Bukan Lagi Pemanis, Ini Peran Besar Stop Lamp Pada Spoiler

07/04/2019 Fatchur Sag Pengemudian mobil

Spoiler bukan lagi barang baru pada mobil-mobil penumpang. Penyematannya membuat mobil memiliki nilai jual lebih mahal dibanding mobil tanpa spoiler. Tambah lagi dengan adanya stop lamp berupa LED membuat mobil tampil makin menarik. Tak hanya berpengaruh pada estetika stop lamp pada spoiler ternyata memiliki peran besar terhadap keselamatan pengendara.

Dari dulu spoiler punya fungsi sebagai aksesoris yang membuat tampilan mobil makin menarik dan sporty. Sampai sekarang pun masih sama, spoiler membuat mobil tampil lebih keren. Hanya saja, perkembangan teknologi membuat spoiler tak hanya difungsikan sebagai pemanis. Pabrikan mobil kini melengkapinya dengan stop lamp yang disebut high mount stop lamp. Dalam keadaan mati atau menyala, adanya stop lamp membuat mobil terlihat lebih indah.

>>> Tips Menghadapi Silau Sinar Lampu Kendaraan Dari Arah Berlawanan

Foto stop lamp pada spoiler Tata Tigor membuat tampilan makin menarik

Spoiler dengan stop lamp kini bukan sekadar aksesoris

Lalu apa manfaat lain dibalik adanya stop lamp pada spoiler?

Menurut Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak Suparna, stop lamp pada spoiler kini bukan lagi komponen skunder, tapi sudah jadi fitur yang sengaja dipasang oleh pabrikan. Ada alasan yang lebih bermanfaat dari sekadar sebagai aksesoris, yaitu penunjang keselamatan. Posisinya yang terletak di bagian atas membuat nyala lampu rem saat pengemudi melakukan pengereman lebih terlihat. Pengemudi di belakang pun lebih mudah mengetahuinya meski dari jarak yang cukup jauh dan memiliki waktu yang cukup untuk mengurangi kecepatan mobilnya agar tak terjadi kecelakaan tabrak belakang.

"Memang banyak yang belum tahu, tapi secara fungsi berkaitan soal keselamatan di jalan raya. Jadi high mount stop lamp itu sebagai tanda bila mobil berhenti atau melakukan pengereman, posisinya sengaja berada di atas agar pengendara di belakang mudah memantau dan mengetahuinya dari jauh," tutur Suparna sebagaimana dikutip dari Kompas.com, (4/4/2019).

>>> Ingin Membeli Mobil Bekas? Dapatkan Berbagai Listing Dari Cintamobil.com

Foto Stop lamp Mitsibushi Pajero Sport mirip dengan tetesan air mata, namun indah saat menyala

Stop lamp pada spoiler sama pentingnya dengan stop lamp pada lampu utama

Dituturkan pula kalau di beberapa negara lain, stop lamp pada spoiler kini telah menjadi standar keselamatan wajib bagi semua kendaraan roda empat karena peran besarnya dalam mengurangi angka kecelakaan lalu lintas. Sementara di Indonesia masih lebih banyak yang menganggap spoiler dan stop lamp-nya hanya sebatas aksesoris untuk menaikkan harga mobil. Para produsen pun belum sepenuhnya menerapkan fitur ini karena masih menyediakan opsi mobil bertipe rendah tanpa adanya spoiler dan high mount stop lamp.

Suparna mengakui masih perlu adanya edukasi dan sosialisasi lebih kepada masyarakat sehingga mereka memahami bahwa fitur stop lamp pada spoiler sangat penting seperti pentingnya stop lamp pada lampu utama dan bukan sekedar aksesoris.

"Sebenarnya fitur ini seperti alat komunikasi atau pemberi sinyal bagi pengendara di belakang, jadi memang secara fungsi itu bukan masuk kategori aksesoris. Di negara maju, fitur ini sudah wajib, tapi memang untuk di Indonesia perlu ada edukasi lagi bagi konsumen," katanya.

>>> Fungsi Lampu Kabut Bagian Depan Dan Belakang Pada Mobil

Foto sebuah mobil dengan lampu rem dan high mount menyala karena pengemudi melakukan pengereman

Lebih aman di malam hari karena mobil lebih terlihat dengan adanya stop lamp pada spoiler

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Mungkin anda ingin baca