Jika Diapprove, Suzuki Jimny Bakal Diproduksi Lokal

01/07/2019 | Fatchur Sag

Mobil legendaris dan ikonik, Suzuki Jimny tengah jadi fenomena di pasar global. Pasca peluncuran di Jepang pada 5 Juli 2018, pesanan Jimny terus mengalir deras. Termasuk di Indonesia, meski belum resmi diluncurkan pesanan yang masuk sebagaimana pernah disampaikan SIS telah mencapai ribuan unit. Ini yang kemudian jadi PR. Derasnya pesanan diyakini bakal menghambat pengiriman unit ke konsumen sebab Suzuki Jimny hingga saat ini hanya diproduksi di Jepang.

Foto Suzuki Jimny saat dipamerkan di IIMS 2019 akhir April

Suzuki Jimny menyedot perhatian publik dunia setelah dua dekade dihentikan

>>> Waduh, Diler Resmi Juga Harus Inden Suzuki Jimny

Upaya dilakukan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) selaku Agen Pemegang Merek (APM) Suzuki di Indonesia untuk mempercepat pengiriman unit ke konsumen. SIS mengaku telah mengajukan permohonan agar Suzuki Jimny bisa diproduksi lokal dan tinggal menunggu persetujuan dari prinsipal di Jepang. "Tinggal nunggu ketok palu. Berkas sudah masuk tinggal putusan prinsipal," tutur 4W Head of Brand Development & Marketing Research PT SIS, Harold Donnel, seperti dikutip dari Tempo, (30/6/2019).

Soal disetujui atau tidak, terus kapan waktunya Harold tidak bisa memberikan kepastian. Menurut Harold ada banyak hal yang terus dipelajari jadi pertimbangan prinsipal. Tidak hanya alasan permintaan yang besar, tapi juga ketersediaan sarana produksi, kualitas produksi hingga hubungan bilateral antar negara.

"Karena untuk mengembangkan produk itu kan nggak sembarangan, dan investasi sangat besar, jadi itu yang dipikirkan benar-benar oleh prinsipal dan kalau pun misalnya Indonesia ataupun India diberikan privilege untuk sebagai another mother plant-nya kita bisa supplay ke negara mana saja, karena itu kan ada hubungan ekspor nanti prinsipal harus mempelajari hubungan bilateral antar India terhadap berapa negara itu lebih bagus atau nggak dibandingkan dengan hubungan bilateral Indonesia dengan berbagai macam negara juga istilahnya kaya gitu," jelasnya.

>>> Ada New Carry Pick Up, Suzuki Ertiga Tetap Paling Laris

Foto Suzuki Jimny diluncurkan di Singapura

Di Singapura, Suzuki Jimny dijual dengan harga lebih dari Rp 1 miliar

Saat ditanya perihal diterimanya permohonan tersebut, Harold tidak menjelaskan. Dia hanya memastikan kalau kemungkinan Indonesia jadi negara produksi Suzuki Jimny sangat terbuka. "Sebenarnya secara hitungan di atas kertas tidak menutup kemungkinan kalau seandainya India bikin, Indonesia juga, itu bukan hal yang impossible. Cuma memang semuanya ada skala produksinya, artinya jangan sampai ada dua pabrik besar sehingga supplay jadi lebih besar dari demand kan nggak benar juga," kata Harold.

>>> Review Suzuki All New Ertiga Suzuki Sport 2019: Mobil MPV Keluarga Tampilan Sporty

>>> Beragam berita informatif dunia otomotif hanya di Mobilmo

Berita sama topik

  • 27/03/2020 | Fatchur Sag

    VW Kenalkan e-Bulli Concept, Mobil Listrik Mirip VW Kombi

    VW Kombi sudah dihentikan sejak akhir 2013. Kini Volkswagen memperkenalkan lagi campervan legendaris tersebut sebagai mobil listrik bernama e-Bulli Concept.

  • 26/03/2020 | Abdul

    Pasar SUV Indonesia Tambah Panas, Ini Tanggapan Daihatsu Tentang Mobil Baru MG

    Terdapat mobil baru dari MG, dari pihak Daihatsu memberikan klaim bahwa mempunyai pasar sendiri. Jadi dengan hadirnya mobil baru tersebut pihaknya tidak takut konsumen yang dimiliki diambil oleh merek lain. Dalam hal ini kami informasikan mengenai tanggapan Daihatsu tentang mobil baru MG.

  • 19/03/2020 | Abdul

    Toyota 86 Black Limited, Mobil Sport Dengan Unit Terbatas

    AE86 merupakan salah satu model yang ditujukan untuk para penggemar kecepatan. Jadi Toyota memang tidak hanya memberikan produk dengan versi standar saja. Untuk dikenalnya nama AE86 terdapat pada film Initial D. Kabar menariknya adalah mengenai peluncuran mobil sport Toyota 86 Black Limited.