Jalur Tol Batang-Semarang Siap Dioperasikan Pada Libur Natal dan Tahun Baru

05/12/2018 Fatchur Sag Pasar Mobil

Pemerintah memastikan Jalur tol Batang-Semarang bisa dioperasikan saat Natal 2018 dan sebelum tahun baru sehingga arus lalu lintas di hari libur panjang tersebut bisa lebih lancar.

Pembangunan jalan tol Semarang-Batang terus dikebut untuk segera selesai dan segera digunakan. Kabar terbaru pemerintah melalui Menteri BUMN Rini Soemarno menuturkan jalur tol ini hampir bisa dipastikan selesai dan bisa dioperasikan saat liburan Natal 2-18 dan Tahun baru 2019.

"Tadi saya me-review jalan tol dari Semarang untuk melihat apakah sudah bisa terselesaikan sebelum akhir tahun ini, karena Bapak Presiden akan meresmikan," tutur menteri Rini di sela-sela peninjauan jalan tol, sebagaimana dikutip dari Detik, Selasa (4/12/2018).

>>> Pembangunan Dimulai Akhir 2018, Lahan Untuk Jalan Tol Semarang Demak Membengkak Tiga Kali Lipat

Foto jalan Tol Batang-Semarang tampak dari udara

Area di sekitar jalan tol sudah kembali menghijau

Kepastian itu disampaikan setelah ibu menteri bertemu langsung dengan pihak pelaksana. "Kelihatannya nanti final lah. Tadi dikatakan (pelaksana proyek tol Semarang) dalam dua minggu ini dapat terselesaikan," katanya.

Diakui oleh Rini jalur tol yang masuk ke wilayah Semarang ini memang agak memakan waktu, namun secara umum progresnya bagus dan diharapkan bisa segera tuntas.

"Alhamdulillah progresnya bagus sebelum akhir tahun bisa berjalan. Yang masih kurang tadi di Semarang yang terowongan itu kan di atasnya ada jalan yang harus dibangun itu," kata Rini Soemarno.

>>> Kenali Bahaya Tailgating di Jalan Raya dan Jangan Lakukan!

Dengan selesainya pembangunan jalur tol Semarang-Batang, praktis jalan tol Trans Jawa untuk jalur Merak-Jakarta-Semarang sudah bisa beroperasi penuh. Tinggal peresmiannya menunggu persetujuan dari Presiden Joko Widodo. Mengenai tarif, belum ada kepastian. Ibu menteri hanya menuturkan, yang penting jalan tol bisa dilewati dulu dengan aman. Adapun soal tarif menyusul belakangan.

"Ya, beroperasional dulu, Mas. Soal tarif nanti," jelas menteri Rini.

>>> Review mobil terbaik hanya ada di sini

Foto Jembatan Kali Kuto di jalan tol Batang-Semarang

Jembatan Kali Kuto didesain mirip dengan Jembatan Holtekamp, Jayapura

>>> Beragam berita informatif dunia otomotif hanya di Mobilmo

Mungkin anda ingin baca