Kapan Pabrik Mobil Di China Beroperasi? Ini Jadwalnya

11/02/2020| Abdul

Seperti yang dilansir dari Carscoops pada Minggu 9/2/2020, yang mana S&P Global Rating mempercayai bahwa produsen mobil di seluruh Asia dipaksa untuk memangkas produksinya pada kuartal pertama sekitar 15% karena wabah virus Corona. Bahkan beberapa perusahaan yang mempunyai pabrik di kota Wuhan, Provinsi Hubei yang merupakan pusat Virus ada beberapa seperti Honda, Renault, Nissan, PSA Group dan GM. Yang mana produksinya di China mencapai 9 %, sementara untuk waktu pabrik mobil di China beroperasi juga ada perbedaan.

Gambar ini menunjukkan beberapa orang memakai masker

Virus corona lumpuhkan pasar otomotif global

>>>  Lihat Juga, Airbag Meledak Saat Mobil Parkir, Kok Bisa?

Tidak hanya itu saja, Volkswagen juga memiliki resiko terkena dampaknya, karena 24 pabrik dioperasikannya dalam produksi mobil dan juga suku cadang. Untuk jumlahnya apabila dilihat dari produksi global tidak kurang dari 40%. Meskipun begitu, saat ini dari pihak pembuat mobil menyebutkan, bahwasanya untuk pengiriman yang sudah direncanakan belum ada perubahan. Hanya saja apabila krisis terus berlanjut maka kemungkinan rantai pasokan mobil global mengalami kerusakan.

"Bahkan industri yang tampaknya memiliki eksposur rendah ke pemasok di China hampir pasti sangat bergantung pada input dari China," kata ekonom global Capital Economics Simon MacAdam.

“Ini membuat kemacetan dalam produksi satu komponen bernilai rendah, tetapi penting untuk membuat produksi hilir bernilai lebih tinggi berhenti,” tambahnya.

Pada momen sebelumnya dari pihak Yohannes Nangoi selaku Ketua Umum Gaikindo menyebutkan, bahwasanya apabila virus corona terus menyebar maka akan berdampak pada industri otomotif nasional yang berhubungan dengan impor dan ekspor.

"Jika berlarut, pastinya ini akan berdampak pada industri otomotif Indonesia," katanya.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Selain hal tersebut, berikut ini merupakan jadwal pembukaan pabrik di China yang dilansir dari Reuters pada Tanggal 9/2/2020. Jadi untuk produsen mobil rata-rata memperpanjang masa libur para karyawan pabriknya sampai pada tanggal 10 Februari 2020. Untuk jadwal pabrik mobil di China beroperasi dapat dilihat di bawah ini:

Gambar ini menunjukkan bebebrapa orang sedang merakit mobil

Jadwal pabrik mobil di China kembali beroperasi

1. Pabrikan Daimler produksinya untuk mobil penumpang akan dilakukan pada 10 Februari di Beijing.

2. Jadwal produksi BMW akan dilakukan mulai tanggal 17 Februari di pabrik

3. VW masih menunda aktivitasnya untuk produksi pada sebagian pabriknya sampai 10 Februari 2020. Beberapa pabrikan diantaranya termasuk pabrik yang patungan dengan SAIC Motor dan juga FAW Group.

4. Ford Motors juga berencana produksi dilanjutkan pada 10 Februari yang berada di pabrik Chongqing dan Hangzhou dengan Chongqing Changan Automobile yang merupakan mitra usaha patungannya.

5. Sementara dari Fiat Chrysler memberikan peringatan soal gangguan pemasokan suku cadang yang berasal dari China. Yang mana salah satu pabrik di Eropa akan terancam produksinya dalam 2 sampai 4 pekan.

Itulah info mengenai jadwal pabrik mobil di China beroperasi, kita berharap virus tersebut segera dapat diatasi dan semuanya kembali lancar, terutama di Indonesia.

>>> Beragam berita informatif dunia otomotif hanya di Mobilmo

Berita sama topik

International