Serius Berbisnis Di Indonesia, Wuling Bakal Tambah Investasi Rp 9 Triliun

27/12/2018| Fatchur Sag

Foto Pabrik Wuling Motors di Cikarang Pusat, Bekasi, Jawa Barat

Wuling yang berupaya untuk semakin besar

Merek China Wuling bakal menambah investasinya di Indonesia pada tahun 2019 sebesar Rp 9 triliun. Hal ini terungkap dari penuturan Haris Munandari, Sekretaris Jenderal Kementerian Perindustrian (Kemenperin) kepada awak media di Jakarta, Kamis (26/12/2018). "Iya, Wuling itu mau ekspansi Rp 9 triliun. Jadi, dia mau serius mengembangkan usahanya di Indonesia, sehingga dia mau investasi," tutur Haris.

Rencana besar ini menunjukkan keseriusan Wuling dalam menjalankan bisnisnya di tanah air. Nantinya dana besar tersebut bakal dialokasikan untuk memperkuat fasilitas bisnis yang sudah ada saat ini seperti memperluas jaringan pemasaran dengan mendirikan outlet-outlet baru, memastikan ketersediaan suku cadang, menguatkan teknologi untuk keperluan Research and Development (R&D) Center.

>>> Soal Persaingan, Ini PR Berat Merek China Di Indonesia

Wakil Presiden Yusuf Kalla meninjau Pabrik Wuling di Cikarang Pusat, Bekasi, Jawa Barat

Dukungan penuh ditunjukkan pemerintah untuk perkembangan industri otomotif

Haris memaparkan, tidak mudah orang masuk ke industri otomotif sebab banyak hal lain yang saling berkait dan tidak bisa dipisahkan seperti menjamin pelayanan after sales, ketersediaan suku cadang dan yang lain. "Investasi di industri otomotif itu beda, sehingga tidak gampang orang masuk di situ. Jadi, dia harus maintain itu, misalnya kebutuhan aftersales, ketersediaan suku cadang, itu semua yang dapat menjaga trust," katanya.

Menurut Haris, ekspansi yang dilakukan Wuling akan digunakan untuk memperluas jaringan, memastikan ketersediaan suku cadang, hingga memperkuat teknologi untuk pusat riset dan pengembangannya atau Research and Development (R&D) Center.

Seperti diketahui, Wuling telah memulai kiprah bisnisnya di Indonesia pada pertengahan Agustus 2017 bebarengan dengan pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) di BSD City Tangerang Banten. Di even tersebut Wuling meluncurkan model pertamanya, Confero S untuk bersaing dengan Toyota Avanza Cs di segmen low Multi Purpose Vehicle (LMPV). Model ini diproduksi di dalam negeri di pabrik PT. SGMW Motor Indonesia (Wuling Motors) Cikarang Pusat, Bekasi, Jawa Barat yang didirikan sejak dua tahun sebelumnya.

>>> Tak Perlu Ragu, Confero Sudah Terbukti Handal Bertahun-tahun

Foto Wuling Confero S tampak dari samping depan

Wuling Confero S, berlimpah fitur dengan harga terjangkau membuatnya layak jadi pilihan

Selang beberapa bulan model baru kembali diluncurkan, yaitu Cortez 1.8L (Februari 2018), Cortez 1.5L (April 2018), dan Formo (November 2018). Ketiganya juga diproduksi di pabrik Wuling Motors Cikarang.

Dalam hal pemasaran, Wuling fokus pada pelebaran saya dengan mendirikan banyak dealer. Hingga akhir 2018 total ada 87 dealer resmi Wuling tersebar di seluruh wilayah Indonesia yang menjual seluruh line up Wuling di atas serta model baru Wuling SUV yang dikabarkan bakal diluncurkan Januari 2019 dengan nama Almaz. Jadi, layak ditunggu bagaimana investasi Wuling ini nantinya bakal meningkatkan performa bisnisnya di Indonesia.

>>> Baca Review Wuling Formo Passanger Van 2018 di sini!

>>> Beragam berita informatif dunia otomotif hanya di Mobilmo

Berita sama topik

International