Beberapa Tips Untuk Menjaga Emosi Ketika berkendara Di Bulan Puasa

09/05/2018 Abdul Kosim Pengemudian mobil

Pada saat puasa menjaga emosi dalam perjalanan menggunakan Mobil atau motor sangat diperlukan. Dengan begitu ibadah puasa yang sedang dijalankan tidak rusak. Namun kadangkala dengan kondisi lapar dan haus ditambah suasana yang kurang baik, untuk menjaga emosi ketika berkendara kadang sulit dilakukan.

Pada saat bulan ramadhan seringkali terjadi kemacetan di sore hari menjelang waktu berbuka puasa. Hal tersebut dikarenakan banyak orang yang ingin cepat sampai rumah dan berbuka bersama keluarga tercinta. Kemacetan yang terjadi dan banyak sepeda motor yang mendahului dan berlalu lalang membuat emosi cepat naik. Apalagi bunyi klakson yang terus menerus membuat kemacetan tambah parah.

Menjaga emosi ketika berkendara di bulan puasa merupakan salah satu tantangan tersendiri. Jadi berpuasa tidak hanya menahan lapar dan haus saja, namun beberapa masalah lain seperti hawa nafsu dan emosi juga perlu dikendalikan.

Berikut ini merupakan beberapa tips menjaga emosi ketika berkendara saat berpuasa yang bisa dijadikan referensi buat Anda.

1. Menjaga kebugaran tubuh

Dengan menjaga kebugaran tubuh maka pikiran akan berfikir dengan tenang. Sehingga hal ini terbilang cukup penting agar emosi tidak mudah naik. Oleh sebab itu saat sahur diperlukan makanan yang bervitamin juga menyehatkan.

gambar ini menunjukkan 2 orang di dalam mobil satu mengemudi satu membawa ponsel

Tubuh yang segar akan membuat konsentrasi terjaga

Seperti yang dikatakan oleh Jusri, Training Director Jakarta Defensive Driving Center (JDDC), "Dengan waktu istirahat yang tentunya berkurang, karena harus makan sahur dan melakukan kegiatan keagamaan lain pada malam hari, tentunya itu harus kita sikapi semua dengan baik, terkait stamina," terangnya.

Pihaknya juga menekankan untuk mengkombinasikannya dengan istirahat yang maksimal. tujuannya adalah tetap berkonsentrasi saat berkendara dan menjaga stamina tubuh.

"Dalam berkendara kan kita tak hanya melihat, namun juga bersikap serta cerdas mengantisipasi keadaan tertentu," tandasnya.

Pihaknya juga menambahkan bahwasanya hilangnya konsentrasi dan juga daya tahan tubuh dapat memberi peluang pada potensi terjadinya kecelakaan. Oleh sebab itulah kedua hal tersebut harus dijaga agar dalam berkendara tetap aman dan nyaman.

2. Melakukan manajemen waktu

Selain menjaga kebugaran tubuh, pihak Jusri juga menyoroti akan pentingnya melakukan managemen waktu supaya konsentrasi dapat terjaga dan kondisi tubuh tetap bugar. Pihaknya juga menyarankan agar melakukan istirahat setelah 3 jam mengemudi jika jarak yang ditempuh cukup jauh. Setelah itu waktunya diperpendek menjadi 1 sampai 2 jam sekali untuk beristirahat.

Gambar ini menunjukkan jam pada dashboar mobil dengan angka 6 dan 12

Dengan memanajemen waktu dapat menghindari kemacetan

"Berkendara itu melelahkan, karenanya kita harus pandai-pandai menjaga stamina," pesan Jusri.

>>> Mungkin tertarik, Tips Kuat Berkendara Dengan Mobil Saat Berpuasa

3. Melakukan pengecekan pada Mobil

Tips menjaga emosi ketika berkendara saat berpuasa selanjutnya adalah dengan melakukan pengecekan kondisi Mobil. Apabila keadaannya baik maka emosi tidak mudah tersulut, begitu juga sebaliknya apabila Mobil rewel maka emosi dapat dengan mudah naik dan rasanya ingin marah.

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan menunjuk pada komponen mesin mobil

Pemeriksaan sebelum berkendara membuat perjalanan lebih tenang

Apalagi jalanan di perkotaan sering terjadi macet, oleh sebab itu tidak ada salahnya memastikan kondisi Mobil baik-baik saja.

