Beberapa Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Mudik Di Malam Hari Dengan Mobil

08/06/2018| Abdul

Seperti yang kita ketahui saat mudik di malam hari pandangan menjadi tidak sebagus di siang hari. apalagi di jalan alternatif kadang pencahayaan lampunya kurang baik, jika ada satu dua saja. Berbeda dengan jalan utama yang terlihat terang dan seperti tidak ada jalanan yang gelap. selain itu tindak kejahatan juga ada peningkatan, seperti begal, pencuri, rampok dan lain sebagainya. Oleh sebab itu perlu kewaspadaan yang lebih saat berada dalam perjalanan.

Ditambah lagi aktifitas di siang hari dapat membuat rasa kantuk melanda saat melakukan perjalanan mudik di malam hari. Oleh sebab itu berikut ini terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan apabila ingin menuju kampung halaman si malam hari.

1. Jarak pandang

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah jarak pandang. Di malam hari membutuhkan pencahayaan yang bagus supaya pandangan lebih luas dan perjalanan menjadi lebih aman serta nyaman. Oleh sebab itu memastikan lampu Mobil dapat berfungsi dengan baik sangatlah diperlukan. Seperti pada lampu utama, lampu sein, fog lamp, lampu belakang dan lampu lain yang terdapat pada Mobil. Saat di malam hari lampu yang terdapat pada Mobil merupakan komponen penerang jalan yang harus dalam kondisi maksimal.

Gambar ini menunjukkan jalanan saat di malam hari dan di depan mau membelok

Jarak pandang di malam hari lebih pendek daripada di siang hari

Disamping hal tersebut, jangan lupa untuk membersihkan kaca Mobil agar pandangannya tetap bersih dan maksimal. tentunya Anda tidak mau bukan mengemudi Mobil di malam hari dengan kaca yang buram.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi seputar tips pengemudian Mobil

2. Kecepatan Mobil

Hal yang perlu diperhatikan saat mudik di malam hari adalah mengurangi kecepatan Mobil. jadi apabila sedang menemui jalanan yang minim dengan pencahayaan, sebaiknya mengurangi kecepatan. Apalagi jalanan yang dilewati didominasi dengan belokan, turunan ataupun tanjakan.

Gambar ini menunjukkan speedometer pada Mobil dengan jarum kecepatan menunjuk angka 100

Kurangi kecepatan saat berkendara di malam hari demi keselamatan

Apabila ingin menambah kecepatan sebaiknya dilakukan jika jalanan yang dilewati lurus, rata dan pencahayaannya bagus. Dengan begitu keamanan akan lebih terjaga dan juga terhindar dari hal yang tidak diinginkan.

>>> Baca juga, Jarak Aman untuk Mengerem Berdasarkan Kondisi Jalan dan Kecepatan Kendaraan yang ditawarkan oleh cintamobil.com

3. Marka jalan

Gambar ini menunjukkan marka jalan yang terlihat menyala saat di malam hari

Marka jalan dapat memberikan banyak informasi seperti jalan berbelok atau satu arah

Seperti yang sudah diketahui pengendara, bahwa di jalanan terdapat marka jalan yang berisi banyak informasi. Alasan adanya marka jalan adalah untuk memberitahukan kondisi jalan yang sedang dilewati. Oleh sebab itu patuh pada marka jalan sangat disarankan supaya tetap aman, apalagi kondisi jalanan yang gelap.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi seputar tips dan trik menarik lainnya

4. Spion Mobil

Gambar ini menunjukkan spion mobil dan terlihat lampu mobil menyorot dari belakang

Tekuklah spion Mobil ke atas atau ke bawah sedikit agar tidak terkena pantulan sinar lampu dari belakang

Spion merupakan salah satu bagian penting saat berkendara, apalagi ketika mudik di malam hari. Fungsinya adalah melihat arah belakang apabila terdapat pengendara lain atau tidak. Dengan begitu saat akan berbelok tidak khawatir akan bertabrakan dengan pengendara lain. Namun masalah saat di malam hari adalah sorotan lampu dari kendaraan di belakang Mobil Anda biasanya menyilaukan mata. Untuk solusinya adalah dengan menekuk posisi spion sedikit ke atas atau ke bawah namun tetap bisa melihat keadaan belakang dengan baik.

>>> Mungkin tertarik, Tips Mudah Membersihkan Spion Mobil Bebas Jamur

5. Beristirahat yang cukup dan cari tempat aman

Gamabar menunjukkan rest area di malam hari terdapat banyak Mobil dan pengunjung

Rest area yang terang dan ramai merupakan tempat yang aman beristirahat

Pada saat melakukan perjalanan mudik di malam hari sebaiknya memperhatikan kondisi tubuh dengan istirahat secara berkala. Dengan begitu Anda tidak terlalu merasa lelah ataupun kantuk. Namun perlu diingat, saat berniat memberhentikan kendaraan di malam hari sebaiknya memilih tempat yang aman. Sangat disarankan memilih rest area yang tidak terlalu sepi ataupun tempat di pinggir jalan yang mencurigakan.

>>> Mau cari mobil buat keluarga? Di cintamobil.com saja, koleksinya banyak harganya juga menguntungkan!

Berita sama topik

  • Hampir Masuk Ramadhan, Liburan Atau Tetap Di Rumah?

    23/04/2020| Abdul

    Hampir Masuk Ramadhan, Liburan Atau Tetap Di Rumah?

    Bulan Ramadhan hampir tiba, ditambah lagi sekarang sedang liburan. Tapi ingat, untuk liburan kali ini karena mencegah penyebaran virus corona. Jadi masyarakat perlu benar-benar memperhatikannya. Kalau ada pertanyaan ingin liburan atau berada di rumah, sebaiknya tetap berada di rumah mengikuti arahan pemerintah.

  • Persiapan Penuh Polres Cirebon Kota Sambut Mudik Lebaran 2020

    13/03/2020| Fatchur Sag

    Persiapan Penuh Polres Cirebon Kota Sambut Mudik Lebaran 2020

    Beragam skenario pengaturan lalu lintas, perlengkapan, dan peralatan dipersiapkan jajaran Polres Cirebon Kota dalam rangka menyambut musim mudik Lebaran 2020.

  • Hindari Aji Mumpung Saat Mudik Lebaran Biar Bisa Balik Ke Kota

    03/06/2019| Fatchur Sag

    Hindari Aji Mumpung Saat Mudik Lebaran Biar Bisa Balik Ke Kota

    Mudik lebaran sering jadi kesempatan sebagian pemudik untuk melampiaskan kebahagiaan secara berlebihan. Ini kurang baik dan sebaiknya anda hindari, sebab aji mumpung bisa berdampak buruk pada kenyamanan dan keselamatan. Kok bisa?

International