Mitsubishi Tolak Xpander Menjadi Taksi, Setidaknya Untuk Saat Ini

12/08/2018| Padli Nurdin

Tahun lalu, ketika Xpander baru diluncurkan, muncul berbagai meme dan gambar yang diedit sedemikian rupa dan mengubah Mitsubishi Xpander menjadi taksi Blue Bird, lengkap dengan simbol dan warna biru khas taksi konvensional Indonesia tersebut.

Gambar yang menunjukan bagian Xpander yang diedit menjadi logo blue bird

Gambar editan Xpander menggunakan logo dan warna taksi Blue Bird (foto: Liputan6)

Xpander memang masih menjadi jagoan Mitsubishi dalam persaingan di segmen LMPV di Indonesia. Xpander bahkan mampu mendongkrak posisi Indonesia sebagai negara penjualan Mitsubishi terbesar di seluruh dunia. Meskipun begitu, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) membantah berita tersebut.

>>> Beli Honda di GIIAS 2018, bunga rendah hingga 0.8%

Sebagaimana ditekankan oleh Head of Sales and Marketing PT MMKSI Imam Choiru Cahya ketika ditemui oleh media pada GIIAS 2018 beberapa waktu lalu, "Menjadi taksi? Untuk saat ini tidak mungkin. Kami masih fokus kepada kendaraan penumpang." Pasalnya, lawan Xpander untuk segmen MPV lain mulai menyasar penjualan sebagai taksi konvensional. Sebut saja Toyota Avanza serta Mobilio dan Wuling Confero.

Gambar yang menunjukan mobil baru Wuling yang dijadikan taksi

Wuling Confero yang digunakan sebagai taksi di Nusa Tenggara Timur (foto: Tribunnews)

>>> Dapatkan berita terlengkap pasar otomotif hanya di sini

Penolakan ini bukan berarti Mitsubishi tinggal diam untuk meningkatkan penjualan Xpander. Mitsubishi disebut sedang menyasar pasar konsumen fleet. Hal ini terungkap setelah dari total penjualan 1.1 juta unit kendaraan di Indonesia, 25% dikuasai oleh segmen fleet. Tambahnya, 40% dari penjualan segmen fleet diisi oleh kendaraan jenis small MPV.

"Jadi selain memenuhi permintaan retail konsumen, ini salah satu strateginya. Selain juga kita membuat strategi penjualan maupun after sales lainnya," tambahnya. Ia juga menyebutkan bagaimana penjualan pada bulan Juni diakibatkan oleh hari kerja yang pendek, ditambah dengan kebijakan musim Lebaran dengan pembatasan truk angkut di jalan raya.

>>> Tertarik membeli mobil baru? Informasi selengkapnya klik di sini!

Gambar yang menunjukan mobil baru Xpander pada GIIAS 2018

Mitsubishi baru saja mengeluarkan varian terbaru Xpander (foto: Franky Pratama)

Karena itu, produksi Juni dialokasikan pada bulan Juli. Inilah yang menyebabkan penjualan Juli meningkat menjadi 8.281 unit. Pihak Mitsubishi, jelas Imam, juga telah memaksimalkan produksi Xpander, dengan inden yang mencapai lebih dari 80.000 unit, 60.000 unit sudah dikirim pada Juli lalu.

>>> Berita dunia otomotif dalam dan luar negeri hanya ada di Mobilmo

Berita sama topik

International