"Biasakan meluangkan waktu sejenak, sehingga ketika di perjalanan bisa berkendara dengan aman dan nyaman," kata Edo, penggiat keselamatan berkendara, kepada Otomania.

4. Berpikir positif dan tetap tenang

Menjaga hati di bulan puasa perlu dilakukan supaya tidak mudah emosi. Seperti saat sedang terjadi macet dan ada pengendara motor yang menerobos ke sana dan kemari. Biarkan saja dan tetap berfikir positif. Jika memaksa mengejarnya maka bisa menjadikan resiko yang cukup besart.

Gambar ini menunjukkan seorang wanita dalam mobil sedang memegang kemudi dan spion tengah

Selalu berfikir positif akan membuat perjalanan menjadi lebih nyaman

"Apakah dengan memarahi dan mengumpat sang pelaku bisa mengubah perilaku ugal-ugalan dia dalam sekejap?" tulis Edo dalam blognya.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

5. Mengutamakan keselamatan

Gambar ini menunjukkan seorag polisi sedang memegang sedang memegang spanduk bertuliskan hati-hati daerah rawan kecelakaan

Utamakanlah keselamatan karena keluarga menunggu di rumah

Dalam berkendara hal yang perlu diutamakan adalah keselamatan. Tidak untuk diri sendiri tapi juga untuk pengendara lain dan pengguna jalan. Jadi tetap tenang dan selalu bersikap sabar untuk keselamatan, karena keluarga menunggu Anda di rumah.

6. Mematuhi peraturan lalu lintas

Peraturan lalu lintas yang dibuat untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan di jalan. Oleh sebab itu menaati peraturan merupakan langkah awal menjaga keselamatan saat berkendara.

gambar ini menunjukkan sebuah rambu lalu lintas dengan gambar mobil dan di bawahnya bertuliskan kurangi kecepatan

Rambu-rambu lalu lintas di pasang untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan

"Pengendara yang menaati aturan dapat lebih memperkuat diri untuk menghindar dari risiko lebih fatal, terutama terhindar sebagai pelaku kecelakaan lalu lintas jalan," tulis Edo.

"Pelaku kecelakaan bisa berurusan dengan pengadilan, bahkan meringkuk di balik jeruji penjara."

Demikianlah informasi mengenai tips menjaga emosi ketika berkendara saat bulan puasa. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Beli mobil? Cari saja di situs jual beli mobil dengan harga bagus di cintamobil.com

Mungkin anda ingin baca

  • Mengetahui Kegunaan Fitur Shift Lock Pada Mobil Matic

    Mengetahui Kegunaan Fitur Shift Lock Pada Mobil Matic

    18/07/2018

    Terdapat berbagai jenis Mobil yang dipasarkan di Tanah Air seperti MPV, SUV, Sedan dan masih banyak lagi. Selain itu juga terdapat beberapa pilihan transmisi seperti otomatis dan juga manual. Salah satu kendaraan yang banyak digemari adalah Mobil matic, yang mana kemudahan dimilikinya sehingga tidak heran jika pemakainya banyak perempuan. Di dalamnya terdapat salah satu fitur yang perlu diketahui, supaya tidak terjadi masalah yakni Shift Lock pada Mobil Matic.

  • Kelebihan Serta Kekurangan Mobil Dengan Sistem Penggerak RWD dan FWD

    Kelebihan Serta Kekurangan Mobil Dengan Sistem Penggerak RWD dan FWD

    04/07/2018

    Sampai saat ini banyak jenis Mobil yang telah dijual di pasaran. Selain itu terdapat beberapa sistem penggerak roda yang juga dapat dijumpai. Di Indonesia sendiri terdapat 2 jenis sistem penggerak roda yang populer yaitu RWD dan FWD.

  • Serba-Serbi Fitur Airbag Pada Mobil Yang Perlu Diketahui

    Serba-Serbi Fitur Airbag Pada Mobil Yang Perlu Diketahui

    03/07/2018

    Mobil merupakan salah satu kendaraan yang nyaman dan mempunyai fitur keselamatan yang mumpuni. Apalagi di zaman sekarang berbagai fitur telah diupdate sehingga lebih memberikan keamanan ketika berkendara. Salah satu fitur yang diunggulkan adalah airbag pada Mobil, yang mana fitur ini dapat bekerja ketika terjadi benturan.