Penutupan Pabrik Honda di Indonesia Diperpanjang Hingga Akhir Mei 2020

11/05/2020| Fatchur Sag

Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) diperpanjang hingga akhir Mei 2020 seiring belum bisa dikendalikannya pandemi virus Corona (COVID-19) di tanah air. Hal tersebut berimbas kepada semakin panjangnya penghentian berbagai aktivitas, termasuk aktivitas ekonomi.

Honda perpanjang penutupan pabrik

PT Honda Prospect Motor (HPM) yang sebelumya sudah menghentikan operasional pabriknya di Karawang sejak 13-24 April 2020 turut memperpanjang masa penghentian sementara hingga akhir Mei 2020.

Foto menunjukkan pabrik Honda di Indonesia

Pabrik Honda di Indonesia berhenti beroperasi hingga akhir Mei 2020

Menurut Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM Yusak Billy keputusan tersebut dilakukan dalam rangka menyesuaikan dengan kondisi pasar yang saat ini memang tengah menurun.

"Kami terus melakukan penyesuaian produksi, memastikan stock level sehat di setiap diler. Bulan lalu sudah kami informasikan adanya penghentian sementara produksi, sekarang kami perpanjang sampai dengan akhir Mei," tutur Billy saat konferensi virtual bersama Forum Wartawan Otomotif, Jumat (8/5/2020). "Supaya stok tidak berlebihan, karena kita tau marketnya sedang turun," tambahnya.

>>> Pabrik Tutup, Honda Maksimalkan Layanan 3S ke Rumah Pelanggan

Penjualan turun 82 persen

Sebagai informasi penjualan Honda turun sebesar 82 persen di bulan April 2020 dibanding tahun sebelumnya, dengan jumlah unit terjual sebanyak 1.855 unit. Itu adalah penurunan terendah yang belum pernah dicapai Honda selama ini.

Gambar menunjukkan kampanye Honda #Parkirdirumah

Honda ajak #ParkirDiRumah selama PSBB

Pembatasan aktivitas, hilangnya penghasilan, serta harus menjalani aktivitas #DiRumahAja membuat permintaan menurun. Banyak orang lebih mengutamakan memenuhi kebutuhan pokok dibanding membeli mobil baru agar mereka bisa survive menghadapi keadaan yang serba sulit.

Honda selain meliburkan pabrik, juga membatasi aktivitas di diler dan beralih fokus pada melayani penjualan secara digital. Konsumen yang minat membeli mobil Honda tinggal menghubungi nomor diler terdekat. Begitu pula dengan layanan perawatan, Honda menyediakan layanan mobile service.

>>> Honda Brio dan Civic Hatcback RS Jadi Mobil Terbaik Versi OTOMOTIF Award 2020

Foto menunjukkan armada Honda Home Service untuk pelayanan di rumah

Honda hadirkan Layanan 3S ke rumah-rumah pelanggan

"Fokus kami masa pandemi adalah aftersales bagaimana melayani konsumen. Di mana konsumen bisa dilayani dalam hal perawatan kendaraannya," ungkap Billy. "Kami sudah ada beberapa diler yang mendapat izin dari kemenperin, itu sifatnya stand by melayani konsumen karena kita harus memastikan kendaraan sehat dipakai, bisa dilakukan home servis, kalau penanganannya berat bisa melakukan pick up servis," jelasnya.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

>>> Berita terlengkap dari dunia otomotif hanya ada di Cintamobil.com

Berita sama topik

  • Ini Alasan Mobil Listrik Honda Belum Masuk Ke Indonesia

    22/02/2021| Abdul

    Ini Alasan Mobil Listrik Honda Belum Masuk Ke Indonesia

    Mobil listrik Honda belum ada yang masuk ke Indonesia. Bahkan yang hadir baru-baru ini ada 3 model yang bukan menggunakan tenaga listrik. Mobil tersebut adalah New Honda Odyssey, Honda CR-V facelift dan New Honda Brio RS Urbanit. Padahal banyak yang memberikan spekulasi bahwa mobil baru yang akan hadir di Tanah Air adalah CR-V PHEV yang sebelumnya telah dihadirkan di China.

  • Peningkatan Transaksi Terjadi Di Aplikasi My Suzuki, Sampai 57%

    19/02/2021| Abdul

    Peningkatan Transaksi Terjadi Di Aplikasi My Suzuki, Sampai 57%

    Semakin kesini zaman semakin bertambah modern. Salah satunya ponsel, hampir semua orang saat ini punya ponsel dan selalu dibawa kemana-mana. Oleh sebab itu hal tersebut dimanfaatkan dengan memberikan sebuah aplikasi untuk mengakses sebuah layanan dan hal lainnya. Salah satunya adalah aplikasi My Suzuki yang ditujukan untuk para konsumennya.

  • Mobil Isuzu Panther Dihentikan Produksinya, Isuzu Berterima Kasih Kepada Pelanggan Setia

    17/02/2021| Abdul

    Mobil Isuzu Panther Dihentikan Produksinya, Isuzu Berterima Kasih Kepada Pelanggan Setia

    Mobil Isuzu Panther berhenti diproduksi, kiprahnya mencapai 3 dekade. Pihak Isuzu memberikan rasa terima kasih sedalam-dalamnya kepada pelanggan setia yang mempercayakan kendaraan produknya untuk menemani kegiatan sehari-hari. Selain itu, meskipun telah dihentikan produksinya namun soal sparepart dijamin selama 8 tahun.

International