Gaikindo Ingin Diskon PPnBM 100% Diperpanjang Lagi

20/08/2021| Fatchur Sag

Jelang berakhirnya diskon Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) 100% akhir Agustus 2021 ini, asosiasi Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) berharap insentif tersebut kembali diperpanjang.

Menyelamatkan industri otomotif

Menurut Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi, salah satu alasan paling kuat diskon PPnBM 100% bakal menyelamatkan industri otomotif, khususnya kendaraan roda empat.

Foto penjaga stan pameran membersihkan Honda Brio RS

Diskon PPnBM menyelamatkan industri otomotif

"Mudah-mudahan jika pemerintah mendengar, siapa tahu oke diperpanjang sampai akhir tahun supaya betul-betul industri otomotif komplet bisa recovery di tahun 2021," tutur Nangoi dalam webinar "Evaluasi Dampak Program Relaksasi PPnBM DTP Kendaraan Bermotor", Kamis (19/8/2021).

Optimisme Gaikindo bukan tanpa alasan. Terbukti sejak diskon PPnBM 100% diberlakukan mulai bulan Maret, penjualan mobil di tanah air jauh meningkat dibanding dua bulan sebelumnya dan dibanding penjualan bulanan tahun 2020.

Dengan meningkatnya penjualan, produksi di pabrik juga meningkat. Secara otomatis banyak karyawan bisa bekerja lagi dan mengurangi potensi PHK. Termasuk juga bakal membuka kesempatan pekerja baru jika kebutuhan produksi bisa lebih meningkat.

"Keuntungannya untuk kita adalah bahwa yang namanya industri otomotif bisa kembali bergulir. Sehingga dengan sangat bangga kita utarakan bahwa boleh dikata di industri otomotif tidak dan mudah-mudahan tidak terjadi yang namanya PHK karyawan," jelas Nangoi.

>>> Mau beli mobil, Cek harganya di sini!

Banner Jadwal GIIAS 2021

Gaikindo siap gelar pameran GIIAS 2021 di bulan November

Secara diskon PPnBM 100% membuat Pemerintah ‘kehilangan’ banyak pendapatan dari PPnBM. Namun demikian potensi pendapatan lain untuk pemerintah juga cukup besar. Misalnya PPn, PPh, Pendapatan Daerah seperti Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) dan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) yang dibayarkan setiap tahun.

Karenanya diharapkan dengan sangat agar diskon PPnBM 100% ini diperpanjang. Bahkan bila mungkin hingga akhir 2021.

"Kami memberanikan diri menuliskan surat ke pemerintah apabila memungkinkan relaksasi PPnBM diperpanjang sampai akhir tahun," ucap Nangoi.

Diskon PPnBM 100%

Seperti diketahui, diskon PPnBM 100% diberlakukan selama tiga bulan dari Maret hingga Mei 2021. Berikutnya insentif ini diperpanjang dari Juni hingga Agustus. Jadi, bulan ini adalah bulan terakhir untuk diskon maksimal.

Selanjutnya diskon akan dikurangi menjadi 25%, berlaku mulai September hingga Desember 2021. Hal itu disebut dalam Pasal 5 Ayat 1 Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Keuangan Nomor 31/PMK.010/2021.

>>> Beberapa Mobil Honda Dapat Diskon PPnBM 100%

Foto Mitsubishi Xpander Cross tampak samping depan

Ada diskon PPnBM 100%, Mitsubishi Xpander laris manis

>>> Diskon PPnBM Diperpanjang Sampai Agustus 2021, Pajak Masih 0%

Berita sama topik