Truk Gandeng Muatan Tebu Nyemplung Kali Dan Terguling, Tebu Tumpah Berhamburan

05/10/2018 Fatchur Sag Pasar Mobil

Jalur utama Blitar menunju Malang, Jawa Timur tersendat lebih dari 3 jam setelah kecelakaan tunggal kendaraan berat. Sebuah truk gandeng mengangkut tebu terguling di sebuah jembatan dan nyemplung ke kali hingga membuat muatan tumpah berhamburan.

Foto truk pengangkut tebu terguling

Sopir gagal menguasai kendaraan, truk gandeng muatan tebu terperosok ke kali di Blitar Jawa Timur

Kronologi kejadian sebagaimana dikutip dari ntmcpolri, Kamis (4/10/2018) bermula saat truk gandeng bernopol AG 8166 UG yang disopiri Suyitno melaju dari arah Blitar menuju Malang. Truk gandeng yang diketahui mengangkut tebu itu berjalan pelan karena muatannya yang berat. Sampai di tikungan tajam Jembatan Tuwuh, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Blitar Jawa Timur tiba-tiba truk tak terkendali. Sopir yang gagal menguasai keadaan membuat truk nyelonong dan terperosok nyemplung kali dalam keadaan terguling miring dengan bagian kepala truk berada di bawah.

>>> Memprihatinkan, Tiap 1 Jam 3 - 4 Orang Indonesia Meninggal Karena Kecelakaan Lalu Lintas

Walhasil tebu muatannya pun berhamburan sebagian tumpah ke sungai sebagian lagi tumpah di jalan raya mengingat bak bagian belakang separohnya nyangkut di atas jembatan menutup sebagian bahu jalan yang membuat jalur menjadi tersendat. Tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan tunggal ini karena sopir dan kernetnya berhasil menyelamatkan diri dengan kondisi luka ringan. Petugas dari Satlantas Polres Blitar yang mendapat laporan segera datang mengatur lalu lintas serta melakukan evakuasi truk.

“Saat menuju ke Jembatan Tuwuh itu kondisi jalan menikung tajam. Diduga sopir tidak bisa menguasai kendaraan, hingga jatuh terperosok sungai,” papar Kasatlantas Polres Blitar AKP Muh Amirul Hakim, pada Kamis (4/10/2018) menjelaskan kronologi kecelakaan.

>>> Maksud Hati Ingin Selamat, Malah Tewas Kecemplung Jurang

Foto truk kecelakaan muatan berhamburan

Muatan tebu tumpah ke jalan membuat arus lalu lintas tersendat

Atas peristiwa kecelakaan ini, Polisi menghimbau kepada para sopir truk untuk memastikan kendaraan dalam kondisi layak pakai, tidak ada masalah pada bagian-bagian vital seperti kondisi ban, rem, steering dan yang lain. Polisi juga menyarankan agar para sopir memperhatikan maksimal daya angkut serta penataan yang baik agar muatan yang dibawanya tidak mempengaruhi keseimbangan truk. Untuk kejadian kecelakaan ini, polisi bakal melakukan pemeriksaan mendetail. Jika diketemukan ada kecerobohan dan kelalaian, pemilik bakal diproses sesuai hukum yang berlaku.

"Kami menghimbau sebelum berkendara baik pemilik truk ataupun supir untuk memastikan truk dalam kondisi layak pakai. Dan memastikan muatan tidak melebihi tonasi, karena bisa membahayakan diri sendiri dan orang lain," kata Kasatlantas.

>>> Dapatkan review mobil terbaru hanya ada di Mobilmo

>>> Intip informasi terkini dunia otomotif hanya ada di Mobilmo

Mungkin anda ingin baca