Sukseskan Asian Games 2018, Pemprov DKI Alihkan Metromini dan Kopaja Sudirman - Thamrin

15/08/2018| Padli Nurdin

Dijelaskan oleh Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Andri Yansyah, larangan dan pengalihan Metromini dan Kopaja ini guna memperlancar arus lalu lintas selama Asian Games berlangsung. "Ya pertama yang pasti akan kami alihkan dulu ya pemberitahuan, pemahaman, alihkan ya, makanya kita mengawalinya tanggal 15 Agustus," terang Andri di Balai Kota Jakarta, Selasa (14/8).

Gambar yang menunjukan kopaja dan metromini yang ada di jalanan kota Jakarta

Kebijakan ini akan memberikan rute baru bagi jalur Sudirman - Thamrin (foto: detik)

>>> Ingin pelat nomor cantik? Ini harga pajak yang harus dibayar

Penetapan tanggal 15 sebagai awal kebijakan ini tidak terburu-buru dan bukan tanpa alasan. Pasalnya, pihak Pemprov telah menyebutkan untuk memberi tenggat waktu sosialisasi pada tanggal 15-17 Agustus. Jika dalam masa sosialisasi ini ada Metromini maupun Kopaja yang masih melintas, pengemudi masih akan diberi toleransi.

Pelarangan ini, sebut Andri, dikarenakan rata-rata kendaraan yang dipakai untuk Metromini dan Kopaja yang lebih dari 10 tahun dianggap sudah tidak laik jalan.  Sedangkan penindakan yang diberikan akan berbeda tergantung dari pelanggaran yang dilakukan. Kendaraan tanpa surat-surat akan menjadi sasaran empuk untuk dikandangkan, jelas Andri.

>>> Tertarik membeli mobil baru? Informasi selengkapnya klik di sini!

Gambar yang menunjukan kopaja yang ada di Jakarta

Larangan ini diberlakukan karena masa pakai rata-rata Kopaja dan Metromini lebih dari 10 tahun (foto: Tribunnews)

Andri menjelaskan bahwa ada tiga trayek yang akan terkena dampak dari kebijakan ini. Kopaja P19 jurusan Tanah Abang – Ragunan, Metromini S640 jurusan Pasar Minggu – Tanah Abang serta Metromini P15 jurusan Senen – Setia Budi akan mengikuti rute baru yang sudah disiapkan oleh Pemprov DKI.

>>> Berbagai berita lalu lintas lainnya hanya ada di sini

Bagi pengguna trayek tersebut, rute alternatif yang sudah dipersiapkan yaitu,

  1. Trayek Metromini S640 (Pasar Minggu-Tanah Abang) akan dialihkan menjadi Tanah Abang-Jalan KH Mas Mansyur-Stasiun Karet-Citywalk Sudirman-Sampoerna Strategic Square- ITC Kuningan-Mall Ambassador-Jalan Casablanca-Jalan Rasuna Said-Jalan Gatot Subroto-RS Medistra-Jalan Raya Pasar Minggu.
  2. Trayek Metromini P15 (Senen - Setia Budi) dialihkan menjadi Senen-Jalan Kembang Pacar-Kanwil DJKN-Kwitang-Tugu Tani 2-Telkom-Balaikota-Jalan Merdeka Selatan-Jalan Lombok-Jalan Sultan Syahrir-Jalan Imam Bonjol-Jalan HOS Cokroaminoto-Jalan HR Rasuna Said-Jalan Prof Dr Satrio-Jalan Karet Sawah-UKI
  3. Trayek Kopaja P19 (Tn Abang- Ragunan) dialihkan menjadi Tanah Abang-Jalan KH Mas Mansyur-Penjernihan-Manggala Wanabakti-TVRI-Jalan Asia Afrika-Mustopo-Jalan Hang Tuah-Jalan Raden Patah-Jalan Trunojoyo-Jalan Iskandarsyah-Jalan Wijaya 2-Jalan Darmawangsa 3-Jalan Prapanca Buntu-Arteri-Jalan Mutiara-Jalan Ampera Raya-Lingkar Luar Harsono RM-Terminal Ragunan.

>>> Dapatkan berita terlengkap dunia otomotif hanya ada di Mobilmo

Berita sama topik

  • Rincian Diskon PPn BM Pada Mobil Dengan Mesin 1.500 cc – 2.500 cc Yang Baru Terbit

    06/04/2021| Abdul

    Rincian Diskon PPn BM Pada Mobil Dengan Mesin 1.500 cc – 2.500 cc Yang Baru Terbit

    Diskon PPn BM untuk mobil dengan mesin berkapasitas 1.500 cc sampai 2.500 cc diberikan. Tentunya hal ini menjadi angin segar bagi masyarakat yang ingin membeli mobil dengan mesin kapasitas antara 1.500 cc -2.500 cc. Dalam kebijakan tersebut terdapat 2 klasifikasi yang ada perbedaan diskon.

  • Jadi Andalan Mitsubishi, Penjualan Mitsubishi Xpander Laris Manis Plus Ada Insentif PPn BM

    23/03/2021| Abdul

    Jadi Andalan Mitsubishi, Penjualan Mitsubishi Xpander Laris Manis Plus Ada Insentif PPn BM

    Berhubungan dengan penjualan Mitsubishi Xpander, mobil ini masih menjadi andalan. Apalagi mobil small MPV tersebut terkena relaksasi pajak PPn BM sehingga mendapatkan potongan harga cukup besar. Hal ini menjadi salah satu momen yang tepat bagi masyarakat untuk bisa memiliki mobil besutan Mitsubishi tersebut dengan harga lebih terjangkau.

  • Target 100 dealer Tahun Ini, Total Dealer Hyundai Baru Ada 27

    08/03/2021| Abdul

    Target 100 dealer Tahun Ini, Total Dealer Hyundai Baru Ada 27

    Pihak Hyundai sedang melakukan pembangunan dealer Hyundai di Indonesia untuk mengejar ketertinggalannya. Hal tersebut dikarenakan pabrikan mobil satu ini bukanlah pemain baru, namun merek lama yang sudah lama berkiprah di Tanah Air. Target Hyundai adalah membangun 100 dealer untuk tahun ini, meskipun saat ini baru ada 27.

International