Penjualan Suzuki di Bulan Juni Membaik, Carry PU Paling Laris

24/07/2020| Fatchur Sag

Pandemi COVID-19 membuat penjualan mobil di Indonesia menurun tajam. Namun di bulan Juni 2020 kembali menunjukkan tanda-tanda membaik. Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) Penjualan wholesales (pengiriman dari pabrik ke diler) mencapai 12.623 unit, naik 255,5 persen dibanding bulan sebelumnya (Mei 2020) yang hanya 3.551 unit. Sementara untuk penjualan retail (pengiriman dari diler ke konsumen) mencapai 29.862 unit, naik 74,8 persen dibanding bulan sebelumnya yang hanya 17.083 unit.

Foto menunjukkan sejumlah mobil Suzuki dipajang di showroom

Penjualan Suzuki meningkat di masa transisi

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) salah satu yang mencatatkan peningkatan cukup baik. Sebanyak 2.755 unit mobil berhasil dikirim ke diler, naik dari bulan sebelumnya yang hanya 779 unit. Sedangkan untuk pengiriman ke konsumen yaitu sebanyak 4.206 unit, naik dari bulan sebelumnya yang hanya 2.205 unit.

“Banyak masyarakat yang menunda membeli mobil karena adanya pembatasan aktivitas. Tapi sekarang kegiatan masyarakat dan logistik sudah mulai pulih. Selain itu, penggunaan mobil pribadi menjadi alternatif untuk mengurangi risiko terpapar Covid-19." terang Donny Saputra, 4W Marketing Director PT SIS dalam keterangan resminya, (20/7/2020).

"Apalagi mobil-mobil Suzuki memiliki ruang kabin yang lega sehingga tetap bisa menjaga jarak antar penumpang, dan kompartemen yang banyak untuk menyimpan alat-alat kebersihan dan kesehatan. Hal ini yang mendorong pangsa pasar Suzuki secara ritel naik dari 12,9% di bulan Mei menjadi 14,1% di bulan Juni,” lanjutnya.

>>> Diler Mobil dan Motor Suzuki Terapkan Protokol Kesehatan

Foto menunjukkan protokol kesehatan diler Suzuki

Suzuki menerapkan protokol kesehatan di seluruh dilernya

Secara berurutan kontribusi terbesar terhadap peningkatan pangsa pasar retail sales ini berasal dari New Carry Pick Up sebesar 56,8%. Setelah itu XL7 sebesar 13,5%, dan All New Ertiga 12,1%. Model-model lain seperti SX4 S-Cross, New Baleno, Jimny dan New Ignis memberikan kontribusi 10,1% dari total penjualan Suzuki di bulan Juni.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Merujuk pada data di atas, di masa transisi ini penggunaan kendaraan komersial, seperti New Carry Pick Up, terus meningkat melebihi penggunaan kendaraan penumpang. Hal ini terjadi mengingat banyak bermunculan UMKM yang membutuhkan kendaraan operasional, serta kegiatan logistik dan pengiriman yang meningkat. Selain itu, dukungan dari perusahaan leasing juga berpengaruh.

“Kegiatan logistik dan pengiriman tetap dibutuhkan meski dalam kondisi pandemi. Hal ini yang membuat kontribusi New Carry tetap tinggi. Tapi kendaraan penumpang juga mulai kembali naik permintaannya, seperti produk lokal terbaru andalan Suzuki, yaitu XL7. Kami ucapkan terima kasih atas kepercayaan masyarakat yang telah memilih produk Suzuki selama 50 tahun keberadaan Suzuki di Indonesia. Kami akan terus mendampingi masyarakat dengan menyediakan mobil berkualitas dan sesuai kebutuhan,”  tutup Donny.

>>> Review New Suzuki Carry Pick Up 2019, Biaya Servisnya Jadi Lebih Mahal?

>>> Intip informasi terkini dunia otomotif hanya ada di Mobilmo

Berita sama topik

International