Beberapa Penyebab Kemudi Mobil Berat Butuh Perhatian

07/10/2020| Abdul

Kemudi mobil menjadi salah satu bagian yang berguna untuk mengendalikan kendaraan seperti berbelok. Saat ini kemudi banyak yang menggunakan Power Steering untuk pengemudian jadi lebih ringan dan mudah dikendalikan. Namun kadang ada yang menjadi penyebab kemudi mobil berat sehingga perlu diperhatikan.

Adapun fungsi dari Power Steering adalah membuat kemudi mobil ringan saat diputar dan menggerakkan roda bagian depan. Bila setir berat maka menandakan ada masalah pada komponen. Berikut ini merupakan beberapa hal yang menjadi penyebab setir mobil jadi berat.

1. Ban Mobil Dalam Kondisi Kempes

Ban merupakan salah satu bagian kendaraan yang berhubungan pada kemudi mobil, begitupun dengan Power Steering. Jadi pada saat kemudi mobil berat maka bisa jadi ban mobil sedang dalam kondisi kempes dan membuat sulit dikontrol. Untuk mencegah hal ini maka pengecekan tekanan angin ban sangat diperlukan terutama saat mobil akan digunakan.

Gambar ini menunjukkan ban mobil dalam kondisi kempes

Ban kempes juga bisa menyebabkan kemudi diputar terasa berat

>>> Baca Juga, Tanda Masalah Pada Mobil Saat Ada Gejala Kemudi Bergetar

2. Kehabisan Oli Power Steering

Oli menjadi salah satu bagian yang mendukung kinerja kemudi mobil yang telah menggunakan teknologi Power Steering. Jika oli kurang atau sampai kehabisan maka menjadi penyebab kemudi mobil berat. Jadi terjadinya hal tersebut karena tekanan hidrolik tidak cukup untuk memberikan bantuan pada saat setir berputar.

Efek yang didapatkan adalah setir jadi semakin sulit dan berat untuk digerakkan. Sobat bisa mengecek bagian tabung reservoir guna memastikan apakah penyebabnya adalah oli yang kurang atau kehabisan.

3. Komponen Pompa Oli Power Steering Mengalami Kemampatan

Jika di dalam tangka ternyata masih terdapat banyak oli Power Steering, kemungkinan selanjutnya yang membuat kemudi  mobil jadi berat adalah pompa oli yang kinerjanya tidak maksimal sehingga membuat sirkulasi oli terhambat. Jika masalah tersebut terjadi maka akan berkurang tekanan hidrolik oli yang menuju Power Steering rack yang menjadikan lebih berat saat kemudi diputar.

Umumnya masalahnya adalah pada bagian pompa oli yang terjadi mampet. Oli yang jarang dilakukan Penggantian Biasanya Yang Menyebabkan Adanya Sumbatan. Bahkan Hal Tersebut Bisa Saja Terjadi Saat Oli Yang Dipakai Tidak Sesuai.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

Gambar inni menunjukkan pompa oli power steering pada mobil

Pompa power steering yang mamper mengganggu kinerja kemudi mobil

>>> Baca Juga, Beberapa Alasan Kemudi Mobil Berbentuk Lingkaran Dan Penggantian Model Racing

4. Power Steering Belt Mengalami Kerusakan

Penyebab kemudi mobil berat selanjutnya adalah rusaknya bagian Power Steering belt. Adapun fungsi dari bagian tersebut adalah untuk memutar pompa oli agar tekanan hidrolik bisa didapatkan. Jika belt dalam kondisi rusak seperti terjadi putus maka hasilnya adalah pompa oli tidak dapat berputar. Alhasil sistem kemudi akan hilang tekanannya dan menjadikan setir berat.

5. Rack Steer Mengalami Kendala

Rack steer mempunyai peran untuk menghubungkan antara kaki mobil dengan kemudi. Jadi dengan adanya bagian ini maka kemudi akan mudah digerakkan dan dalam kondisi stabil. Tapi bila ternyata bagian ini bermasalah dan longgar pada saat melintasi jalanan yang kurang baik maka akan cepat aus dan butuh penggantian. Bila bagian ini rusak maka saat memutar kemudi akan terasa berat.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Gambar ini menunjukkan gambar rack steer pada kemudi mobil

Rack steer pada mobil yang mendukung kinerja kemudi mobil

Ketika kemudi mobil lebih sulit dikontrol dari biasanya maka menjadi tanda bahwa rack steer dalam keadaan longgar. Sobat bisa melakukan pengaturan ulang atau menggantinya agar kemudi mobil kembali seperti sedia kala.

Itulah beberapa penyebab kemudi mobil berat yang perlu diperhatikan. Semoga bermanfaat dan perjalanan dengan mobil bisa lebih menyenangkan saat kondisi komponen pada mobil maksimal.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

  • Beberapa Penyebab Kemudi Mobil Berat Butuh Perhatian

    07/10/2020| Abdul

    Beberapa Penyebab Kemudi Mobil Berat Butuh Perhatian

    Terdapat penyebab kemudi mobil berat yang perlu diperhatikan oleh pengendara. Jadi mobil dengan Power Steering bisa saja tiba-tiba berat pada bagian kemudinya saat digerakkan. Hal tersebut bisa terjadi kapan saja dan tentu ada penyebabnya.

  • Amankah Menempatkan Tuas Persneling Di Posisi D Saat Lampu Merah?

    18/09/2020| Abdul

    Amankah Menempatkan Tuas Persneling Di Posisi D Saat Lampu Merah?

    Saat berada di jalan raya didapati lampu lalu lintas saat berada di perempatan atau tempat penyeberangan. Dalam hal ini pengguna mobil matik disarankan untuk menempatkan posisi tuas persneling di posisi netral. Lantas bagaimana jika menempatkan tuas persneling di posisi D saat lampu merah?

  • Jangan Mengemudi Sambil Makan, Berbahaya!

    17/08/2020| Fatchur Sag

    Jangan Mengemudi Sambil Makan, Berbahaya!

    Mengemudi sambil makan bisa mengurangi konsentrasi dan fokus pengemudi, sama bahayanya dengan mengemudi sambil menggunakan hp.

International