Tahun 2021, Honda Civic Type R Bakal Dibekali Mesin Hybrid

12/03/2019 Fatchur Sag Pasar Mobil

Mengikuti perkembangan teknologi yang semakin maju, Honda saat ini tengah mempersiapkan varian baru Civic Type R. Mobil bergenre hatchback sport ini bakal dibekali mesin Hybrid dan rencananya bakal diluncurkan tahun 2021 mendatang.

Seiring perkembangan teknologi yang semakin canggih, produsen mobil asal Jepang Honda belum lama ini mengungkapkan perihal strategi mereka bersaing di era kendaraan listrik masa mendatang khususnya di negara Eropa. Rencana tersebut disampaikan oleh Honda di sela-sela acara pameran mobil Genewa Auto Show 2019 yang berlangsung awal bulan Maret 2019 ini.

Foto Honda Civic Type R tampak dari samping belakang atas

Honda Civic Type R, unggulan Honda di segmen hatchback sport

Dalam hal ini, salah satu produknya yang menjadi perhatian khusus adalah mobil Honda Civic Type R yang selama ini ikut bersaing ketat dengan produk lain di kelas hatchback sport. Honda mengaku sedang bersiap mengembangkan Civic Type R ini dengan mesin hybrid sebagai varian mobil listrik hatchback sport. Jika tak ada halangan varian ini bakal diluncurkan pada tahun 2021 mendatang. Banyak kalangan menilai langkah tersebut merupakan salah satu efek dari kesuksesan Honda dalam meluncurkan Honda NSX di pasaran yang mana telah dibekali dengan mesin Hybrid.

“Sejak kami membuat rencana ini pada Maret 2017 lalu, perubahan ke arah kendaraan listrik berada pada tahap yang tidak dapat dihindari. Tantangan lingkungan membuat kebutuhan produk mobilitas yang ramah lingkungan meningkat. Teknologi yang semakin maju membuat masyarakat mulai berpindah cara pandang mereka terhadap produk kendaraan itu sendiri,” tutur Head of Honda Europa Tom Gardner yang telah dikutip dari Autocar, Minggu (10/3/2019).

Sebagai tambahan informasi, mesin yang digunakan pada Honda NSX adalah Twin Turbo 3.5L V6 dan untuk menghasilkan tenaga sebesar 573 Hp Honda memasang dua motor listrik. Meskipun nantinya mesin yang bakal diterapkan tidak sebesar mesin pada NSX, Honda Civic Type R kemungkinan bakal dibekali dengan kapasitas mesin 2.0 L sebagai cara agar mampu melesat hingga 100 kpj dari diam dalam kurun waktu 5,8 detik.

>>> Ulang Tahun Ke 50, Honda Pamer Civic Type R Berbalut Emas

Foto Honda Civic Type R dan Honda NSX Hybrid tampak dari depan

Rayakan Ulang Tahun ke 50 Honda Australia, Honda pamerkan Civic Type R dan NSX Hybrid berbalut warna emas

Menurut informasi yang telah beredar bahwasanya dua tahun yang lalu Honda sudah mengungkapkan bakal merubah strategi terkait dengan produk yang diciptakannya, yakni akan merubah produknya menjadi Hybrid atau menjadi mobil elektrik di tahun 2025 mendatang. Namun ternyata ahir-ahir ini rencana justru dipercepat dikarenakan tuntutan keadaan dan ambisi besar Honda mengusai pasar Eropa.

Selain itu rencana terbesar Honda itu juga didasari bakal tutupnya tempat produksi Civic Type R di Swindon, Inggris pada tahun 2021 mendatang. Hal ini merupakan salah satu langkah bagi Honda untuk bersiap menghadapi era motor listrik. Dan kemungkinan besar produksi Honda Civic Type R akan dialihkan ke China, Jepang dan Amerika Utara.

Di pameran Genewa Auto Show, Honda memperkenalkan prototype mobil listrik untuk masa depan, Urban EV Concept. Produk tersebut nantinya bakal ditawarkan bersamaan dengan Honda CR-V Hybrid, Honda Jazz Hybrid, dan juga Honda Civic Type R Hybrid pada tahun 2021 mendatang.

>>> Baca di sini Review New Honda Mobilio E CVT 2019

Foto Honda e-Prototype tampak dari samping depang

Honda e-Prototype diperkenalkan di Geneva Motor Show 2019

>>> Beragam berita informatif dunia otomotif hanya di Mobilmo

Mungkin anda ingin baca

  • Kemenhub Terapkan Ganjil Genap Di Pelabuhan Merak Selama Periode Mudik Lebaran
    Pasar Mobil Abdul

    Kemenhub Terapkan Ganjil Genap Di Pelabuhan Merak Selama Periode Mudik Lebaran

    16/05/2019

    Mengantisipasi terjadinya penumpukan kendaraan saat mudik lebaran, dari pihak Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Republik Indonesia menerapkan sistem ganjil genap di Pelabuhan Merak, Banten untuk kendaraan roda empat atau lebih.

  • Tenang, 6.047 Posko Kesehatan Telah Disiapkan Oleh Kemenkes Untuk Para Pemudik
    Pasar Mobil Abdul

    Tenang, 6.047 Posko Kesehatan Telah Disiapkan Oleh Kemenkes Untuk Para Pemudik

    13/05/2019

    Mudik menjadi rutinitas tahunan yang ditunggu-tunggu oleh kebanyakan keluarga yang tinggal di perkotaan. Mereka berbondong-bondong pergi ke kampung halaman untuk dapat berkumpul dengan keluarga besar. Nah bagi para pemudik di tahun 2019 ini akan merasa lebih tenang, hal tersebut dikarenakan dari pihak Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyediakan 6.047 posko kesehatan.

  • Selain Thailand, Bangladesh Dan Sri Lanka, Ekspor Mobil DFSK Incar Australia
    Pasar Mobil Abdul

    Selain Thailand, Bangladesh Dan Sri Lanka, Ekspor Mobil DFSK Incar Australia

    12/05/2019

    DFSK merupakan salah satu pabrikan mobil yang terbilang masih baru di Indonesia. Salah satu produknya adalah Glory 580 yang sudah dimiliki oleh beberapa konsumen di Indonesia. Bahkan PT Dongfeng Sokonindo Automobile (DFSK) sudah mulai memfokuskan untuk ikut menggarap pasar luar negeri. Hal tersebut terbukti dengan mobil Glory 580 yang telah diekspor ke Sri Lanka, Bangladesh dan Thailand. Bahkan rencananya ekspor mobil DFSK akan dilakukan ke Australia.