Usai Tiguan Allspace, VW Tertarik Bikin Lagi Produk ‘Murah’

30/07/2019| Fatchur Sag

Setelah sekian lama tidak beroperasi pabrik bekas mobil yang ada di Cikampek kini mulai diaktifkan kembali oleh PT Garuda Mataram Motor (GMM), pemegang merk Volkswagen di Indonesia untuk merakit VW Tiguan Allspace. Kapasitas produksinya cukup besar bisa sampai 2000 unit dalam setiap tahun. Sementara produksi VW Tiguan Allspace GMM hanya mengalokasikan sebanyak 500 unit saja dalam setiap tahun.

Foto menunjukkan VW Tiguan Allspace di GIIAS 2019

VW Tiguan Allspace, model pertama VW untuk Indonesia yang dirakit lokal

>>> Banyak pilihan mobil bekas disini

Dengan kondisi tersebut VW kemungkinan besar bakal memanfaatkan sisa kapasitas produksi untuk merakit mobil model lainnya di Indonesia. Tentu saja model-model yang siap bersaing dengan produsen lain di pasar otomotif dalam negeri. Jonas Chendana selaku COO PT Garuda Mataram Motor mengaku, tidak menutup kemungkinan di bawah payung PT GMM VW akan memproduksi mobil yang harganya lebih murah dari VW Tiguan Allspace.

"Doain ya, waktu kita tahu dapat mobil ini (VW Tiguan) orang tau harganya VW itu mahal, tapi begitu kemarin kata orang harganya reasonable. Mudah-mudahan berikutnya kayak gitu (mobil murah) bisa terjangkau dan akhirnya masa VW dulu itu bisa balik lagi sekarang," kata Jonas, seperti dikutip dari Detik (28/7/2019).

Apa artinya GMM segera menghadirkan adik VW Tiguan Allspace? Jonas belum bisa memastikan waktunya. Yang pasti rencana itu sangat menarik dan GMM tetap akan memantau kondisi pasar. "Menarik juga sih itu (produksi model tujuh penumpang lainnya)," jawabnya singkat.

>>> VW Transporter Cell, Jangan Mimpi Untuk Naik Kendaraan Istimewa Ini

Foto menunjukkan Interior VW Tiguan Allspace

Interior VW Tiguan untuk pasar Indonesia, setir di sisi kanan

Untuk diketahui VW Tiguan Allspace merupakan mobil pertama VW yang dirakit di Indonesia dengan komponen yang didatangkan dari Meksiko. Mobil ini masuk dalam kategori medium SUV (Sport Utility Vehicle). Meskipun memiliki dimensi bodi hanya 4.486 mm x 1.839 mm x 1.632 mm, Tiguan mampu menampung tujuh orang dewasa dan bisa duduk dengan nyaman di dalamnya.

VW Tiguan Allspace dibekali mesin turbo empat silinder berkapasitas 1.400 cc yang mampu menghasilkan 150 Hp dengan torsi maksimum 250 Nm. Dan untuk transmisinya menggunakan transmisi otomatis direct shift gearbox (DSG) 6 percepatan.

>>> Mau Beli VW Tiguan Allspace Kayak Di GIIAS 2019, Ini Harganya!

>>> Beragam berita informatif dunia otomotif hanya di Mobilmo

Berita sama topik

  • Tahun Baru Mobil Baru, Beli Daihatsu Ayla Mulai Rp. 102 Juta

    11/01/2021| Abdul

    Tahun Baru Mobil Baru, Beli Daihatsu Ayla Mulai Rp. 102 Juta

    Mobil Daihatsu Ayla varian terendah dijual dengan harga Rp. 100 jutaan lebih sedikit. Tentunya hal ini menjadi salah satu kendaraan yang dapat dibeli bagi Sobat yang menginginkan sebuah kendaraan dengan harga terjangkau dan kondisi baru.

  • Terkait Larangan Mobil Konvensional Di Jepang, Toyota Minta Tidak Melarangnya

    21/12/2020| Abdul

    Terkait Larangan Mobil Konvensional Di Jepang, Toyota Minta Tidak Melarangnya

    Rencana Jepang untuk larangan kendaraan ICE akan dilakukan tahun 2035. Pihak Toyota mencoba untuk mendorong pihak Pemerintah Jepang supaya tidak melarang mobil konvensional terkait larangan mobil konvensional di Jepang. Selain itu belum ada kejelasan terkait perizinan untuk kendaraan hybrid dan plug-in hybrid apakah diizinkan atau tidak.

  • Bulan November 2020 Penjualan Honda Brio Mengalami Peningkatan

    14/12/2020| Abdul

    Bulan November 2020 Penjualan Honda Brio Mengalami Peningkatan

    Momen akhir tahun menjadi kesempatan bagi masyarakat untuk membeli mobil. Hal tersebut karena terdapat penawaran menarik yang diberikan oleh pihak pabrikan. Nah untuk kali ini kami akan memberikan informasi mengenai penjualan Honda Brio di bulan November 2020.

International