Panel Kayu 3 Dimensi Berhasil Diciptakan Bentley

28/07/2020| Abdul

Semakin kesini kemajuan terus dapat dirasakan seperti perkembangan teknologi dan fitur pada kendaraan. Bahkan tidak hanya itu saja, dari segi tampilan juga terdapat pembaruan. Salah satunya adalah penggunaan panel kayu 3 dimensi (3D) yang berhasil diciptakan oleh pabrikan Bentley.

Perkembangan yang dilakukan kadang menggegerkan dunia otomotif. Sebelumnya yang dianggap sepele berhasil diciptakan dan dipasangkan pada kendaraan. Jadi tidak hanya pada bagian mesin, perangkat keamanan dan juga keselamatan. Namun dari semua sisi terus mengalami peningkatan seperti pada tampilan eksterior dan interior kendaraan.

Gambar ini menunjukkan panel instrumen kayu dengan motif 3 dimensi pada pintu mobil

Pembuatan panel kayu Bentley dilakukan manual

>>> Baca Juga, Ini Fitur Dan Teknologi 2 Mobil BMW Seri 8 Yang Baru Hadir Di Indonesia

Salah satu produsen mobil mewah Bentley mempunyai kabar yang menarik. Yang mana pihaknya berhasil menciptakan panel kayu tiga dimensi yang bisa dilakukan penerapan di kabin mobil untuk ornamen. Untuk penampilan panel kayu yang sudah 3 dimensi tersebut diperkenalkan pertama pada Geneva Motor Show sekitar 5 tahun lalu yang diberikan pada mobil konsep EXP 10 Speed 6.

Setelah berselang beberapa tahun, akhirnya dari pihak Bentley berhasil menghadirkannya dan diterapkan di bagian kabin mobil Bentley Flying Spur. Adapun hal tersebut menjadi yang pertama panel kayu 3 dimensi dipasangkan pada kendaraan dalam dunia otomotif.

Paket Modifikasi Interior Bentley Flying Spur

Penggunaan trim kayu yang sudah tercetak 3D telah dimasukkan di paket Bentley Mulliner Collection. Hal tersebut telah secara resmi dimasukkan dalam paket tersebut. Yang mana paket itu merupakan sebuah paket aksesoris premium optional.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

Gambar ini menunjukkan Interior Bentley yang terlihat jok mobil dan panel kayu pintu

Dapat dipasangkan menjadi panel pintu penumpang belakang Flying Spur

>>> Lihat Juga, Truk Tronton Dan Trailer Dihimbau Untuk Memasang Perisai Kolong

Jadi panel kayu yang sedang kita bahas kali ini dapat dipasangkan di bagian kabin belakang terutama di bagian panel pintu. Mengenai biaya dalam pemasangan masing belum ada penjelasan nominalnya. Hanya saja pihak Bentley memberikan penjelasan bahwa bisa saja di model flagship Bentley selanjutnya akan diterapkan panel kayu tersebut.

"Elemen kayu tiga dimensi kami ambil dari ide mobil konsep yang dijadikan kenyataan. Ini merupakan kombinasi harmonis dengan motif kulit tiga dimensi dari kabin Flying Spur," kata Brett Boydell selaku Bentley Head of Interior for Flying Spur yang dilansir dari laman Motor1, 27/07/2020.

Panel Kayu 3 dimensi Terbuat dari Kayu Berkualitas Terbaik di Amerika

Pihak Bentley juga menambahkan, bahwasanya cetakan 3D pada panel tersebut menggunakan bahan kayu Cherry atau Walnut. Yang mana bahan tersebut asalnya dari Amerika Utara dan di sana dianggap kayu yang terbaik. Selanjutnya tangan-tangan kreatif Bentley melakukan pengukiran secara manual dengan memakai mesin ukur yang tebalnya sampai 0,1 mm.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Gambar ini menunjukkan pannel kayu 3 dimensi Bentley

Motif 3 dimensi pada panel kayu Bentley

Pencetakan tampilan 3 dimensi menggunakan mesin ukit dicetak dengan sehalus mungkin. Selanjutnya pada tahapan terakhirnya mengandalkan tangan manusia supaya mendapatkan hasil yang maksimal pada setiap produk yang diberikan panel kayu tersebut. Proses pemernisan juga dilakukan dengan hati-hati  supaya tampilan permukaannya tetap dalam kondisi halus dan juga tampak natural. Selain itu, panel kayu juga bisa tampil lebih berkualitas dan umurnya lebih lama.

Dalam pengembangan panel kayu 3 dimensi Bentley perlu waktu sampai 18 bulan. Tim Bentley Mulliner menyebutkan bahwa ide pengembangan yang dilakukan pada panel kayu ini merupakan sebuah tantangan dan inspirasinya adalah sebuah mobil konsep yang dapat diwujudkan jadi nyata.

>>> Beragam berita informatif dunia otomotif hanya di Mobilmo

Berita sama topik

International