Tiga BUMN Nyatakan Siap Garap Kendaraan Listrik Dalam Negeri

16/05/2018 Fat Pasar Mobil

Trend global industri otomotif saat ini mengarah pada kendaraan listrik dan kendaraan ramah lingkungan. Berbagai upaya yang mendukung ke arah itu dilakukan di berbagai negara di dunia, tak terkecuali Indonesia. Meski bisa dikatakan terlambat dan tertinggal jauh dengan negara lain di Eropa, Amerika atau negara Asia yang lain, bukan berarti Indonesia membiarkan trend dunia lewat begitu saja.

Gambar menunjukkan Presiden Jokowi jajal MObil Listrik Ezzy ITS

Mengapresiasi inovasi kendaraan listrik karya anak bangsa, Presiden Jokowi menjajal mobil listrik Ezzy ITS saat peresmian jalan tol Sumo (Surabaya - Mojokerto)

Pemerintahan Presiden Joko Widodo tidak lama lagi bakal mengeluarkan Perpres tentang Program Percepatan Kendaraan Bermotor Listrik Untuk Transportasi Jalan. 

Dengan keluarnya Prerpres tersebut putra-putra terbaik Indonesia punya kesempatan besar mengembangkan teknologi kendaraan listrik di negeri sendiri. Tak dipungkiri, Indonesia baru akan memulai fase tersebut.

“Kami akan mendukung teknologi inti, kesempatan kita buat menjadi tuan rumah di negeri sendiri,” ujar Yayat Ruyat, Project Leader EV PT Pindad salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) kepada media, Sabtu (12/5/2018). 

>>> Soal Produksi Mobil Listrik, Sokonindo Paling Siap

Deretan Mobil listrik karya Mahasiswa di IIMS 2018

Sambil menanti dukungan penuh dari pemerintah, mobil-mobil listrik karya anak bangsa turut berpartisipasi di pameran IIMS 2018

>>>  Terus ikuti perkembangan berita mobil terupdate di Mobilmo.com

Dukungan tidak hanya datang dari PT Pindad. PT LEN Industri yang memiliki kantor pusat di Jl. MT Haryono Kav 23 - Menara MTH Lantai 17, Jakarta juga menyatakan siap memasok berbagai komponen electric powertrain buat produsen kendaraan listrik nasional.

“Pembeda antara kendaraan konvensional dan listrik adalah penggerak listriknya atau electric powertrain, itu terdiri dari motor listrik dan motor controler, kami fokus di situ,” sambung Yayat.

“Buat komponen motor controler sendiri kami gandeng PT LEN Industri, dan yang akan kita pasok ke kendaraan listrik nasional, jika ada yang sudah siap sepeda motor listrik atau roda empat (Molina), atau bus listrik. Apapun kendaraan listriknya, motor listriknya dari Pindad,” kata Yayat mantap.

Sepeda Motor Listrik Gesits saat diperkenalkan kepada publik

PT Pindad, PT LEN Industri dan PT Wijaya Karya siap memproduksi massal sepeda motor listrik, GESITS

Untuk motor listrik Gesits yang bakal diluncurkan di Hari Kemerdekaan RI ke-73 tanggal 17 Agustus 2018 di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, ada tiga perusahaan BUMN terlibat dalam hal produksi. Selain PT Pindad dan PT LEN Industri, satu lagi yaitu PT Wijaya Karya (WIKA) untuk bagian proses perakitan.

>>>  Beli mobil? Cari saja di situs jual beli mobil dengan harga bagus di cintamobil.com

Mungkin anda ingin baca