Toyota Fortuner Masuk Jurang 15 Meter, Pengendara Selamat Berkat Airbag

04/09/2019| Fatchur Sag

Peristiwa kecelakaan maut di tol Cipularang pada Senin, 2 September 2019 bisa jadi tidak akan pernah dilupakan Suherman (53). Warga Tangerang ini turut menjadi korban usai Toyota Fortuner bernopol A 1355 ZZ yang dikendarainya terjerembab ke dalam jurang.

Foto menunjukkan kendaraan kecelakaan di Tol Cipularang, 2/9/2019 menunggu dievakuasi

Kecelakaan maut tol Cipularang libatkan 21 kendaraan

Menurut cerita Suherman kepada Detik, saat itu beserti istri, kakak, ibu dan anak bungsunya hendak pulang usai menjenguk putranya di salah satu pesantren di Tasikmalaya. Sampai di tengah jalan lalu lintas terhenti karena ada truk pengangkut tanah terguling. Dia turut berhenti sambil menunggu antrean untuk melintas.

Tiba-tiba dari arah belakang terdengar benturan keras disertai dorongan hebat yang membuat Toyota Fortuner-nya keluar dari jalur pembatas, masuk ke jalur menunju Bandung dan akhirnya masuk jurang sedalam 15 meter. Peristiwa itupun nyaris merenggut nyawanya dan keluarganya. Kondisi mobil milik Suherman, tampak mengalami kerusakan parah. Bagian depan kap terbuka dan mesin hancur, bahkan sasis kendaraan berwarna putih itu di bagian sebelah kiri sudah tidak terbentuk.

Namun Suherman sangat bersyukur, dua hal telah menyelamatkan dirinya dan keluarganya dari kematian, bahkan mereka semua hanya mengalami luka-luka ringan saja. Yang pertama mobil mendarat di semak-semak sehingga benturan yang terjadi tidak sekeras di aspal, dan yang kedua karena airbag pada mobilnya.

>>> Review Toyota Fortuner 2014 : Mobil SUV Tangguh Dengan Tampilan Gahar

Foto Toyota Fortuner terjerembab ke jurang usai terlibat kecelakaan maut di tol Cipularang

Suherman, korban selamat kecelakaan tol Cipularang, 2/9/2019 menujukkan foto mobilnya yang terjerembab ke jurang

Suherman selamat dalam kecelakaan beruntun di Tol Cipularang (2/9/2019) berkat airbag

"Mobil saya loncat-loncat hingga akhirnya masuk jurang sedalam 15 meter dan mendarat di semak-semak. Alhamdulillah ada airbag," tutur Suherman. "Saya banyakin istigfar. Setelah kejadian, saya segera keluar dan menunggu pertolongan untuk evakuasi. Ibu saya pingsan," tambahnya.

Soal airbag, manfaat besarnya memang baru terasa manakala terjadi kecelakaan seperti tabrakan atau kecelakaan seperti yang dialami Suherman. Airbag membantu mencegah penumpang dari terbentur dengan bagian kabin kendaraan, terutama bagian-bagian vital seperti kepala, leher dan dada sehingga risiko lebih buruk bisa dihindarkan.

Pada umumnya airbag terpasang pada setir untuk melindungi pengemudi dan dashboard sebelah kiri untuk melindungi penumpang di sebelah pengemudi. Namun mobil-mobil terkini banyak yang lebih protektif dengan memasang fitur airbag di banyak bagian (front, side dan curtain airbag).

>>> Serba-Serbi Fitur Airbag Pada Mobil Yang Perlu Diketahui

>>> Beragam berita informatif dunia otomotif hanya di Mobilmo

Berita sama topik

International