Bagaimana Cara Kerja Electronic Parking Brake dan Brake Hold? Ini Penjelasan Teknisnya

24/02/2019| Arfian Alamsyah

Mobil baru keluaran terkini memang semakin memudahkan dan semakin membuat nyaman pengemudi. Salah satu fitur yang kini banyak disematkan oleh pabrikan mobil adalah Electronic Parking Brake dan juga Brake Hold. Dengan adanya fitur ini akan membuat mengaktifkan rem parkir akan semakin mudah, Anda tidak perlu menarik maupun menginjak pedal dengan bantuan otot lagi, tinggal jentikkan jari saja maka mobil sudah 'dijaga' agar tidak 'lari'. Begitupun dengan fitur brake hold, ketika posisi ditanjakan Anda tidak perlu menekan pedal rem terus menerus.

>>> Ini dia beda Traction Control dengan Electronic Stability Control

Tampak New Honda HR-V 1.8 Prestige 2018 berwarna putih

New Honda HR-V adalah salah satu mobil kekinian yang punya fitur canggih nan memudahkan ini

Lalu bagaimana cara kerja Electronic Parking Brake dan Brake Hold? "EPB dan Brake Hold itu dilengkapi dengan motor listrik yang dapat melakukan penguncian dan pelepasan rem. Jadi pada saat parking brake diaktifkan, motor akan berputar dan mendorong piston kaliper rem untuk mengunci. Ketika dinon-aktifkan, motor EPB akan melepaskan penguncian pada piston kaliper rem. Kalau Brake Hold, mengandalkan komunikasi dari ECU (Electronic Control Unit) ke TPS (Throttle Position Sensor), ketika rem diinjak penuh dalam beberapa detik, otomatis Brake Hold akan berfungsi, begitu juga sebaliknya jika pedal gas diinjak sedikit dan rem tidak diinjak, maka TPS-nya membuka sedikit serta secara otomatis rem parkir release (lepas)." jelas Muhammad Zuhdi, Senior Manager Service Division PT Honda Prospect Motor.

>>> Ini dia tanda Anda sudah harus mengganti sensor ABS pada mobil Anda

Tampak tuas Electronic Parking Brake dan Brake Hold dalam sebuah mobil

Tinggal jentikkan jari Anda, maka mobil dengan mudahnya 'ditahan' oleh sistem elektronis

Fitur Brake Hold ini akan memudahkan Anda dalam mengemudi, dan juga meringankan kerja otot pada tubuh Anda, karena saat dijalan menanjak maupun menurun, Anda tidak akan direpotkan untuk selalu menginjak pedal rem. Begitu juga dengan fitur Electronic Parking Brake. Lantas, apakah kedua fitur elektronis kekinian ini akan 'manja' dalam hal perawatan kendaraan? Tunggu bahasan teknis lainnya dari kami, hanya di Mobilmo.com.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

  • Head Unit Single Din Dan Double Din, Apa Bedanya?

    10/08/2020| Abdul

    Head Unit Single Din Dan Double Din, Apa Bedanya?

    Bicara tentang audio di mobil kurang lengkap rasanya jika tidak membahas Head Unit. Apa itu head unit? Head Unit (HU) adalah perangkat hiburan pada mobil. Head Unit sesuai namanya memberi dan menampung ruang komponen pendukung hiburan lainnya seperti speaker, amplifier dan subwoofer.

  • Mengetahui Fungsi Bumper Mobil Dan Penjelasannya

    04/08/2020| Abdul

    Mengetahui Fungsi Bumper Mobil Dan Penjelasannya

    Bumper pada mobil bukan hanya disediakan sebagai aksesoris tambahan namun juga untuk meredam atau menahan benturan. Jika diartikan, pengertian bumper adalah batang plastik atau besi yang melintang pada bagian belakang dan depan mobil yang berfungsi untuk benturan.

  • Beberapa Makanan Penambah Konsentrasi Pengemudi Bisa Dikonsumsi

    12/07/2020| Abdul

    Beberapa Makanan Penambah Konsentrasi Pengemudi Bisa Dikonsumsi

    Makanan penambah konsentrasi pengendara bisa dikonsumsi. Sehingga perjalanan bisa lebih fokus terhadap jalanan dan dapat meminimalisir terjadinya kecelakaan. Sobat tidak perlu khawatir karena makanan yang kami infokan mudah untuk didapatkan.

International