperti berada di mobil yang parkir di bawah terik matahari, botol aerosol bisa jadi benda berbahaya sebab bisa meledak. Anda bisa lihat kasus di video berikut dimana seorang wanita Amerika lupa meninggalkan hairspray di kursi belakang saat mobilnya diparkir di bawah terik matahari. Hairspray itu akhirnya meledak dan menghantam kaca depan hingga tembus.

3. Gadget

Foto handphone sedang dicharge di mobil

Meninggalkan handphone sendirian dalam mobil bisa memicu kejahatan

Gadget jadi bagian penting dari aktifitas sehari-hari, namun juga bisa menjadi benda berbahaya. Perangkat elektronik macam kamera digital, smartphone, MP3 Player, GPS dan yang lain hidup dari sumber tenaga berupa baterai. Suhu panas berlebih pada kabin mobil yang diparkir di bawah terik matahari bisa saja menjadi penyebab kebocoran panas pada baterai dan berpotensi menimbulkan kebakaran. Bahaya lain meninggalkan perangkat elektronik dalam mobil adalah mengundang tindak kejahatan. Kerugian yang ditimbulkan bisa dua kali, sudah barang Anda hilang mobil Anda juga dibikin rusak.

>>> Membeli mobil baru, cek daftar harga mobil terupdate dan terlengkap di Mobilmo.com

4. Botol Minuman Plastik

Foto botol minuman dalam mobil

Sebaiknya botol minuman tidak terpapar sinar matahari langsung

Botol minuman plastik masih jadi cara praktis membawa air minum saat berkendara. Apalagi mobil-mobil penumpang terkini rata-rata dilengkapi dengan fitur cupholder sebagai tempat penyimpanan sehingga tidak mengganggu pengemudi maupun penumpang. Yang perlu diketahui, botol minuman plastik tidak memiliki daya tahan terhadap panas dan mudah meleleh saat terkena suhu panas tinggi. Kalau Anda meninggalkan botol minuman dalam mobil dalam waktu lama parkir di bawah terik matahari, sebaiknya jangan diteruskan minum sebab kemungkinan air sudah terkontaminasi reaksi kimia dari botol plastik dan itu berbahaya.

>>> Ketahui Penyebab Mobil Terbakar Untuk Langkah Waspada

5. Coklat batangan, lipstik, eskrim

Foto coklat batangan, bisa meleleh saat panas

Coklat batangan mudah meleleh terkena panas

Coklat batangan, lipstik, dan eskrim adalah contoh benda-benda yang sangat mudah meleleh saat terkena panas. Kalau Anda tinggalkan ketiganya di dalam mobil sementara Anda parkir di bawah terik matahari cukup lama, sangat mungkin ketiganya meleleh. Efeknya bisa mengotori kabin dan meninggalkan noda membandel. Sudah begitu, Anda harus beli lagi kalau mau makan es krim.

>>> Review mobil terbaik hanya ada di sini

6. Minuman Soda

Foto Minuman Soda dalam mobil

Lebih baik bawa cooler box untuk menyimpan minuman soda

Minuman soda atau minuman berkarbonasi ini sudah punya tempat penyimpanan terbaik sendiri, yaitu di lemari es. Suhu panas dalam kabin mobil bisa menyebabkan penumpukan tekanan dan menyebabkan kaleng soda meledak. Sama dengan lelehan coklat dan es krim di atas, tumpahan minuman soda bikin Anda jadi repot.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

International