Mau Bikin LCGC 7 Penumpang? Ini Jawaban Honda

24/02/2020 | Fatchur Sag

Pasar mobil murah Low Cost Green Car (LCGC) di Indonesia memang tak seramai low MPV, namun tetap menghadirkan keseruan tersendiri. Lihat saja, dalam beberapa waktu terakhir Honda Brio Satya memimpin segmen ini dengan penjualan terbanyak. Namun posisinya terus dibayangi dua model kembar 7 penumpang, Toyota Calya dan Daihatsu Sigra.

>>> Mirip Honda, Penjualan Daihatsu Terbanyak Disumbang Model LCGC

Foto menunjukkan tampilan Honda Brio Satya dari arah belakang

Honda Brio Satya berkontribusi paling besar terhadap penjualan Honda di Indonesia

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) mencatat sepanjang 2019 penjualan Honda Brio Satya mencapai 54.861 unit, naik 35 persen dibandingkan 2018 dan memecahkan rekor penjualan tahunan terbanyak sejak mobil diluncurkan pertama kali di Indonesia. Pencapaian Honda Brio Satya ini tidak sepenuhnya aman, di belakangnya ada Toyota Calya yang terjual sebanyak 54.549 unit dan Daihatsu Sigra sebanyak 52.283 unit.

Artinya, meskipun memenangi persaingan model 7 penumpang sangatlah menarik. Lantas, apakah Honda Prospect Motor (HPM) selaku APM Honda di Indonesia tertarik membuat mobil murah 7 penumpang?

Business Innovation and Sales Marketing Director PT HPM, Yusak Billy, menyatakan respect terhadap model LCGC 7 penumpang yang dinilai cukup menarik. Hanya saja, pihaknya masih sangat fokus dengan model yang ada dan belum kepikiran bikin mobil murah 7 penumpang.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Foto menunjukkan Daihatsu Sigra terbaru tampak dari samping depan

Kolaborasi Toyota Calya dan Daihatsu Sigra terjual hampir 100 ribu unit

"LCGC 7-seater itu bagus ya. Sekarang ini kami masih nomor satu di segmen dua baru untuk Brio secara wholesales ya," tutur Billy seperti dikutip dari Kompas, (21/2/2020). "Kami lihat dari skala prioritasnya lah, konsumen itu butuhnya apa dan pasarnya maunya apa. Sepertinya bukan itu (LCGC 7-seater)," tambahnya.

"Sementara ini belum ada pembahasan soal model LCGC 7 penumpang, tapi secara pasar LCGC itu memang pasar yang menarik. Untuk target penjualan tahun ini, Honda sama dengan tahun lalu, paling tidak kita mempertahankan market share," ujar Billy.

>>> Penjualan Honda Jazz Model Jepang Dimulai, Target 10.000 Unit Per Bulan

>>> Berita terlengkap dari dunia otomotif hanya ada di Cintamobil.com

Berita sama topik