Potensi Daihatsu Rocky Dijual Di Indonesia Tahun Depan

25/11/2019| Fatchur Sag

Daihatsu Rocky mencuri perhatian banyak orang saat debut pertamanya di Tokyo Motor Show 2019 akhir Oktober lalu. Mobil jadi salah satu model yang tidak hanya diperkenalkan dalam bentuk konsep, tapi langsung diluncurkan untuk dijual. Bukan hanya desainnya yang menarik karena mengusung konsep SUV kompak lima penumpang, Daihatsu Rocky dibekali beragam fitur canggih.

Foto Daihatsu Rocky tampak dari samping

Daihatsu Rocky berpotensi merambah Indonesia

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Dimulai dari penggunaan platform terbaru DNGA (Daihatsu New Global Architecture). Daihatsu Rocky jadi model pertama SUV kompak yang menggunakan platform ini. Lalu Daihatsu Rocky dilengkapi fitur-fitur terkini seperti Smart Panorama Parking Pack, BSM (blind spot monitor), sistem keselamatan Safety Support Car S, Collision Damage Reduction Brakes (AEBS), Acceleration Suppression Device, Lane Departure Warning, ADB (Adaptive Driving Beam), ACC (Adaptive Cruise Control), RCTA (Rear Cross Traffic Alert), dan yang lain.

Saat ini Daihatsu Rocky hanya dijual di pasar Jepang dengan harga berkisar antara 1.705.000 Yen atau sekitar Rp220 jutaan hingga 2.422.200 Yen atau sekitar Rp313 jutaan. Namun banyak spekulasi bermunculan produk ini juga bakal masuk ke Indonesia mengingat sampai saat ini Daihatsu belum memiliki model SUV kompak untuk pasar Indonesia.

Menurut Domestic Marketing Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Rudy Ardiman, ADM masih akan bergantung pada model yang ada sekarang seperti Sigra, Gran Max, Terios, Ayla, dan Xenia. Sedangkan untuk model baru dan segmen baru seperti Daihatsu Rocky akan dipelajari secara seksama. Kemungkinan dibawa ke Indonesia selalu terbuka mengingat pasar otomotif tanah air yang dinamis. Namun untuk kepastiannya belum bisa dijelaskan sekarang.

"Rasanya masih sama, ada Sigra, Ayla, Gran Max." tutur Rudy seperti dikutip dari Kompas, (23/11/2019). "Kalau nanti ada ceruk lain, kita lihat sebanyak apa potensi marketnya.” tambahnya.

>>> Ini Rahasia Daihatsu Rocky Punya Visibilitas Ke Depan Yang Baik Dan Blind Spot Minim

Foto Daihatsu Gran Max PU tampak dari samping depan

Meski bukan mobil mewah, Daihatsu Gran Max membuktikan diri sebagai salah satu mobil favorit

Sekadar tambahan, Daihatsu memiliki 9 model yang dijual di Indonesia, tapi belum ada satu pun model SUV kompak. Meski demikian Daihatsu sukses mempertahankan posisinya sebagai runner up merek terlaris di Indonesia di bawah Toyota dengan angka penjualan cukup gemilang. Rata-rata 15 ribu unit terjual setiap bulan. GAIKINDO mencatat dari Januari hingga Oktober 2019 Daihatsu sudah mengirim sebanyak 150.518 unit ke diler dengan model terbanyak LCGC Sigra 43.474 unit dan Gran Max (PU dan BV) 43.764 unit.

>>> 10 Tahun Berturut-turut Daihatsu Jadi Runner Up Mobil Terlaris di Indonesia, Ini Rahasianya!

>>> Beragam berita informatif dunia otomotif hanya di Mobilmo

Berita sama topik

International