Wow, Lebih Dari Separoh Penjualan Honda Brio Di Dunia Berasal Dari Indonesia

07/08/2018 Fat Pasar Mobil

Honda Brio menjadi salah satu penopang utama penjualan Honda di Indonesia. Tapi, tahu tidak kalau kisah sukses Honda Brio ini asalnya adalah coba-coba?

Gambar Honda Brio 2012 tampak depan

Penampakan Honda Brio generasi pertama di Indonesia

Pertama kalinya Honda Brio diproduksi di India dan Thailand, lalu diperkenalkan kepada publik tahun 2011. Tahun 2012 Honda Prospect Motor (HPM) mencoba memasukkan Honda Brio ke pasar Indonesia tepatnya pada pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2012 yang digelar tanggal 20-30 September 2012.

Tak disangka tak diduga, Honda Brio langsung mencuri perhatian pengunjung. Selain jadi mobil baru yang paling banyak dijajal, hasil penjualan Honda Brio cukup gemilang selama pameran. Tercatat ada sebanyak 459 unit Honda Brio terjual dan jadi nomor dua di bawah penjualan Honda CR-V yang terjual sebanyak 489 unit.

Bulan Agustus 2013 Honda Brio mulai dirakit di Indonesia dengan model pertama Honda Brio Satya yang masuk di segmen Low Cost Green Car (LCGC). Pameran IIMS 2013 Honda Brio Satya produksi lokal resmi diluncurkan dan dipasarkan di tanah air hingga sekarang.

>>> Baca review dan spesifikasi lengkap Honda Brio Satya di Mobilmo.com!

Foto Honda Brio Satya 2013 tampak dari depan samping

Honda Brio Satya tampil perdana di pameran IIMS 2013

Saat ini, penjualan Honda Brio di Indonesia lebih besar ketimbang di Thailand dengan jumlah unit terjual sebanyak 237.272 unit sejak pertama diluncurkan. Ini adalah angka yang cukup besar karena menguasai 58 persen penjualan Brio di seluruh dunia.

"58 persen penjualan Honda Brio di dunia berasal dari Indonesia. Makanya begitu penting Indonesia. Kita harus melakukan survei, untuk mengetahui apa kebutuhan orang Indonesia (terhadap Brio)," tutur Direktur Pemasaran dan Layanan Purnajual Honda Prospect Motor (HPM), Jonfis Fandy di arena GIIAS 2018 di ICE, BSD, Tangerang.

Sebagai pemimpin pasar dunia, Indonesia dipercaya menjadi leading country untuk pengembangan model Honda Brio, termasuk All New Honda Brio yang diluncurkan di pameran GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 di ICE BSD City Tangerang Banten, 2-12 Agustus 2018.

"Indonesia merupakan negara penting. Dulu mungkin awal perkenalan Brio, Honda Brio ini diimpor dari Thailand. Tapi sekarang Brio ini sudah menjadi mobil yang dikembangkan untuk orang Indonesia, khusus untuk konsumen di Indonesia," lanjut Jonfis.

>>> All New Brio Bisa Dipesan, Ini Besar Tanda Jadinya

Seorang model berpose bersama All New Honda Brio di GIIAS 2018

All New Honda Brio 2018 tampil lebih keren dan sporty

Bukan perkara mudah untuk menelurkan model generasi kedua ini. Tim R&D sampai harus keluar masuk daerah kota-kota besar di Indonesia bahkan hingga daerah pedesaan untuk menemukan desain yang sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Layak dinanti apakah kisah sukses Honda Brio generasi pertama bisa berlanjut pada All New Honda Brio.

>>> Tertarik membeli mobil baru? Informasi selengkapnya klik di sini!

>>> Terus ikuti perkembangan berita otomotif di Mobilmo.com

Mungkin anda ingin baca