Jualan Honda Bulan Juni 2020 Naik Tajam, Ini Daftarnya!

10/07/2020| Fatchur Sag

Semenjak awal tahun ini pasar otomotif di Indonesia belum menunjukkan hasil yang benar-benar membahagiakan. Bahkan dalam beberapa bulan terakhir semenjak munculnya pandemi COVID-19 penjualan mobil di Indonesia terjun bebas. Hal tersebut terjadi karena beragam pembatasan yang dilakukan pemerintah terhadap beragam aktivitas masyarakat.

Foto menunjukkan seorang sales berpose bersama mobil Honad di Diler Honda Cempaka Putih

Pasar otomotif terdampak COVID-19

Kabar menggembirakan datang saat diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi atau dimulainya fase new normal pada 8 Juni 2020. Pemerintah memberi kelonggaran terhadap sejumlah aktivitas masyarakat. Dalam hal ini sektor otomotif turut mendapatkan angin segar. PT Honda Prospect Motor (HPM) selaku distributor dan Agen Pemegang Merek (APM) Honda melaporkan ada kenaikan signifikan atas penjualan Honda di bulan Juni 2020.

>>> Libur Pabrik Honda Karawang Diperpanjang Hingga Akhir Juni 2020

Penjualan Honda bulan Juni 2020

Di bulan ke-6 tersebut Honda mencatat penjualan sebanyak 2.488 unit di Indonesia. Angka ini meningkat 93% dibandingkan penjualan pada bulan Mei yang hanya sebanyak 1.291 unit (retail sales).

Kontribusi terbesar penjualan di bulan Juni berasal dari Honda Brio sebanyak 1.314 unit, yang sekaligus memberikan kontribusi hingga 52% dari total penjualan seluruh model Honda. Selain itu, Honda HR-V terjual sebanyak 343 unit, Honda Jazz sebesar 293 unit, Honda CR-V sebanyak 192 unit dan Honda Mobilio sebesar 164 unit.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Sementara itu Honda BR-V terjual 66 unit dan Honda Civic Hatchback sebanyak 52 unit. Honda Civic Sedan mencatat penjualan sebanyak 26 unit disusul Honda Accord sebanyak 20 unit, Honda City sebanyak 14 unit, dan Honda Odyssey sebanyak 4 unit.

“Pencapaian penjualan di bulan Juni ini didorong oleh mulai meningkatnya aktivitas masyarakat di sebagian besar wilayah Indonesia dan juga indikator makro ekonomi yang relatif positif saat ini. Kontribusi yang besar juga datang pembeli mobil pertama di segmen LCGC, yang didukung oleh lembaga pembiayaan yang saat ini sudah lebih meringankan pembelian dengan kredit," kata Yusak Billy, Business Innovation and Marketing & Sales Director PT HPM.

"Meskipun kondisi saat ini masih belum sepenuhnya stabil, kami optimis pencapaian di bulan Juni akan menjadi awal yang baik untuk mulainya pemulihan pasar otomotif di Indonesia.” lanjutnya.

Honda sendiri juga terus berusaha memberikan kemudahan dan keringanan kepada konsumen yang ingin melakukan pembelian mobil, khususnya melalui program penjualan Online. Hingga bulan Juni lalu, tercatat lebih dari 50% dari total pembelian mobil Honda datang melalui jalur online.

>>> Berinovasi Di Tengah Pandemi, Honda Raih Penghargaan Marketing Continuity Brand

Foto menunjukkan Honda BR-V tampak dari samping depan

Honda bertahan di tengah pandemi

Beragam layanan Honda

Tak hanya itu, Honda juga baru-baru ini meluncurkan kampanye #HondaHopefuel yang merupakan upaya untuk menumbuhkan harapan dan tetap mendukung mobilitas sehari-hari para konsumen melalui berbagai inovasi layanan yang disiapkan Honda untuk era baru saat ini.

Berbagai layanan tersebut, meliputi Home Service untuk perawatan mobil ringan hingga perawatan berkala, Pickup Service untuk perawatan berkala dan perbaikan yang memerlukan peralatan khusus, Honda Experience untuk membantu konsumen saat berada dalam keadaan darurat selama 24 jam, hingga kemudahan pembelian mobil secara online melalui website resmi Honda maupun virtual official store di berbagai situs e-commerce.

>>> Sederet Aksi Sosial Komunitas Honda di Masa Pandemi COVID-19

Gambar Banner Promo Honda Lebarang

Honda memberikan tawaran menarik untuk pembelian mobil di masa pandemi

>>> Beragam berita informasi dunia otomotif hanya di Mobilmo

Berita sama topik

International