Masih Bertaji, Penjualan Avanza Tak Kalah Jauh dari Xpander

27/07/2018| Padli Nurdin

Sejak diperkenalkan tahun 2004, segmen low MPV yang dipelopori oleh Avanza – Xenia masih memuncaki rantai penjualan MPV Tanah Air. Meskipun fitur yang disuguhkan minim, harga yang terjangkau disebut sebagai daya tarik utama penjualan Avanza di Indonesia. Makanya, tidak heran jika Avanza diberi julukan sebagai 'mobil sejuta umat'.

Berbagai tipe dan model juga diluncurkan pabrikan lain untuk melengserkan mobil sejuta umat ini. Mulai dari Suzuki Ertiga, Honda Mobilio, Nissan Grand Livina, dan Chevrolet sempat mengeluarkan Spin sebagai penantang di segmen low MPV. Namun semua itu tidak sanggup menjegal laju pertumbuhan penjualan Avanza. Avanza merajai penjualan segmen low MPV lebih dari 10 tahun tanpa pesaing.

Gambar yang menunjukan mobil lama Avanza keluaran tahun 2010

Lebih dari 10 tahun Avanza seperti tanpa pesaing di Indonesia

Hingga muncul pesaing yang kompeten dari Mitsubishi bernama Xpander. Menawarkan low MPV 7 penumpang yang dirancang dan diproduksi di Indonesia, mobil andalan Mitsubishi Motors ini pertama kali menyeruak di situs web Mitsubishi Motors 17 Juli 2017.

>>> Penggantian warna pelat nomor kendaraan bermotor masuk tahap regulasi

Diperkenalkan pertama kali pada tanggal 24 Juli 2017 di Jakarta dan diluncurkan sebulan setelahnya pada pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017. Xpander mulai dijual pada tanggal 3 Oktober tahun lalu dan langsung melesat sebagai kuda hitam low MPV Tanah Air.

Gambar yang menunjukan mobil baru Mitsubishi Xpander berwarna putih

Mitsubishi Xpander langsung hadir sebagai kuda hitam di segmen low MPV

>>> Dapatkan berita pasar mobil dalam dan luar negeri hanya di Mobilmo

Didasarkan dari XM Concept yang pertama kali ditampilkan di ajang GIIAS 2016, Xpander tersedia dalam lima pilihan tipe, yaitu GLX Manual, GLS Manual, Exceed Manual/Automatic, Sport Automatic dan Ultimate Automatic.

Kabar terakhir data penjualan wholesales Gaikindo selama semester pertama 2018 mengungkapkan Avanza laku terjual sebanyak 39.455 unit. Berselisih tipis dengan primadona baru, Xpander, yang terjual sebanyak 39.948 unit. Dari data selisih penjualan, terlihat bahwa Avanza masih dinikmati konsumen Indonesia.

>>> Ingin membeli Toyota Avanza atau Xpander? Dapatkan informasi lebih lanjut hanya di sini

Franciscus Soerjopranoto, Executive General Manager PT Toyota Astra Motor, menjelaskan meskipun banyak produk baru bermunculan, Avanza masih diterima konsumen Tanah Air. “Kembali lagi kalau bicara market otomotif, kami melayani konsumen yang beragam, kami bersyukur Avanza di segmen low MPV dengan penggerak roda belakang masih diterima masyarakat,” jelasnya.

Gambar yang menunjukan mobil baru Toyota Avanza berwarna putih

Avanza mampu bertahan ditengah gebrakan pesaing baru low MPV

Bermain di segmen low MPV dengan berpenggerak roda belakang, Avanza memiliki kelebihan saat membawa banyak orang dan mengangkut beban daripada mobil penggerak roda depan. Dengan kelebihannya ini, tak heran Avanza masih dilirik sebagai pilihan pertama mobil keluarga di Indonesia.

Berita sama topik

  • Ini Alasan Mobil Listrik Honda Belum Masuk Ke Indonesia

    22/02/2021| Abdul

    Ini Alasan Mobil Listrik Honda Belum Masuk Ke Indonesia

    Mobil listrik Honda belum ada yang masuk ke Indonesia. Bahkan yang hadir baru-baru ini ada 3 model yang bukan menggunakan tenaga listrik. Mobil tersebut adalah New Honda Odyssey, Honda CR-V facelift dan New Honda Brio RS Urbanit. Padahal banyak yang memberikan spekulasi bahwa mobil baru yang akan hadir di Tanah Air adalah CR-V PHEV yang sebelumnya telah dihadirkan di China.

  • Peningkatan Transaksi Terjadi Di Aplikasi My Suzuki, Sampai 57%

    19/02/2021| Abdul

    Peningkatan Transaksi Terjadi Di Aplikasi My Suzuki, Sampai 57%

    Semakin kesini zaman semakin bertambah modern. Salah satunya ponsel, hampir semua orang saat ini punya ponsel dan selalu dibawa kemana-mana. Oleh sebab itu hal tersebut dimanfaatkan dengan memberikan sebuah aplikasi untuk mengakses sebuah layanan dan hal lainnya. Salah satunya adalah aplikasi My Suzuki yang ditujukan untuk para konsumennya.

  • Mobil Isuzu Panther Dihentikan Produksinya, Isuzu Berterima Kasih Kepada Pelanggan Setia

    17/02/2021| Abdul

    Mobil Isuzu Panther Dihentikan Produksinya, Isuzu Berterima Kasih Kepada Pelanggan Setia

    Mobil Isuzu Panther berhenti diproduksi, kiprahnya mencapai 3 dekade. Pihak Isuzu memberikan rasa terima kasih sedalam-dalamnya kepada pelanggan setia yang mempercayakan kendaraan produknya untuk menemani kegiatan sehari-hari. Selain itu, meskipun telah dihentikan produksinya namun soal sparepart dijamin selama 8 tahun.

International