Bagaimana Cara Kerja Electronic Parking Brake dan Brake Hold? Ini Penjelasan Teknisnya

24/02/2019| Arfian Alamsyah

Mobil baru keluaran terkini memang semakin memudahkan dan semakin membuat nyaman pengemudi. Salah satu fitur yang kini banyak disematkan oleh pabrikan mobil adalah Electronic Parking Brake dan juga Brake Hold. Dengan adanya fitur ini akan membuat mengaktifkan rem parkir akan semakin mudah, Anda tidak perlu menarik maupun menginjak pedal dengan bantuan otot lagi, tinggal jentikkan jari saja maka mobil sudah 'dijaga' agar tidak 'lari'. Begitupun dengan fitur brake hold, ketika posisi ditanjakan Anda tidak perlu menekan pedal rem terus menerus.

>>> Ini dia beda Traction Control dengan Electronic Stability Control

Tampak New Honda HR-V 1.8 Prestige 2018 berwarna putih

New Honda HR-V adalah salah satu mobil kekinian yang punya fitur canggih nan memudahkan ini

Lalu bagaimana cara kerja Electronic Parking Brake dan Brake Hold? "EPB dan Brake Hold itu dilengkapi dengan motor listrik yang dapat melakukan penguncian dan pelepasan rem. Jadi pada saat parking brake diaktifkan, motor akan berputar dan mendorong piston kaliper rem untuk mengunci. Ketika dinon-aktifkan, motor EPB akan melepaskan penguncian pada piston kaliper rem. Kalau Brake Hold, mengandalkan komunikasi dari ECU (Electronic Control Unit) ke TPS (Throttle Position Sensor), ketika rem diinjak penuh dalam beberapa detik, otomatis Brake Hold akan berfungsi, begitu juga sebaliknya jika pedal gas diinjak sedikit dan rem tidak diinjak, maka TPS-nya membuka sedikit serta secara otomatis rem parkir release (lepas)." jelas Muhammad Zuhdi, Senior Manager Service Division PT Honda Prospect Motor.

>>> Ini dia tanda Anda sudah harus mengganti sensor ABS pada mobil Anda

Tampak tuas Electronic Parking Brake dan Brake Hold dalam sebuah mobil

Tinggal jentikkan jari Anda, maka mobil dengan mudahnya 'ditahan' oleh sistem elektronis

Fitur Brake Hold ini akan memudahkan Anda dalam mengemudi, dan juga meringankan kerja otot pada tubuh Anda, karena saat dijalan menanjak maupun menurun, Anda tidak akan direpotkan untuk selalu menginjak pedal rem. Begitu juga dengan fitur Electronic Parking Brake. Lantas, apakah kedua fitur elektronis kekinian ini akan 'manja' dalam hal perawatan kendaraan? Tunggu bahasan teknis lainnya dari kami, hanya di Mobilmo.com.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

  • Panduan Registrasi, Top Up Aplikasi LET IT FLO Dan Daftar Ruas Uji Coba

    22/03/2021| Abdul

    Panduan Registrasi, Top Up Aplikasi LET IT FLO Dan Daftar Ruas Uji Coba

    Jalan tol menjadi salah satu jalan favorit masyarakat yang bepergian ke tempat cukup jauh. Hal tersebut berkat jalanannya yang terawat sehingga nyaman dilewati dan perjalanan jadi lebih cepat. Disamping hal tersebut, pengguna jalan tol perlu membayar untuk melewatinya. Dalam pembayaran sendiri saat ini menggunakan kartu elektronik, untuk yang terbaru kali ini adalah LET IT FLO. Lantas bagaimana tentang penggunaan aplikasi LET IT FLO?

  • Berniat Mengemudi Dengan Muatan Penuh, Baca Ini Terlebih Dahulu

    22/03/2021| Abdul

    Berniat Mengemudi Dengan Muatan Penuh, Baca Ini Terlebih Dahulu

    Ketika bepergian kadang kita dihadapkan dengan kondisi dimana mobil diisi dengan muatan penuh bahkan berlebih. Tidak dipungkiri hal tersebut kebanyakan dilakukan oleh pemilik mobil, apalagi saat mudik ke kampung halaman atau arus balik ke kota. Dalam hal ini yang perlu diperhatikan adalah saat mengemudi dengan muatan penuh.

  • Pengemudi Perlu Lakukan Swab Antigen, Mengapa?

    03/03/2021| Abdul

    Pengemudi Perlu Lakukan Swab Antigen, Mengapa?

    Dorongan untuk melakukan swab antigen ditujukan untuk para pengemudi. Hal tersebut saat ini mulai marak guna untuk melakukan monitoring terhadap penyebaran virus Covid-19. Jadi bagi Sobat yang kerap bepergian dengan mobil pribadi diharapkan untuk melakukannya.

International