Uji Coba Kendaraan Listrik Jakarta – Bali Telah Usai, PLN Pastikan Ketersediaan SPKLU Siap

29/12/2020| Abdul

Uji coba kendaraan listrik dilakukan oleh PT PLN (Persero) untuk mendorong ekosistem dari kendaraan yang mengandalkan motor listrik dengan basis baterai. Untuk rute perjalanan yang dilakukan adalah dari Jakarta menuju ke Bali.

Untuk uji coba yang dilakukan KLBB (Kendaraan Listrik Berbasis Baterai) bertujuan untuk melakukan perbandingan biaya terkait kendaraan listrik. Hal tersebut juga bisa menjadi salah satu edukasi untuk masyarakat luas terutama di Indonesia.

Gambar ini menunjukkan satu mobil listrik dan banyak orang sedang berdiri

PLN melakukan uji coba kendaraan listrik rute Jakarta-Bali

>>> Baca Juga, Hadapi Hari Raya Natal Dan Tahun Baru 2021, Korlantas Polri Lakukan Operasi Lilin 2020

Hal tersebut karena rasa khawatir dari pihak masyarakat karena pengalamannya berbeda bila dibandingkan dengan kendaraan konvensional, terutama dalam hal konsumsi energinya. Uji coba yang dilakukan akhirnya telah selesai. Dalam kesempatan tersebut dari pihak Dudy Purwagandhi selaku Komisaris PLN yang mewakili Persero memantau mengenai kesiapan dan juga ketersediaan di rute terkait yaitu SPKLU (Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum).

Pihaknya menyebutkan, bahwasanya dengan selesainya uji coba kendaraan listrik yang dilakukan memberikan tanda bahwa untuk rute dari Jakarta dan Bali infrastrukturnya telah siap untuk dipakai oleh KLBB.

"PLN berhasil membuktikan dengan SPKLU-nya bisa mengantarkan kendaraan listrik melaju jauh dari Jakarta sampai ke Bali tanpa hambatan dan kendala," ujarnya dalam keterangan tertulis pada 28/12/2020.

Dari pihak Dudy juga memberikan penjelasan, bahwasanya perjalanan yang dilakukan sampai ke Bali dilakukan dengan tidak terburu-buru atau santai. Karena uji coba mobil listrik tersebut memang tidak mengejar waktu. Hal tersebut karena tujuan dilakukannya uji  coba kendaraan listrik di rute tersebut adalah terkait dengan infrastruktur SPKLU yang memang telah dipersiapkan oleh pihak PLN. Dengan begitu untuk melakukan pengisian baterai terdapat beberapa titik pemberhentian.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

Gambar ini menunjukkan stasiun pengisian kendaraan listrik dari PLN

Uji coba dilakukan untuk pastikan ketersediaan SPKLU

>>> Baca Juga, Hadapi Libur Tahun Baru, Kendaraan Angkut Barang Ada Larangan Melintasi Jalan Tol

“Kami telah sampai di Kantor Unit Induk Distribusi (UID) Bali. Kami ucapkan terima kasih yang tidak terhingga kepada seluruh pihak terkait atas bantuan dan dukungannya sehingga perjalanan bisa diselesaikan dengan lancar dan tanpa halangan apapun” papar dia.

Dengan hasil yang didapatkan melalui uji coba yang dilakukan, harapannya pihak masyarakat sudah tidak merasa khawatir terkait SPKLU yang disediakan. Masyarakat yang menggunakan mobil listrik untuk perjalanan jarak jauh dapat merasa lebih tenang. Sehingga kedepannya akan lebih baik lagi untuk pertumbuhan ekosistemnya.

Dari pihak PLN memiliki rencana untuk terus melakukan peningkatan jumlah dari SPKLU untuk dapat beroperasi di Tanah Air. Tentunya hal tersebut menjadi salah satu langkah dari PLN guna memberikan dukungan terhadap percepatan program KLBB terkait transportasi jalan. Yang mana memang hal tersebut disesuaikan dengan Perpres No. 55 Tahun 2019.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Gambar ini menunjukkan mobil listrik warna putih tampak samping

Dengan uji coba tersebut bertujuan supaya masyarakat tidak merasa khawatir pakai kendaraan listrik

Terkait uji coba kendaraan listrik yang dilakukan Persero. Tentunya dari pihak masyarakat khususnya kami mendukung akan tersedianya SPKLU secara menyeluruh di seluruh wilayah Indonesia. Dengan begitu masyarakat yang menggunakan kendaraan listrik akan lebih tenang dalam bepergian dan pertumbuhan KLBB mengalami peningkatan.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

  • Mobil Baru Wajib Ada APAR, Berapa Sih Harga Apar Di Pasaran Jika Ingin Beli?

    22/01/2021| Abdul

    Mobil Baru Wajib Ada APAR, Berapa Sih Harga Apar Di Pasaran Jika Ingin Beli?

    Harga APAR mahalnya pada pertama saja karena perlu membeli tabungnya. Namun setelah memilikinya tinggal melakukan pengisian saja. Untuk 1 kg APAR dihargai Rp. 350 ribuan dan Rp. 2 jutaan untuk ukuran 9 kg. Bagi mobil yang belum ada bisa melakukan pembelian. Dengan adanya APAR maka saat ada kebakaran pada mobil yang masih kecil baik pada mobil yang ditunggangi atau mobil lain dapat dipadamkan sehingga tidak membesar.

  • Punya Strategi Khusus, BMW Astra Membuka Diler Di Kota Malang

    21/01/2021| Abdul

    Punya Strategi Khusus, BMW Astra Membuka Diler Di Kota Malang

    Kota Malang menjadi tempat BMW Astra membuka diler. Di mana sebelumnya hanya berada di Kota Surabaya, kini targetnya telah merambah ke Jawa Timur. Pihaknya mempunyai strategi khusus dalam meningkatkan penjualan di sana. Bahkan selama pandemi melanda penurunannya hanya 10% saja.

  • Harga Mobil LCGC Dikabarkan Akan Mengalami Kenaikan, Siap-SIap Ya

    21/01/2021| Abdul

    Harga Mobil LCGC Dikabarkan Akan Mengalami Kenaikan, Siap-SIap Ya

    Harga mobil LCGC tergolong cukup terjangkau dibandingkan segmen lainnya. Selain itu beberapa kelebihan diberikan sehingga cukup banyak peminatnya di Indonesia seperti konsumsi BBM yang hemat dan juga ramah terhadap lingkungan. Apalagi masa pandemi seperti ini yang banyak orang butuh kendaraan aman untuk melakukan aktivitas.

International