Ban Pecah Di Jalan, Jangan Menginjak Rem Mobil Secara Mendadak

09/04/2020| Abdul

Berkendara di jalan bisa terjadi hal yang tidak diinginkan, salah satunya adalah pecah ban mobil. Dalam hal ini kadang pengemudi salah mengambil langkah sehingga imbasnya adalah kendali terhadap mobil jadi hilang. Biasanya hal tersebut karena rasa panik yang muncul sehingga menginjak rem mobil secara mendadak

Tidak Menginjak Rem Mobil Secara Mendadak Saat Ban Pecah

Jika begitu,  maka bagaimana langkah yang harus diambil? Berikut beberapa hal yang perlu dilakukan saat ban mobil pecah dilansir dari laman Seva.id.

1. Tidak Menginjak Rem Secara Mendadak

Gambar ini menunjukikan sebuah kaki menekan pedal gas

Saat ban pecah jangan langsung menginjak pedal remm secara mendadak

>>> Baca Juga, Mobil Manual Terjebak Macet, Ini Solusi Biar Kaki Tidak Pegal

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah tidak melakukan pengereman secara mendadak.  Jadi jika tidak dalam kondisi jalanan yang ramai dan di depan masih ada ruang sebaiknya tidak menginjak pedal rem secara tiba-tiba, apalagi mobil sedang melaju dalam kecepatan yang cukup tinggi.

Apabila hal tersebut dilakukan maka mobil akan melaju tidak seimbang sehingga bisa oleng yang membuat pengemudi sulit dalam mengendalikan arah mobil. Jika itu terjadi resikonya bisa fatal seperti mobil akan menabrak sampai terguling.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

Gambar ini menunjukkan seorang pengemudi memegang kemudi dan tuas transmisd

Manfatkan sebaik-baiknya untuk penggunaan transmisi mobil

>>> Kenali 6 Penyebab Pedal Kopling Keras Atau Berat Saat Diinjak

2. Manfaatkan Hentakan Saat Memindahkan Gigi

Selanjutnya saat ban pecah dan tidak boleh menginjak rem mobil secara mendadak, maka hal yang perlu dilakukan adalah memanfaatkan hentakan ketika melakukan perpindahan gigi persneling dengan benar. Tujuannya adalah untuk membuat laju mobil melambat, apalagi saat ada salah satu ban yang pecah lajunya jadi tidak seimbang.

3. Memegang Kemudi Mobil Dengan Kuat

Langkah terakhir yang perlu dilakukan saat ban pecah adalah dengan memegang kuat kemudi dan mengarahkan kendaraan supaya bisa seimbang. Kemudian kaki yang berada di pedal gas dilepas secara perlahan. Dalam hal ini rasakan ban mana yang pecah supaya dapat melakukan penanganan dengan benar.

Selanjutnya bila laju mobil menurun, lanjutkan dengan perlahan mengaktifkan rem tangan. Tujuannya supaya saat proses pengereman tidak membuat mobil terguling. Pada saat proses melepas pedal gas dilanjutkan dengan menginjak pedal rem secara perlahan. Di momen ini pengemudi harus tetap memegang kemudi dengan kuat untuk mengendalikan arah kendaraan.

Lakukanlah beberapa tahapan di atas sampai mobil berhenti. Jangan lupa untuk mengupayakan mengendalikan kendaraan dan pemberhentiannya di bahu jalan. Apabila sudah dilakukan maka nyalakanlah lampu hazard untuk memberi tanda kepada pengguna jalan lain bahwa mobil sedang dalam masalah.

 Ada hal yang sangat penting perlu diperhatikan yakni ketenangan dalam menghadapi situasi. Usahakan kurangi kepanikan agar konsentrasi tetap terjaga dan tidak melakukan hal yang tidak perlu.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Gambar ini menunjukkan 2 tangan mengemudikan mobil

Intinya jangan panik agar semuanya lancar

Salah satu hal yang sangat direkomendasikan supaya tidak terjadi ban pecah di jalan adalah melakukan pemeriksaan sebelum berkendara pada ban mobil. Cek kondisi tekanan angin ban, pastikan anginnya sudah sesuai dengan pabrikan. Terutama bagi Sobat yang ingin melakukan perjalanan jauh. Jangan lupa pula untuk merawat ban cadangan supaya saat ban pecah bisa langsung diganti dan melanjutkan perjalanan.

Demikianlah informasi mengenai informasi saat ban pecah tidak boleh menginjak rem mobil secara mendadak. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

  • Ditlantas Polda Jatim Siapkan Tilang Elektronik Seluruh Jatim

    17/10/2020| Fatchur Sag

    Ditlantas Polda Jatim Siapkan Tilang Elektronik Seluruh Jatim

    Ditlantas Polda Jawa Timur berencana menerapkan tilang elektronik di seluruh wilayah provinsi yang saat ini berlaku di Surabaya dan dipersiapkan di kota lain.

  • Mengenal Komponen Utama Pada Power Window Di Mobil

    21/09/2020| Abdul

    Mengenal Komponen Utama Pada Power Window Di Mobil

    Power window merupakan salah satu fitur pada mobil yang memberikan kemudahan kepada pengemudi saat ingin membuka dan menutup jendela. Sistem yang digunakan sudah elektrik sehingga tidak perlu repot memutarnya tapi cukup menekan tombol saja. Terdapat komponen utama pada power window yang membantu kinerjanya.

  • Jangan Lupa Menyalakan Lampu Mobil Saat Turun Hujan, Lampu Yang Mana?

    05/09/2020| Abdul

    Jangan Lupa Menyalakan Lampu Mobil Saat Turun Hujan, Lampu Yang Mana?

    Menyalakan lampu mobil saat turun hujan diperlukan untuk membuat visibilitas berkendara mengalami peningkatan. Namun kadang beberapa orang berpikir, lampu mana yang dinyalakan, apakah lampu senja atau lampu utama?

International