Tol Manado Bitung Bakal Pangkas Biaya Logistik

28/08/2018| Fatchur Sag

Foto Pembangunan jalan tol Manado Bitung tampak dari udara

Pembangunan jalan tol Manado Bitung ditargetkan rampung tahun 2019

Komisaris Utama PT Jasa Marga Refly Harun menuturkan adanya jalan tol Manado Bitung bakal memberi manfaat besar terhadap kegiatan perekonomian. Karena jarak tempuh yang makin singkat, biaya pengiriman baran atau logistik bisa dipangkas.

“Jalan Tol Manado-Bitung ini sangat ditunggu oleh masyarakat karena dampaknya yang sangat positif. Distribusi barang antara Kota Manado dan Kota Bitung yang semula menghabiskan 1-2 jam, nantinya dapat ditempuh hanya dalam waktu 45 menit,” tutur Refly di Jakarta, Minggu (26/8/2018).

Sebagai contoh Refly menuturkan, jalan tol Manado Bitung terhubung langsung dengan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung dan Bitung International Hub Seaport yang menjadi gerbang ekonomi international dari berbagai negara di dunia.

“Dengan adanya sinergi antara Jalan Tol Manado-Bitung, KEK dan juga Pelabuhan Hub Internasional ini diharapkan dapat mengakselerasi pertumbuhan ekonomi dan pariwisata di kawasan Manado dan sekitarnya serta membawa kesejahteraan bagi kita semua,” katanya.

>>> Perhatikan Keselamatan Saat Berpapasan, Beri Ruang Yang Cukup di Sebelah Kanan

Gambar pembangunan jalan tol Manado Bitung

Pembangunan jalan tol Manado Bitung sebagian ditangani PT Jasamarga Manado Bitung (JMB)

Jalan tol Manado Bitung adalah jalan tol pertama di Sulawesi Utara. Panjangnya 39 km dan terbagi menjadi empat seksi, yaitu:

  • Seksi 1A (Manado-Sukur) sepanjang 7 Km,
  • Seksi 1B (Sukur-Air Madidi) sepanjang 7 Km,
  • Seksi 2A (Airmadidi-Danowudu) sepanjang 11,5 Km,
  • Seksi 2B (Danowudu-Bitung) sepanjang 13,5 Km.

PT Jasamarga Manado Bitung (JMB) bertanggung jawab pada pekerjaan kontruksi seksi 2A dan 2B. Sedangkan sisanya ditangani oleh pemerintah.

PT JMB melaksanakan pekerjaan konstruksi untuk seksi 2A dan 2B dengan total panjang 25 Km pada pembangunan jalan tol pertama di Sulawesi Utara ini, sedangkan sisanya dibangun oleh Pemerintah.

“Kami optimis dapat menyelesaikan proyek sesuai dengan target yang telah ditetapkan (2019). Permasalahan utama masih pada pembebasan lahan, terutama pada Seksi 2B. Segala upaya percepatan pembebasan lahan terus kami upayakan dan secara aktif terus melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait,” tutur Direktur Utama PT JMB George IMP Manurung.

>>> Dianggap Menghabiskan Dana Negara, Ini Alasan Jalan Tol Dibuat Berkelok

Pelabuhan laut international kota Bitung Sulawesi Utara

Kebedaraan jalan tol Manado Bitung diharapkan bisa meningkatkan kegiatan ekonomi di wilayah Sulawesi Utara

>>> Berbagai berita terkini lalu lintas hanya ada di sini!

Berita sama topik

  • Kekhawatiran Pengusaha Mobil Bekas, Harga Mobil Baru Turun 20% Lebih

    23/09/2020| Abdul

    Kekhawatiran Pengusaha Mobil Bekas, Harga Mobil Baru Turun 20% Lebih

    Apabila harga mobil baru mengalami penurunan melebihi 20% maka dapat membuat harga mobil bekas menjadi semakin tertekan. Hal tersebut juga menjadi salah satu kekhawatiran pengusaha mobil bekas.

  • Program Adira Poin, Strategi Adira Cegah Cicilan Mandek

    10/09/2020| Abdul

    Program Adira Poin, Strategi Adira Cegah Cicilan Mandek

    Program Adira Poin dibuat oleh Adira Finance untuk memberikan nilai tambah dalam masa pandemi Covid-19 dalam hal transaksi pembayaran. Program tersebut ditujukan untuk konsumen yang berupa poin dan dapat ditukarkan dengan voucher listrik, potongan angsuran dan lainnya.

  • Ikuti Acara Pelelangan Mobil Pemkot Cimahi, Ada 43 Mobil Lho!

    08/09/2020| Abdul

    Ikuti Acara Pelelangan Mobil Pemkot Cimahi, Ada 43 Mobil Lho!

    43 mobil operasional Pemkot Cimahi dilakukan pelelangan. Yang mana pelelangan mobil Pemkot Cimahi bisa diikuti oleh masyarakat umum. Mobil bekas tersebut mempunyai harga yang terjangkau sehingga cocok bagi seseorang yang ingin beli mobil tapi budget minim.

International