Produksi di Jepang Tidak Mencukupi, Prinsipal Belum Yakin Buat Produksi Suzuki Jimny di Negara Lain

02/11/2019 | Fatchur Sag

Sejak diluncurkan di Jepang 5 Juli 2018 lalu, Suzuki Jimny langsung menggoda jutaan mata. Pesonanya menyebar di seluruh dunia dan berlangsung hingga kini. Dimanapun Suzuki Jimny di pasarkan para pembeli harus rela menunggu sesuai nomor antrean dikarenakan pemesan yang terlalu banyak. Di Jepang sendiri dimana mobil ini diproduksi, inden Suzuki Jimny mencapai dua tahun.

Foto Suzuki Jimny menjajal jaanan off road

Suzuki Jimny langsung fenomenal sejak diluncurkan kembali

Di Indonesia, sejak resmi dipasarkan di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) akhir April 2019 hingga kini jumlah pemesan sudah lebih dari 2000 orang. Sementara unit yang disediakan prinsipal untuk pasar Indonesia hanya 50 unit dan belum dinaikkan. Wal hasil, menurut perhitungan inden Suzuki Jimny mencapai tiga hingga empat tahun.

Ini pula yang mendorong wacana lokalisasi produksi Jimny di Indonesia. Permohonan sudah diajukan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) ke prinsipal Jepang dan tinggal menunggu persetujuan. Approval sepertinya tidak akan mudah sebab Suzuki pusat masih pikir-pikir untuk memproduksi Jimny di luar Jepang, seperti Indonesia.

>>> Jika Diapprove, Suzuki Jimny Bakal Diproduksi Lokal

"Soal produksi Jimny, kami tidak bisa berkomentar. Kalau jumlah pemesanan semakin banyak, kami mempertimbangkan produksi Jimny di luar Jepang," tutur General Manager Indonesia and Thailand Automobile Department Suzuki Motor Corporation (SM), Satoshi Shimizu, seperti dikutip dari Liputan6, (1/11/2019).

Kaitannya dengan inden yang terlalu lama Suzuki Motor Corporation (SMC) mengaku pencapaian ini jauh melebih ekspektasi dan prediksi. Saking banyaknya pemesanan yang masuk setiap bulan diakui Masahiko membuat pihaknya sulit memenuhi. "Memang jumlah pembeli (Suzuki Jimny) sangat banyak, dan ini di luar prediksi kami sebelumnya. Jadi, produksi kami memang tidak cukup," kata Masahiko.

>>>  Review Suzuki Jimny AT (Two Tone) 2019

Foto Suzuki Jimny warna biru tampak dari samping

Ada banyak pilihan warna untuk Suzuki Jimny

Untuk diketahui, saat ini Suzuki Jimny hanya diproduksi di pabrik Suzuki Kosai, Shirasuka, Kosai-Shi, Shizuoka, Jepang dengan kuota sebanyak 5.250 unit per bulan. Angka tersebut untuk memenuhi permintaan di seluruh dunia dengan prioritas utama pasar Jepang.

 

>>> Beragam berita informatif dunia otomotif hanya di Mobilmo

Berita sama topik

  • 12/11/2019 | Abdul

    Survey Membuktikan, Harga Mobil Listrik Termurah Ada Di China

    Mobil listrik memang sedang banyak dibicarakan di berbagai negara, sehingga saat ini menjadi tren. Berkaitan dengan hal tersebut, lembaga survey independen JATO mengungkap banderol harga yang diberikan pada mobil listrik di dunia. Untuk harga mobil listrik ternyata 81% lebih mahal bila dibandingkan dengan mobil biasa, hal tersebut berdasarkan penelitian terbaru dari JATO yang telah mencakup 43 pasar di dunia.

  • 06/11/2019 | Fatchur Sag

    Vattenfall Siapkan Power Charger Untuk Pengguna Mobil Listrik Honda di Eropa, Tarif Lebih Murah

    Satu langkah lebih maju dilakukan Honda dengan menggandeng pemasok energi terkemuka, Vattenfall, demi memudahkan pengguna mobil listrik Honda di Eropa. Dengan kerjasama ini Vattenfall bertanggung jawab menyiapkan power charger yang bisa mengisi daya lebih cepat dari stop kontak biasa.

  • 21/10/2019 | Fatchur Sag

    Topan Hagibis Terjang Jepang, Subaru Tutup Pabrik Seminggu

    Menyusul bencana mematikan topan Hagibis yang melanda beberapa wilayah di Jepang, Subaru terpaksa meliburkan pabrik produksinya di Gunma selama seminggu.