Strategi During & Post Covid Naikkan Pangsa Pasar Suzuki

07/06/2020| Fatchur Sag

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menerapkan strategi During and Post Covid dalam menghadapi kelesuan pasar di tengah pandemi virus Corona (COVID-19). Hasilnya, Suzuki berhasil menaikkan pangsa pasar di Indonesia.

Seperti diketahui Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) telah merevisi target penjualan mobil di Indonesia menjadi sekitar 600 ribu unit. Seiring hal tersebut pabrikan melakukan penyesuaian dengan menurunkan target masing-masing mengingat situasi dan kondisi yang ada.

Foto menunjukkan Suzuki Ertiga

Penjualan mobil nasional mengalami penurunan signifikan

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Suzuki memprediksi akan ada koreksi penjualan sekitar 40%-50% hingga akhir tahun 2020. Karenanya, pabrikan lebih fokus pada target mempertahankan atau menaikkan market share dibanding penjualan secara unit. Untuk sementara waktu, Suzuki termasuk yang berhasil. Dengan menerapkan strategi During and Post Covid Suzuki sukses menaikkan pangsa pasar di tanah air.

“Kami telah menyiapkan skema strategi baru hingga akhir tahun 2020. Strategi during & post covid telah kami lakukan dan berhasil meningkatkan pangsa pasar Suzuki di Indonesia,” tutur Harold Donnel, Head of 4W Brand Development and Marketing Research PT Suzuki Indomobil Sales pada acara diskusi Virtual “Ngovid” yang digelar Forum Wartawan Otomotif (Forwot), Kamis (6/4/2020)

Dari data GAIKINDO, penjualan mobil nasional secara retail sepanjang Januari-April 2020 tercatat turun hingga 29,9 persen dibanding periode yang sama tahun lalu. Meski demikian Suzuki justru mendapat hasil positif, market share atau pangsa pasar yang didapat naik dari 9,3 persen menjadi 11,5 persen. Diperkirakan tren ini bakal terus meningkat bahkan hingga beberapa bulan ke depan.

>>> Suzuki Berlakukan Protokol Kesehatan Ketat Untuk Seluruh Diler di Wilayah PSBB

Foto menunjukkan salah satu diler Suzuki di Indonesia

Suzuki berhasil meningkatkan market share

“Di sini, strategi dasar kami adalah dengan mengedepankan penjualan produk yang dirakit lokal ketimbang mobil-mobil Completely Built Up (CBU) atau impor,” lanjut Harold.

Memang, jika dikomparasi penjualan mobil Suzuki rakitan dalam negeri lebih berkontribusi dibanding model impor, dengan persentase 88 persen banding 12 persen. Dari 88 persen model lokal, mobil pick up mendominasi sebesar 50 persen, MPV 20 persen, SUV 15-20 persen, dan sisanya ditempati segmen lain.

>>> Didominasi Ambulans, Penjualan Suzuki APV Meningkat di Tengah Pandemi

Foto menunjukkan Suzuki APV Ambulans tampak dari samping

Penjualan Suzuki APV Ambulans meningkat pesat di tengah pandemi COVID-19

>>> Beragam berita informatif dunia otomotif hanya di Mobilmo

Berita sama topik

International