Relaksasi Pajak PPn BM Dimulai Bulan Maret 2021, Ini Mobil Toyota Yang Mendapatkan Dan Tidak

23/02/2021| Abdul

Kabar mengenai PPn BM (Pajak Penjualan atas barang Mewah) seakan memberikan angin segar bagi masyarakat yang memiliki rencana untuk membeli mobil. Meskipun begitu, tidak semua mobil mendapatkan insentif PPn BM. Nah kali ini kami akan membahas mengenai mobil Toyota yang mendapatkan insentif PPn BM dan tidak.

Gambar ini menunjukkan mobil Toyota Yaris kuning tampak depan

Mesin mobil yang mendapatkan insentif adalah di bawah 1.500 cc

>>> Baca Juga, Kabar Baik, Insentif PPnBM Mobil Akan Dimulai Maret 2021

Relaksasi PPn BM dari pihak Pemerintah ditujukan pada kendaraan yang memiliki kapasitas mesin 1.500 ke bawah. Untuk diberlakukannya insentif tersebut akan dimulai pada Maret 2021. Yang perlu diperhatikan adalah terdapat 3 tahapan dalam pemberian insentif tersebut. Untuk tahap pertama akan dilakukan mulai Maret sampai Mei 2021 dengan insentif 100%. Kemudian untuk tahap kedua pada bulan Juni sampai Agustus 2021 50% dan tahap ketiga 25% dimulai pada bulan September sampai November 2021.

Meskipun begitu, tiap produsen mobil tentu ada produk yang mendapatkannya dan ada yang tidak menerima relaksasi pajak tersebut. Untuk yang mendapatkannya adalah mesin dengan kapasitas di bawah 1,500 cc yang masuk dalam jenis sedan dan 4x2 serta 70% menggunakan komponen dalam negeri.

Berhubungan dengan hal tersebut dari pihak Martogi Siahaan selaku Chief Executive Auto2000 menyebutkan, bahwasanya untuk mobil Toyota terdapat sejumlah produk yang mendapatkan relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah. Akan tetapi berhubungan soal harganya masih belum ditetapkan, karena masih menunggu sampai penerapan aturan tersebut dilakukan.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

gambar ini menunjukkan mobil Toyota Agya tampak depan dan samping kiri

Toyota Calya dan Agya tidak ada insentif karena PPn BM sudah 0%

>>> Baca Juga, Ini Alasan Mobil Listrik Honda Belum Masuk Ke Indonesia

"Sampai saat ini, Auto2000 masih menunggu aturan teknis terkait informasi tersebut, sehingga belum bisa menjabarkan kepastian tipe dan harga jual produk-produk yang nantinya memperoleh keringanan pajak," ujarnya ketika melakukan siaran pers pada 22/2/2021.

Seperti yang telah disebutkan, tidak semua mobil Toyota bisa mendapatkan insentif tersebut. Beberapa mobil yang kemungkinan mendapatkannya adalah Toyota Sienta, Vios, Yaris, Rush dan Avanza. Sedangkan yang kemungkinannya tidak akan diberikan insentif adalah  Toyota Calya dan Agya.

"Model yang masuk dalam cluster LCGC yakni Agya dan Calya tidak diberikan keringanan lantaran PPn BM-nya sudah 0 persen," ucapnya.

Tidak hanya itu saja, mobil besutan Toyota ada daftar yang tidak akan diberikan relaksasi pajak PPn BM. Beberapa mobil tersebut adalah Toyota Vellfire, Alphard, Hiace, Hilux, Voxy, Fortuner dan Innova.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

Gambar ini menunjukkan mobil Toyota Kijang Innova tampak depan dan sisi kanan

Mobil yang tidak mendapatkan insentif PPn BM harganya tidak akan turun

Dari pihak Martogi menambahkan, bahwasanya saat kebijakan relaksasi PPn BM diberlakukan maka mobil yang telah disebutkan tersebut tidak akan terjadi penurunan harganya. Setelah mengetahui mobil Toyota yang mendapatkan insentif dan tidak, Sobat bisa mempertimbangkan mau pilih yang mana.

>>> Klik Di Sini Untuk Mengetahui Berita Otomotif Terbaru Lainnya

Berita sama topik

  • Masyarakat Menunda Beli Mobil Daihatsu & Toyota Untuk Tunggu Relaksasi PPn BM 0%

    25/02/2021| Abdul

    Masyarakat Menunda Beli Mobil Daihatsu & Toyota Untuk Tunggu Relaksasi PPn BM 0%

    Masyarakat menunda beli mobil saat ada kabar bulan Maret akan ada relaksasi pajak 0%. Hal tersebut bisa membuat bulan Februari mengalami penurunan dalam penjualan mobil. Meskipun begitu dari pihak Daihatsu dan Toyota yakin akan kenaikan terjadi di bulan Maret 2021.

  • Relaksasi Pajak PPn BM Dimulai Bulan Maret 2021, Ini Mobil Toyota Yang Mendapatkan Dan Tidak

    23/02/2021| Abdul

    Relaksasi Pajak PPn BM Dimulai Bulan Maret 2021, Ini Mobil Toyota Yang Mendapatkan Dan Tidak

    Terdapat kebijakan dari pihak pemerintah untuk relaksasi Pajak PPn BM. Tentunya mobil yang mendapatkan insentif pajak tersebut akan mempunyai harga yang lebih terjangkau. Namun terdapat 3 tahapan dalam pemberian insentif, jadi sebaiknya mengetahuinya agar tidak terjadi kekeliruan saat ingin melakukan pembelian mobil. Nah kali ini kami akan memberikan beberapa daftar mobil Toyota yang mendapatkan insentif dan yang tidak.

  • Kabar Baik, Insentif PPnBM Mobil Akan Dimulai Maret 2021

    18/02/2021| Abdul

    Kabar Baik, Insentif PPnBM Mobil Akan Dimulai Maret 2021

    Insentif PPnBM mobil akan diberlakukan pada bulan Maret 2021. Tentunya hal tersebut akan menjadi angin segar bagi masyarakat dan bisa menjadi kesempatan untuk membeli sebuah kendaraan. Hal tersebut disambut dengan baik oleh para produsen mobil, salah satunya adalah Suzuki.

International