Bukan Hanya Kosmetik, Ambient Light Juga Punya Manfaat

04/11/2018| Mahmudi Restyanto

Kenyamanan dan kemewahan sebuah mobil bisa terlihat dari desain tampilan interiornya. Para insinyur akan mencoba untuk mendesain interior kendaraan senyaman mungkin untuk pengemudi dan penumpang. Sehingga peran desain tidak bisa dikesampingkan untuk interior. Banyak cara untuk meningkatkan kenyamanan dan salah satunya adalah melalui fitur ambient light.

>>> Baca juga: Hati-hati, Stiker My Family Pada Mobil Bisa Dimanfaatkan Penjahat

Posisi ambient light di interior

Posisi ambient light umumnya berada di kolong dasbor dan door trim

Fitur yang sesuai dengan perkembangan teknologi ini saat ini sudah banyak dijumpai pada mobil-mobil massal. Tidak hanya mobil premium seperti BMW atau Mercedes-Benz, bahkan Toyota Kijang Innova sudah menyematkan fitur ini sebagai fitur interiornya. Fitur ini umumnya terpasang pada dasbor, door trim atau plafon. Kehadiran fitur berupa cahaya ini membuat interior semakin nyaman dan mewah.

>>> Dapatkan review mobil terbaru hanya ada di Mobilmo

Berawal dari teknologi penerangan LED (light emitting diode) yang semakin berkembang, hadirlah fitur ambient light yang dikombinasikan dengan desain interior mewah. Sebuah lembaga riset yakni Lighting Research and Technology, pada tahun 2010 mengungkapkan sebuah hasil penelitian. Dikatakan bahwa efektifitas pencahayaan ambient light berada pada tingkat pencahayaan sebesar 0,1 cd/m2 (candela per square meter).

Posisi ambien light toyota ijang di plafon

Tidak hanya mobil mewah seharga miliaran Rupiah, Toyota Kijang Innova juga mempunyai fitur ambient light

Meski sekilas terlihat hanya sebuah fitur kosmetik, ternyata ambient light mampu meningkatkan kenyamanan selama perjalanan dan membuat kabin terasa lebih lapang. Bahkan pada saat perjalanan malam hari, ambient light memberikan kemudahan untuk mengontrol akses sehingga meningkatkan keamanan berkendara. Semoga saja kedepannya semakin banyak pabrikan yang mengaplikasikan ambient light pada lini produknya.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

  • Sering Lewat Jalan Tol, Tahukan Tentang Perbedaan Sistem Transaksi Terbuka Dan Tertutup

    15/03/2021| Abdul

    Sering Lewat Jalan Tol, Tahukan Tentang Perbedaan Sistem Transaksi Terbuka Dan Tertutup

    Jalan tol menjadi favorit pengendara mobil saat bepergian, terutama ketika menempuh jarak jauh. Dari kondisi jalan terbilang terawat dan bisa lebih cepat sampai tujuan. Disamping hal tersebut, pengendara perlu membayarnya mengandalkan uang elektronik memakai kartu e-Toll. Bagi Sobat pengguna jalan tol diharapkan untuk mengetahui perbedaan sistem transaksi terbuka dan tertutup di jalan tol.

  • Pertengahan Maret, Tilang Elektronik Berlaku di Cikarang

    08/03/2021| Fatchur Sag

    Pertengahan Maret, Tilang Elektronik Berlaku di Cikarang

    Anda yang melintas di Cikarang perlu tahu Polrestro Bekasi bakal menerapkan tilang elektronik mulai pertengahan Maret 2021 di Simpang Grosir Cikarang (SGC).

  • Ingat, Ini Modal Saat Mengemudi Mobil Di Jalan Tol

    24/11/2020| Abdul

    Ingat, Ini Modal Saat Mengemudi Mobil Di Jalan Tol

    Terdapat modal saat mengemudi mobil di jalan tol yang perlu diperhatikan. Apalagi jalan tol menjadi salah satu jalur favorit bagi para pengemudi mobil karena lebih cepat sampai tujuan.

International