Masyarakat Menunda Beli Mobil Daihatsu & Toyota Untuk Tunggu Relaksasi PPn BM 0%

25/02/2021| Abdul

Seperti yang telah diketahui bersama, berita terkait adanya kebijakan PPn BM 0% akan dilakukan pada bulan Maret 2021. Hal tersebut membuat masyarakat menunda beli mobil di bulan Februari dan melakukan pembelian di bulan berikutnya. Tujuannya tentu supaya bisa mendapatkan harga yang lebih murah.

Gambar ini menunjukkan informasi relaksasi pajak mobil 0%

Relaksasi pajak akan dimulai pada Maret 2021 dan dilakukan dalam 3 tahap

>>> Lihat Juga, Mitsubishi New Pajero Sport Dibekali Fitur Lebih Modern Dan Lebih Gagah

Berhubungan dengan hal tersebut dari pihak Amelia Tjandra yang menjabat sebagai Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menyebutkan, bahwasanya umumnya mesyarakat yang ingin membeli mobil menundanya.

"Di Februari melihat dari perkembangan sales kita setelah pengumuman relaksasi PPnBM, umumnya masyarakat menunda pembelian. Saya juga sudah komunikasikan ini dengan teman-teman Toyota, mereka juga kondisinya sama," katanya saat berada dalam konferensi virtual beberapa waktu lalu.

Pihaknya juga menambahkan, bahwasanya masyarakat yang ingin melakukan pembelian kendaraan di bulan Februari ini akan direalisasikan pada bulan Maret. Hal tersebut dikarenakan ada relaksasi pada mobil dengan mesin di bawah 1.500 cc.

Bahkan dari pihak Amel juga menyebutkan soal penurunan harga kendaraan masih belum dapat dihitung. Jadi dari pihak pemerintah terkait kebijakan tersebut masih belum memberikan turunan dari peraturan relaksasi PPn BM. Meskipun begitu, Amel yakin bahwa dengan adanya program pemerintah tersebut gairah di pasar otomotif bisa kembali meningkat.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Gambar ini menunjukkan mobil Daihatsu Ayla merah tampak depan

Mobil LCGC sudah mendapat pajak 0% sebelum kebijakan ini

>>> Baca Juga, Relaksasi Pajak PPn BM Dimulai Bulan Maret 2021, Ini Mobil Toyota Yang Mendapatkan Dan Tidak

"Kami percaya, walaupun bulan Februari ini penjualan turun, Maret pasti akan naik. Dan program ini kami percaya akan menstimulus mereka yang memang punya niat ingin membeli dan punya daya beli, akan merealisasikannya," jelas Amel.

Jadi masyarakat menunda beli mobil karena dari pihak Kementerian Perindustrian yang memberikan persetujuan terkait relaksasi pajak pada mobil baru. Tujuannya adalah di tengah pandemi kali ini diharapkan perekonomian bisa tergerak kembali.

Nantinya relaksasi pajak akan dilakukan bertahap. Sedangkan untuk insentif pajak 100% dilakukan selama 3 bulan yakni pada bulan Maret sampai Mei 2021. Kemudian setelah itu sebesar 50% di bulan Juni sampai Agustus dan 25% yang merupakan tahap ketiga di bulan September sampai November 2021.

Namun perlu diketahui, bahwa ada mobil yang tidak mendapatkan insentif meskipun ada kebijakan relaksasi PPn BM 0%. Mobil tersebut adalah kendaraan jenis LCGC. Hal tersebut dikarenakan sebelum relaksasi pajak dilakukan, pajak mobil LCGC sudah 0%. Jadi kendaraan LCGC baru akan terkena pajak pada bulan Oktober 2021 mendatang, itupun hanya 3% saja. Perubahan harga tentunya akan mengikuti kebijakan baru yang akan dilakukan pada bulan Oktober mendatang.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

Gambar ini menunjukkan mobil Toyota Agya tampak depan dan samping kiri

Ada 2 model Toyota dan 2 model Daihatsu yang sudah mendapat pajak 0% karena segmen LCGC

Jadi bagi masyarakat menunda beli mobil untuk kendaraan LCGC tentunya tidak akan mendapatkan penurunan harga di bulan Maret. Untuk Daihatsu sendiri yang masuk dalam segmen LCGC ada 2 model yakni Daihatsu Ayla dan Sigra. Sementara untuk Toyota juga ada 2 model yakni Toyota Agya dan Toyota Calya.

>>> Klik Di Sini Untuk Mengetahui Berita Otomotif Terbaru Lainnya

Berita sama topik

  • Rincian Diskon PPn BM Pada Mobil Dengan Mesin 1.500 cc – 2.500 cc Yang Baru Terbit

    06/04/2021| Abdul

    Rincian Diskon PPn BM Pada Mobil Dengan Mesin 1.500 cc – 2.500 cc Yang Baru Terbit

    Diskon PPn BM untuk mobil dengan mesin berkapasitas 1.500 cc sampai 2.500 cc diberikan. Tentunya hal ini menjadi angin segar bagi masyarakat yang ingin membeli mobil dengan mesin kapasitas antara 1.500 cc -2.500 cc. Dalam kebijakan tersebut terdapat 2 klasifikasi yang ada perbedaan diskon.

  • Jadi Andalan Mitsubishi, Penjualan Mitsubishi Xpander Laris Manis Plus Ada Insentif PPn BM

    23/03/2021| Abdul

    Jadi Andalan Mitsubishi, Penjualan Mitsubishi Xpander Laris Manis Plus Ada Insentif PPn BM

    Berhubungan dengan penjualan Mitsubishi Xpander, mobil ini masih menjadi andalan. Apalagi mobil small MPV tersebut terkena relaksasi pajak PPn BM sehingga mendapatkan potongan harga cukup besar. Hal ini menjadi salah satu momen yang tepat bagi masyarakat untuk bisa memiliki mobil besutan Mitsubishi tersebut dengan harga lebih terjangkau.

  • Target 100 dealer Tahun Ini, Total Dealer Hyundai Baru Ada 27

    08/03/2021| Abdul

    Target 100 dealer Tahun Ini, Total Dealer Hyundai Baru Ada 27

    Pihak Hyundai sedang melakukan pembangunan dealer Hyundai di Indonesia untuk mengejar ketertinggalannya. Hal tersebut dikarenakan pabrikan mobil satu ini bukanlah pemain baru, namun merek lama yang sudah lama berkiprah di Tanah Air. Target Hyundai adalah membangun 100 dealer untuk tahun ini, meskipun saat ini baru ada 27.

International