Karyawan BMW di Indonesia Tidak Kena PHK, Benarkah?

24/06/2020| Abdul

Sebelum membahas tentang karyawan BMW di Indonesia. Memasuki new normal memang semua aktifitas mulai dilakukan kembali. Pihak pemerintah melonggarkan kebijakan PSBB menjadi new normal bertujuan untuk mengembalikan ekonomi masyarakat di Indonesia. Meskipun begitu, masyarakat masih tetap perlu mengikuti protocol kesehatan untuk mencegah penyebaran virus Covid-19.

Karena pandemi Covid-19 membuat kebanyakan perusahaan mobil memangkas karyawannya (PHK) untuk meminimalisir pengeluaran. Mengingat dari segi pemasukan terbilang kurang karena penjualan mobil mengalami penurunan. Berbeda dengan BMW, dikabarkan tidak akan ada pemangkasan.

Gambar ini menunjukkan 3 orang dan satu buah BMW i5

Isu PHK karyawan BMW terjadi di Jerman

>>> Baca Juga, Merosot di Dalam Negeri, Ekspor CBU Suzuki Justru Meningkat

Berkaitan dengan hal tersebut dari pihak Jodie O’tania selaku Director of Communication BMW Group Indonesia menyebutkan, bahwasanya pihak BMW tidak akan melakukan PHK kepada karyawannya. Pihaknya meyakini dapat bertahan dalam masa krisis saat ini akibat pandemi Covid-19.

"Isu PHK itu terjadi di sejumlah pabrik di Jerman. Tapi, bisa dipastikan BMW Group Indonesia kita pada saat ini tidak melakukan itu (PHK)," ujar Jodie saat melakukan konferensi video beberapa waktu lalu.

Pihak Jodie juga menuturkan bahwa pandemi kali ini merupakan sebuah momen yang terbilang menyulitkan bagi semua bisnis. Bahkan tidak hanya dalam otomotif saja, namun pengaruhnya hampir semua perusahaan mengalaminya.

Berhubungan dengan karyawan BMW di Indonesia, pihak BMW Indonesia menyebutkan bahwa telah melakukan beragam strategi. Bahkan dari sektor global juga telah mempersiapkan strategi untuk menghadapi pandemi Covid-19 dan bisa keluar serta menjadi pemenangnya. Bekal dan strategi sudah dimiliki untuk bisa menghadapi keadaan, bahkan dalam situasi terburuk telah dipersiapkan.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Gambar ini menunjukkan 3 karyawan dan 1 buah mobil BMW

Karyawan BMW di Indonesia tidak di PHK

Untuk tambahan informasi, bahwasanya PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) yang terjadi di BMW muncul menyerua. Dikabarkan 10 ribu pekerja kontrak dari BMW tidak diperpanjang karena anggaran untuk menggaji para pekerja tersebut tidak ada. Untuk keputusan tersebut, dari pihak BMW telah mengklaim bahwa dengan dewan pekerja telah mendapatkan kesepakatan.

Kita berharap karyawan BMW di Indonesia masih tetap dipertahankan. Selain itu, semoga pandemi Covid-19 juga dapat hilang sehingga perekonomian dapat pulih dan mengalami peningkatan. Bahkan dengan memasuki kebijakan new normal semua kegiatan berangsur seperti sedia kala, hanya saja masih tetap memperhatikan protocol kesehatan.

>>> Beragam berita informatif dunia otomotif hanya di Mobilmo

Berita sama topik

International