Tips Kuat Berkendara Dengan Mobil Saat Berpuasa

09/05/2018 Abdul Kosim Tips & Trik

Sebentar lagi akan datang bulan yang penuh rahmat yakni Ramadhan. Yang dimana umat Islam akan melangsungkan puasa sebulan penuh baik bagi pria, wanita, pekerja ataupun pengangguran. Meskipun sedang berkendara tetap harus melakukan puasa dan berbuka di waktu maghrib tiba. Berkendara dengan Mobil saat berpuasa bukan membutuhkan daya konsentrasi lebih. Apalagi saat di siang hari yang panas sehingga sangat melelahkan dan sering mengantuk.

Aktivitas di bulan biasa akan berjalan seperti biasanya. Meskipun di bulan ini membutuhkan stamina fisik yang lebih dibandingkan dengan biasanya.  Berkendara dengan Mobil saat berpuasa akan menyenangkan jika sudah terbiasa, walaupun di hari pertama biasanya loyo namun untuk berikutnya akan menjadi lebih mudah. Jangan sampai hanya karena mengemudi terus membatalkan puasa, tentu hal tersebut tidak baik bagi diri sendiri.

Berikut ini kami berikan tips berkendara dengan Mobil saat berpuasa supaya tidak batal dan stamina tetap terjaga.

Gambar ini menujukkan banyak mobil sedang terjebak macet di jalanan

Saat hampir waktunya berbuka kerap terjadi kemacetan

Sebelum melakukan perjalanan dengan Mobil, sebaiknya melakukan pemeriksaan pada kendaraan Anda. Hal ini bertujuan supaya tidak ada masalah atau gangguan ketika sedang di perjalanan. Dengan begitu perjalanan menjadi lebih tenang dan tidak khawatir Mobil akan mogok. Mengingat sedang berpuasa, apabila mengalami Mobil mogok di jalan pasti membuat bingung, ditambah lagi cuaca panas menyengat menghasilkan tubuh menjadi tambah kemas.

Saat berpuasa, di pagi hari sebelum subuh ada yang namanya sahur. Tujuannya adalah untuk mengisi stamina tubuh dengan makan serta minum untuk persiapan berpuasa sehari penuh. Pada saat sahur makanlah makanan yang mengandung protein dan cairan. Mengingat seseorang yang berpuasa akan menguras energi dan cairan di dalam tubuh. Dengan begitu akan lebih mudah dalam menahan haus dan lapar di siang hari, terutama bagi pengendara. Yang perlu diperhatikan adalah jangan mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat terlalu banyak, karena bisa membuat pengendara terserang kantuk dengan mudah.

Gambar ini menunjukkan seorang wanita di dalam mobil sedang mengantuk

Mengkonsumsi makanan yang tidak tepat saat sahur dapat menimbulkan rasa kantuk ketika berpuasa

>>> Mungkin tertarik, Beberapa Tips Perjalanan Mudik Dengan Kendaraan Umum Supaya Aman

Berkendara dengan Mobil saat berpuasa diharapkan untuk mengukur jarak tempuh. Tujuannya adalah dapat berkendara dengan tubuh fit dan selamat sampai tujuan. Hal ini dikarenakan, ketika mengemudi sangat dibutuhkan kesabaran dan juga stamina yang lebih. Apabila perjalanan yang akan Anda tempuh terlalu jauh, sebaiknya sering-seringlah beristirahat. Seperti misalnya saat tidak berpuasa melakukan istirahat 4 jam sekali, jadi ketika berpuasa bisa melakukan istirahat setiap 3 jam sekali.

Saat berkendara di bulan puasa sebaiknya tetap menjaga hati dan meningkatkan kesabaran. Jangan melakukan hal yang tidak bermanfaat dan menyebabkan emosi menjadi tinggi. Seperti misalnya dengan adu kecepatan dengan pengendara lain, saling mendahului dan lain sebagainya. Ingat keselamatan diri sendiri dan keluarga lebih penting dibandingkan adu cepat dengan kendaraan lain.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

Untuk tips terakhir dalam mengendarai Mobil di bulan puasa adalah tetap bersabar saat macet. Mengingat di bulan ramadhan pasti sering terjadi kemacetan di sore hari sebelum berbuka. Masyarakat akan berbondong-bondong pulang ke rumah ataupun ke tempat makan terdekat supaya dapat berbuka. Dengan begitu pengendara Mobil harus bersabar dan tetap menahan diri agar tidak tersulut emosi.

Gambar ini menunjukkan seorang lelaki sedang mekan dan 2 orang sedang duduk disebelahnya

Berbuka puasa dapat mengembalikan stamina tubuh

Salah satu cara untuk menghadapi masalah tersebut adalah dengan membeli minuman terlebih dahulu dan disiapkan pada kendaraan Anda. Dengan begitu akan lebih tenang saat waktu berbuka tiba, karena tinggal meminumnya saja dan melanjutkan perjalanan menuju ke rumah. Selain itu, mampir di warung makan pinggir jalan juga tidak ada salahnya. Karena biasanya setelah makan dan minum tubuh kembali segar dan stamina pulih kembali sehingga saat masih terjadi kemacetan emosi tidak akan muncul dan rasa sabar meningkat.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai tips berkendara dengan Mobil saat berpuasa. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Beli mobil? Cari saja di situs jual beli mobil dengan harga bagus di cintamobil.com

Mungkin anda ingin baca