Perjalanan Dari Zona Merah dan PSBB Dibatasi, Kecuali Untuk Orang-Orang Ini

14/05/2020| Fatchur Sag

Saat ini pemerintah memberlakukan pembatasan perjalanan orang, guna mempercepat penanganan COVID-19. Terutama buat warga yang berada di zona merah atau di wilayah Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) seperti DKI Jakarta dan Jawa Barat. Kebijakan ini merupakan tindak lanjut dari larangan mudik yang ditetapkan Presiden Republik Indonesia serta pengaturan tentang pengendalian transportasi selama bulan Ramadhan dan Idul Fitri 1441 H.

Makanya maklum jika petugas saat ini melakukan penyekatan dan pemeriksaan kendaraan di sejumlah titik jalan yang menjadi akses keluar masuk wilayah PSBB. Tujuannya untuk mencegah para perantau di kota yang nekat mudik, serta mencegah kendaraan dari luar masuk ke wilayah zona merah dan PSBB. Mereka semua diarahkan untuk putar balik ke daerah asal. Sedangkan kendaraan yang ketahuan mencoba lolos dengan mengelabuhi petugas bakal ditindak baik dengan teguran ataupun dengan tilang.

>>> Polisi Memastikan Tidak Ada Penutupan Jembatan Suramadu

Foto menunjukkan Polisi berjaga di check point PSBB

Perjalanan orang keluar masuk zona merah dan wilayah PSBB dibatasi ketat

Orang-orang yang boleh bepergian

Meski ada pembatasan perjalanan orang dari / menuju zona merah atau wilayah PSBB, ada beberapa orang yang dikecualikan. Mereka tetap bisa melakukan perjalanan namun dengan syarat dan kriteria-kriteria tertentu, sesuai aturan yang tertera dalam Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19. Mereka yaitu:

  • Pertama; Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau pekerja swasta yang hendak melakukan kegiatan yang dikecualikan dalam PSBB, seperti pelayanan percepatan penanganan Covid-19, pelayanan pertahanan, keamanan dan ketertiban umum, pelayanan kesehatan, kebutuhan dasar, pelayanan pendukung layanan dasar, dan pelayanan fungsi ekonomi penting.
  • Kedua; Perjalanan pasien yang membutuhkan pelayanan kesehatan darurat atau perjalanan orang yang anggota keluarga intinya (orang tua, suami-istri, anak, saudara kandung) sakit keras atau meninggal dunia
  • Ketiga; Repatriasi Pekerja Migran Indonesia (PMI), Warga Negara Indonesia, dan pelajar/mahasiswa yang berada di luar negeri, serta pemulangan orang dengan alasan khusus oleh Pemerintah sampai ke daerah asal sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

>>> Beberapa Syarat Lolos Check Point Dalam Masa PSBB

Syarat dan ketentuan berlaku

Orang-orang di atas dikecualikan dari pembatasan, alias bisa melakukan perjalanan keluar kota. Meski demikian mereka tidak bisa serta merta melakukannya begitu saja. Ada syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi. Apa saja kriteria dan persyaratan tersebut? Simak infografis yang dibagikan Kementerian Perhubungan berikut!

Gambar menunjukkan Syarat perjalanan orang dari zona PSBB

Gambar menunjukkan syarat perjalanan pasien

Gambar menunjukkan syarat perjalanan pekerja

Syarat-syarat pejalanan dari dan ke zona PSBB

>>> Beragam berita informatif dunia otomotif hanya di Mobilmo

Berita sama topik

  • Sudah Masuk Maret, Ini Penurunan Harga Mobil Toyota Yang Terkena Relaksasi PPn BM

    02/03/2021| Abdul

    Sudah Masuk Maret, Ini Penurunan Harga Mobil Toyota Yang Terkena Relaksasi PPn BM

    Penurunan harga mobil Toyota terjadi karena sudah mulai dilakukan kebijakan relaksasi PPn BM mulai 1 Maret 2021. Banyak produsen kendaraan yang terkena kebijakan ini, khususnya bagi yang mempunyai kendaraan di bawah 1.500 cc. Kali ini kami informasikan mengenai penurunan harga mobil Toyota, sehingga bagi Sobat yang ingin membeli mobil bisa jadi inilah saatnya.

  • Masyarakat Menunda Beli Mobil Daihatsu & Toyota Untuk Tunggu Relaksasi PPn BM 0%

    25/02/2021| Abdul

    Masyarakat Menunda Beli Mobil Daihatsu & Toyota Untuk Tunggu Relaksasi PPn BM 0%

    Masyarakat menunda beli mobil saat ada kabar bulan Maret akan ada relaksasi pajak 0%. Hal tersebut bisa membuat bulan Februari mengalami penurunan dalam penjualan mobil. Meskipun begitu dari pihak Daihatsu dan Toyota yakin akan kenaikan terjadi di bulan Maret 2021.

  • Relaksasi Pajak PPn BM Dimulai Bulan Maret 2021, Ini Mobil Toyota Yang Mendapatkan Dan Tidak

    23/02/2021| Abdul

    Relaksasi Pajak PPn BM Dimulai Bulan Maret 2021, Ini Mobil Toyota Yang Mendapatkan Dan Tidak

    Terdapat kebijakan dari pihak pemerintah untuk relaksasi Pajak PPn BM. Tentunya mobil yang mendapatkan insentif pajak tersebut akan mempunyai harga yang lebih terjangkau. Namun terdapat 3 tahapan dalam pemberian insentif, jadi sebaiknya mengetahuinya agar tidak terjadi kekeliruan saat ingin melakukan pembelian mobil. Nah kali ini kami akan memberikan beberapa daftar mobil Toyota yang mendapatkan insentif dan yang tidak.

International