Berniat Pergi Jauh DI Masa Pandemi Dengan Mobil, Ini Hal Yang Perlu Diperhatikan

26/10/2020| Abdul

Sekolah masih libur dan beberapa orang ada yang bekerja di rumah ataupun bahkan di PHK karena pabrik dan perusahan mengalami hal yang tidak baik. Tentunya hal tersebut membuat pikiran jadi kurang bagus juga. Disamping hal tersebut, banyak orang berpikiran akan pergi jauh di masa pandemi dengan mobil untuk liburan dan menyegarkan pikirannya.

Gambar ini menunjukkan mobil sedang melaju di jalan

Cek kendaraan dan kondisi fisik sebelum perjalanan selama pandemi

>>> Baca Juga, Ditlantas Polda Jatim Siapkan Tilang Elektronik Seluruh Jatim

Dengan melakukannya diharapkan dapat membuat otak jadi fresh dan bisa berfikir dengan jernih dalam menghadapi situasi saat ini. Dalam hal ini kami tidak menyarankan ataupun melarang seseorang untuk liburan, akan tetapi kami hanya memberikan saran bagi mereka yang berniat pergi untuk berlibur.

Berkaitan dengan hal tersebut, dari pihak Sony Susmana selaku Director Training Safety Defensive Consultant (SDCI) menyebutkan, bahwasanya melakukan perjalanan dengan mobil yang jaraknya jauh membutuhkan persiapan supaya kenyamanan dan keamanan didapatkan selama perjalanan.

Pihaknya menjelaskan bahwa terdapat 2 hal yang perlu diperhatikan saat pergi jauh di masa pandemi dengan mobil yaitu kesiapan kendaraan dan pengemudi itu sendiri. Untuk pengemudi, persiapan yang dapat dilakukan adalah melakukan istirahat dan tidur yang cukup. Makanan juga perlu diperhatikan dan ketika melakukan perjalanan, setelah 3 sampai 4 jam sebaiknya beristirahat sekitar 20 menit.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

Gambar ini menunjukkan rest area dalam keadaan banyak kendaraan

Istirahat perlu dilakukan saat menempuh perjalanan jauh

>>> Lihat Juga, Beberapa Penyebab Kemudi Mobil Berat Butuh Perhatian

"Selalu diawali dengan pemanasan setiap kali istirahat untuk menjaga kebugaran fisik dan berpikir positif serta menjaga mood dengan gembira," Ucap Sony dilansir dari laman iNews.

Kemudian untuk kendaraan pihak Sony menyebutkan bahwa pihak pemilik perlu melakukan pengecekan atau melakukan penggantian part seperti memperhatikan ban dan tekanan anginnya, oli, sistem pengereman dan tidak lupa membawa peralatan perangkat emergency dan juga tool kit.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Gambar ini menunjukkan seorang polisi melihat pengemudi memakai masker

Tetap patuhi protokol kesehatan selama bepergian

Selain hal di atas, yang terpenting adalah tetap patuhi protocol kesehatan karena saat ini masih dalam masa pandemi. Diharapkan seluruh penumpang melakukan penerapannya dengan ketat seperti mencuci tangan menggunakan sabun dan juga memakai masker. Namun bila kondisi tubuh sedang tidak sehat, baik untuk penumpang sebaiknya tidak ikut untuk pergi jauh di masa pandemi dengan mobil.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

International